Berlibur ke Bali memang selalu menjadi salah satu whislist wisatawan. Keindahan alam dan kearifan lokal berpadu dengan arus modernisasi yang terus menyerbu, menjadikan Bali sebagai destinasi wisata yang unik. Kalau pulau Lombok punya pesona berupa tiga gili yang sudah sangat terkenal, Bali juga punya sebuah pulau yang menawarkan keindahan, untuk kamu yang ingin menikmati keelokan alam Bali dari sisi lain. Kamu bisa menyeberang ke Pulau Nusa Penida.

Lalu apa saja sih yang menjadikan kamu harus mengunjungi Nusa Penida ? Simak ulasan Labiru berikut yaaa…

Peta Nusa Penida

Kawasan perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya. Sehingga banyak diver yang datang ke pulau ini.  beberapa titik selam yang terkenal adalah Penida Bay, Batu Lumbung, Malibu Point, Manta Point, Batu Abah, Toyapakeh dan Batu Meling.

Peta nusa penida

Titik Selam di Pulau Nusa Penida

Mengunjungi Crystal Bay, Pantai di Nusa Penida

Crystal Bay adalah sebuah teluk yang berada di sisi barat Nusa Penida. Crystal Bay terdiri dari gugusan karang yang cantik. Crystal Bay juga memiliki arus laut yang cukup kuat, sehingga menjadi tempat yang menarik untuk kamu penyuka diving atau snorkling, dimana kamu juga bisa melihat sekumpulan ikan kecil atau ikan mola-mola.

Angel’s Billabong, Tempat Santai di Nusa Penida

Nusa Penida

Billabong memiliki arti Ujung Sebuah Sungai yang Buntu. Angel’s Billabong sendiri merupakan muara sebuah sungai dengan air yang jernih dan tenang sebelum akhirnya mengalir ke laut bebas. Gugusan karang berwarna hijau agak kekuningan mewarnai muara sungai yang memiliki bentuk seperti ceruk ini. Maka tidak heran jika Angel’s Billabong merupakan salah satu spot yang paling terkenal.

Devil’s Tear, Air Terjun di Nusa Penida

Nusa Penida Bali

Namanya memang terdengar seram, Devil’s Tear. Tempat ini dinamai devil’s tear karena ombak besar yang menghantam  bebatuan kapur di celah-celah tebing, memperlihatkan pemandangan alam yang sangat menakjubkan dengan suaranya yang sangat menggelegar. Itulah suasana yang akan kamu rasakan ketika berada di Devil’s Tear, sebuah spot yang wajib kamu datangi ketika berada di sini.

Menguji Nyali di Blue Lagoon Nusa Ceningan

Nusa Penida, Bali

Pulau Nusa Ceningan merupakan gugusan pulau yang sama dengan Pulau Nusa Penida dan Nusa Lembongan. Nusa Ceningan menjadi pulau terkecil di gugusan ini dengan panjang yang hanya 3,7 km. Destinasi yang menjadi tujuan utama wisatawan untuk datang kesini adalah untuk merasakan Cliff Jumping. Melompat dari bibir tebing yang langsung terjun ke laut.

Terdapat dua level ketinggian untuk kamu yang ingin Cliff Jumping di sini. Yang pertama berada di ketinggian 8 meter dan level kedua mencapai ketinggian hingga 13 meter. Namun yang harus kamu ketahui waktu terbaik untuk melakukan Cliff Jumping adalah antara Juni – September, karena pada saat itu ombak relatif tenang. Berani coba ?

Snorkeling dan Diving, Aktivitas Yang tak Boleh Kamu Lewatkan

Bisa dibilang, Pulau ini memiliki spot-spot diving dan snorkeling terbaik yang ada di Pulau Dewata. Air laut yang jernih akan membuatmu bisa melihat keindahan bawah laut secara jelas.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan hewan laut yang sudah langka seperti ikan pari manta, dan di pantai Crystal Bay, kamu akan dengan mudah menemukan ikan Mola-Mola (Ocean Sunfish). Dan bila sedang beruntung, kamu juga dapat menemukan hiu karang, hiu perawat, hiu paus, dan beberapa jenis penyu ketika sedang menjelajahi dunia bawah laut Nusa Penida.

Bagaimana, tak sabar untuk mengunjungi Pulau ini ? Labiru juga punya banyak paket wisata ke Bali yang akan membuat liburanmu tak akan terlupakan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda