Tour Jogja – Jalan-jalan ke Jogja, akan kurang rasanya kalau belum mencicipi beragam jajanan dan kuliner yang unik. Sebagai kota destinasi wisata, Jogja terkenal memiliki segudang kuliner yang kaya akan cita rasanya. 

Tapi tidak semua orang memiliki kesempatan untuk berkunjung dan merasakan kuliner khas Jogja. Nah, kalau kamu punya kesempatan ke Jogja jangan lupa beli oleh-oleh buat keluarga, teman, atau calon mertua juga boleh. 

Berikut ini 7 oleh-oleh Jogja yang wajib kamu bawa pulang, dijamin nagih dan bikin kangen Jogja.

Bakpia Pathok

bakpia-pathok

Credit: Tirto

Bakpia merupakan oleh-oleh khas Jogja yang terkenal. Bakpia pathok atau bakpia patuk adalah pilihan yang populer. 

Kue kecil berbentuk bulat ini memiliki beragam isian, mulai dari kacang hijau, coklat, keju, dan durian. Rasanya yang manis dan teksturnya yang lembut membuat bakpia menjadi oleh-oleh yang disukai banyak orang

Bakpia Kukus

bakpia kukus

Credit: Miss Riana

Bakpia kukus ini memiliki tekstur yang lebih lembut dan empuk dibandingkan bakpia pathok. Untuk isiannya juga berbagai macam rasa, seperti coklat, keju, dan kacang hijau. 

Bakpia kukus juga sering dijadikan sebagai oleh-oleh untuk acara-acara tertentu atau sebagai cinderamata dari Jogja

Gudeg Kaleng

gudeg kaleng

Credit: Jogjacar

Gudeg merupakan masakan khas Jogja yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan rempah-rempah. 

Untuk memudahkan pengunjung, kini gudeg juga tersedia dalam kemasan kalengan. Sehingga gudeg kalengan ini bisa jadi pilihan yang praktis untuk dibawa pulang dan dinikmati kapan pun.

Yangko

yangko

Credit: Serikatnews

Kudapan ini memiliki tekstur dan rasa yang mirip dengan mochi, manis dan kenyal. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara menyukai oleh-oleh khas Jogja ini. Yangko dapat ditemukan di pusat oleh-oleh Jogja maupun industri rumahan pembuatan yangko.

Geplak

geplak

Credit: Tuguwisata

Selain yangko, geplak juga merupakan oleh-oleh khas Jogja yang lezat. Geplak terbuat dari kelapa parut yang dicampur dengan gula, kemudian dibentuk bulat dan dihias dengan warna-warna cerah. 

Rasanya yang manis dan legit, membuatnya menjadi oleh-oleh yang disukai banyak orang. Geplak juga mudah ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja.

Coklat Monggo

cokelat monggo

Credit: Telisik

Coklat Monggo adalah merek coklat khas Jogja yang terkenal dengan cita rasanya yang khas. Coklat ini terbuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi dan tersedia dalam berbagai varian rasa, seperti dark chocolate, white chocolate, milk chocolate, dan berbagai rasa lainnya. 

Coklat Monggo juga dikenal karena menggunakan bahan-bahan alami dan ramah lingkungan dalam proses produksinya. Selain itu, Coklat Monggo juga memiliki berbagai produk gift & souvenirs yang cocok sebagai oleh-oleh.

Keripik Belut

kerupuk belut

Credit: Kompas

Keripik belut adalah camilan khas Jogja yang unik dan gurih. Camilan ini bisa ditemukan di wilayah Godean, Kabupaten Sleman. 

Rasanya yang gurih dan renyah membuat keripik belut menjadi oleh-oleh yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga dan teman.

Wajik

wajik

Credit: Jogjaholic

Wajik adalah sejenis kue tradisional Indonesia yang terbuat dari bahan utama ketan yang dicampur dengan gula merah, santan, dan pandan. Kue ini memiliki tekstur kenyal dan manis yang khas.

Wedang Uwuh

wedang uwuh

Credit: Mybest

Wedang Uwuh adalah salah satu oleh-oleh khas Jogja yang terkenal. Minuman ini terbuat dari campuran rempah seperti jahe, kayu manis, cengkeh, dan daun pandan, disajikan dengan gula merah. 

Wedang Uwuh memiliki cita rasa manis dan pedas yang unik, dan sering dijadikan sebagai minuman penghangat tubuh di musim hujan atau cuaca dingin. 

Wedang Uwuh dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja, dan tersedia dalam kemasan plastik yang mudah dibawa pulang.  

Walang Goreng

belalang-goreng

Credit: Joss

Walang goreng merupakan camilan yang berasal dari Gunungkidul, Yogyakarta. Camilan ini terbuat dari belalang yang digoreng hingga renyah. 

Belalang goreng ini dikemas dalam toples yang praktis dan cocok sebagai oleh-oleh, dan dapat ditemukan di berbagai toko oleh-oleh di Jogja.