Tour Banyuwangi – Banyuwangi menjadi salah satu wilayah di Jawa Timur yang ideal untuk dikunjungi saat family trip atau liburan bersama keluarga. Keanekaragaman destinasi, pilihan akomodasi, kemudahan aksesibilitas, dan kemenarikan aktivitas merupakan daya tarik utama wisata Banyuwangi.

Panduan ini akan memberikan informasi lengkap terkait family trip ke Banyuwangi. Informasi dibagi menjadi beberapa bagian, meliputi atraksi, akomodasi, aksesibilitas, dan aktivitas wisata yang cocok untuk keluarga. Simak selengkapnya untuk mendapatkan rekomendasi spot favorit hingga aktivitas menarik lainnya!

 

Daya Tarik dan Atraksi Wisata

Taman Nasional Baluran

savana baluran

Credit: Liputan6

Taman Nasional Baluran seringkali disebut sebagai Africa van java atau afrika di pulau jawa. Tidak jarang juga disebut sebagai little Africa. Kedua sebutan tersebut menggambarkan kondisi Taman Nasional Baluran yang memiliki savana bekol, padang rumput dan satwa liar yang berkeliaran secara bebas. 

Waktu ideal untuk berkunjung yaitu sore hari, karena matahari sudah tidak terik dan satwa liar mulai keluar mencari makan, seperti rusa, monyet, burung toucan, burung merak, banteng jawa, macan kumbang dan lainnya. Berlokasi di Jl. Raya Banyuwangi – Situbondo Km.35 Wonorejo, Banyuputih, Jawa Timur. 

 

Island Hopping (Bangsring Underwater, Pulau Tabuhan dan Menjangan)

Credit: tribunnews

Bangsring underwater merupakan objek wisata yang menawarkan pengalaman berenang bersama pasukan ikan hiu di laut jernih nan biru. Sesudahnya, kamu dapat beranjak untuk menjelajahi Pulau Menjangan dengan daya tarik yang menarik perhatian wisatawan. Apalagi kalau bukan menyaksikan rusa di habitatnya. 

Selain rusa, kamu dapat menikmati keindahan alam surga bawah laut seperti kehidupan karang dan hewan laut yang memanjakan mata. Kurang lengkap rasanya kalau tidak menyinggahi hamparan pasir putih dan air laut yang mengkilau. Yup, di mana lagi kalau bukan di Pulau Tabuhan!

 

Pantai Wedi Ireng

Credit: Liputan6

Pantai Wedi Ireng merupakan salah satu pantai tersembunyi di Sumberagung, Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi. Pantai ini cocok untuk liburan bersama keluarga besar lho, karena kamu akan merasakan sensasi pantai milik sendiri.

Daya tarik Pantai Wedi Ireng terletak pada tebing hijau dan ombak pantai yang cukup bersahabat. Kamu dapat menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain pasir sambil mendengarkan deburan ombak yang menyapu ke tepi pantai. 

 

Kawah Ijen

Credit: The World Travel Guy

Fenomena api biru di Kawah Ijen menjadi daya tarik wisatawan domestik hingga mancanegara. Waktu yang tepat untuk menyaksikan fenomena tersebut mulai pukul 00.00 WIB dengan waktu tempuh pendakian selama 1,5 jam. Jangan khawatir, pasalnya Kawah Ijen menawarkan jasa ojek gerobak yang mampu mengantarkan pendaki hingga ke puncak dengan tarif yang beragam.

Namun, perlu diperhatikan untuk tetap mempersiapkan kondisi fisik, kesehatan dan mental secara matang. Dikarenakan suhu Kawah Ijen mampu mencapai 9 derajat celcius dengan jalur pendakian yang curam serta rawan longsor. Pendakian sulit ini akan terbayar tuntas saat melihat sunrise di puncak!

 

Pantai Sukamande

Credit: Travel Kompas

Pantai Sukamande berada di kawasan Taman Nasional Meru Betiri yang terkenal dengan daya tarik kekayaan flora dan fauna. Di sini, kamu dapat menyaksikan keindahan alam pantai, pelepasan tukik ke laut, serta menyaksikan habitat penyu raksasa bertelur yang kini terbilang langka.

Destinasi ini sangat cocok untuk kamu yang ingin mengadakan family trip di Banyuwangi karena memberikan pengalaman edukatif dan petualangan alam yang seru untuk seluruh anggota keluarga.

 

Akomodasi (Sea View)

Villa So Long

credit: booking.com

Villa SoLong menjadi salah satu hotel bintang di Banyuwangi. Letaknya tepat berada di Kelurahan Klatak, Kecamatan Kalipuro, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Villa So Long kerap kali dijadikan pilihan singgah untuk menginap oleh para wisatawan. Villa SoLong seringkali menjadi pilihan untuk meeting kantor, venue wedding, staycation dan family gathering. 

Aksesibilitas menuju Villa SoLong cukup memadai. Wisatawan membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam melalui perjalanan udara atau dari Bandara Blimbingsari. Sedangkan melalui perjalanan laut, dapat ditempuh selama kurang lebih 30 menit dari Pelabuhan Gilimanuk. Fasilitas yang ditawarkan diantaranya wifi area, restaurant, kolam renang, serta pilihan tipe villa yang beragam dengan harga yang bersaing.

 

Dialoog Hotel

Credit: Dialoog Hotel

Dialoog Hotel menjadi salah satu akomodasi terbaik di Jl. Yos Sudarso, Klatak, Kabupaten Banyuwangi. Selain menawarkan fasilitas akomodasi, hotel ini bak surga tropis dengan menyuguhkan panorama Pulau Bali dan pancaran laut biru yang dapat disaksikan hanya melalui kamar tidur. Keren banget nggak, sih?

 

Ketapang Indah 

Credit: TribunJatim Travel

Ketapang Indah Hotel merupakan hotel bintang 3 yang memberikan fasilitas serba modern dengan pelayanan terbaik. Ketapang Indah Hotel terletak di dekat Selat Bali yang memiliki luas area berkisar 6 hektar.

Konsep pengembangan dari Ketapang Indah Hotel adalah resort di tengah kebun tropis. Selain itu, panorama keindahan pantai dan pemandangan sejuk dari pepohonan kelapa yang menjulang tinggi serta tanaman hijau yang menarik perhatian wisatawan untuk menginap.

Ketapang Indah Hotel menawarkan berbagai tipe kamar hotel dengan pemandangan langsung menghadap ke pantai. Sehingga para wisatawan dapat menikmati view sunset yang cantik. Selain itu, wisatawan juga dapat menikmati fasilitas hotel seperti ballroom, kolam renang, tenis meja, playground, jogging track, restaurant serta layanan pijat tradisional. 

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi