Pantai Banyuwangi – Kota yang mendapat julukan The Sunrise Of Java ini memang terkenal menawarkan berbagai wisata yang mempesona. Terletak tidak jauh dari Bali, Banyuwangi juga memiliki banyak pantai yang menarik untuk kamu kunjungi.

Banyak aktivitas yang bisa kamu lakukan di pantai-pantai ini bersama orang tersayang, mulai dari snorkeling, diving, berburu kuliner, berenang dengan ikan hiu, berburu spot foto instagramable, hingga sekedar bersantai menikmati suasana tropis di tepi pantai.

Saking banyaknya pantai yang bagus, tak jarang kita malah bingung memilih yang terbaik. Nah, jika kamu termasuk salah satunya, simak dulu rekomendasi pantai terbaik di Banyuwangi yang wajib masuk bucket list kamu ketika berkunjung ke Banyuwangi.

 

Pantai Pulau Merah Banyuwangi

Credit: Indonesia Traveler

Pantai Pulau Merah

Pantai ini cocok jika tujuan utama kamu adalah mencari spot selancar yang menarik di Banyuwangi. Pasalnya, ombak di pantai ini cenderung cukup tinggi. Bukan berarti kamu yang tidak berminat untuk berselancar bisa mengabaikan keindahan Pantai Pulau Merah.

Pantai ini memiliki bibir pantai berpasir putih yang membentang luas hingga 3 kilometer panjangnya. Tak jauh dari bibir pantai terdapat sebuah bukit tanah merah yang menghadap langsung ke arah lautan lepas yang menarik untuk kamu kunjungi juga ketika air laut sedang surut.

Dari puncak bukit tersebut, kamu dapat menyaksikan indahnya pemandangan Pantai Pulau Merah dari ketinggian. Karakteristik pantai ini memiliki pasir yang terlihat berwarna merah ketika senja karena pengaruh tenggelamnya sinar matahari bertemu air laut.

 

Pantai Boom Marina Banyuwangi

Credit: Kumparan

Pantai Boom

Pantai Boom merupakan salah satu pantai yang paling digemari oleh warga Banyuwangi karena letaknya yang cukup dekat dari kawasan perkotaan. Selain itu, fasilitas di tempat ini pun sudah sangat memadai sehingga pengujung semakin nyaman.

Dulunya, pantai ini adalah sebuah pelabuhan bongkat muat untuk kapal datang, saat ini disulap menjadi tempat wisata pantai yang modern. Aktivitas yang dapat dilakukan oleh wisatawan pun beragam, mulai dari naik kuda, berburu spot foto, hingga menikmati pertunjukkan festival Tari Gandrung yang diadakan setiap tahun.

 

Credit: Arum Dwi Indah Sari

Pantai Cacalan

Kamu lebih suka suasana sunrise daripada sunset?

Jika kebanyakan pantai terkenal sebagai spot sunsetnya yang eksotik, pantai ini justru menawarkan kamu panorama sunrise selat Bali yang indah. Menariknya, kamu bisa merasakan sensari menikmati pantai dengan cara yang berbeda.

Kamu bisa menikmati suasana pantai dengan menunggang kuda yang bisa kamu sewa dari warga sekitar. Kamu juga bisa menyewa perahu kano untuk menikmati keindahan pantai dari sudut yang berbeda.

 

Credit: Bangsring Underwater

Pantai Bangsring

Pantai bangsring ini terkenal sebagai spot andalan untuk melakukan aktivitas snorkeling dan diving. Pasalnya, kawasan ini merupakan kawasan konservasi terumbu karang seluas 12 hektar dengan kedalaman laut mulai 2 hingga 15 meter.

Keindahan terumbu karang ini bahkan sudah bisa terlihat di kedalaman setengah meter saja. Jika kamu tertarik untuk menikmati keindahan terumbu karang di tempat ini tapi tidak ingin melakukan penyelam, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa melihat pemandangan bawah laut dari atas kapal karena dasar kapal terbuat dari kaca yang tembus pandang ke bawah laut.

Kamu bisa memberi makan ikan atau mengunjungi rumah apung yang menyediakan berbagai perlengkapan selam, perahu kano, banana boat, hingga terdapat kolam kerambanya. Uniknya, kamu juga bisa berenang bersama hiu sirip hitam yang berada di keramba bersama pemandu tentunya agar lebih aman.

 

Credit: Sikidang

Pantai Cemara

Pantai ini menjorok langsung ke Selat Bali. Sesuai namanya, terdapat ribuan pohon cemara dengan berbagai jenis yang tumbuh di sekitar tepi pantai, mulai dari jenis cemara laut hingga cemara udang. Konon, jumlah pohon di tempat ini mencari 19.000 pohon.

Suasana pantai ini sangat cocok untuk menjadi spot piknik bersama keluarga dan orang-orang tersayang. Selain itu, bagi kamu yang senang berkemah, pantai ini juga bisa menjadi pilihan yang menarik. Ketika malam hari, kamu bisa menyalakan api unggun di depan tenda sembari bercengkerama dan menikmati suasana malam pantai yang syahdu. Akses dari kita Banyuwangi menuju pantai ini pun terbilang cukup mudah.

 

Pantai Blimbingsari

Tidak lengkap rasanya liburan di Banyuwangi jika kamu melewatkan lezatnya kuliner laut segar yang ada di Pantai Blimbingsari. Tempat ini terkenal sebagai sentra makanan laut segar dengan menu yang sangat beragam.

Tidak jauh dari tempat ini pun banyak pedagang yang menawarkan cinderamata oleh-oleh khas daerah ini. Suasana pantai di kawasan pantai ini pun tenang dan segar sehingga dapat membuatmu lebih rileks dan melepas penat dari aktivitas kerja kamu sehari-hari.

 

Credit: Alfarizky Tour

Teluk Hijau (Green Bay)

Jika laut pada umumnya berwarna biru, pantai ini memiliki karakteristik perairan berwarna hijau. Bibir pantainya membentang indah dan bersih. Uniknya, terdapat sebuah air terjun mini setinggi 8 meter yang bisa kamu temukan di area ini. Tempat ini juga sering menjadi tempat berkemah.

Tidak hanya karena keindahan pantainya saja, kondisinya yang tenang karena tidak terlalu ramai wisatawan membuat liburan kamu benar-benar tak terganggu dan lebih rileks. Jika kamu salah satu tipe yang lebih menyukai ketenangan saat berlibur, maka pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan terbaik.

 

Credit: Banyuwangi Bagus

Pantai Mustika

Tidak jauh dari Pulau Merah, terdapat sebuah pantai yang sangat indah. Pantai ini masih berada di garis pantai yang sama dengan Pulau Merah, namun daya tariknya sama sekali berbeda.

Tidak hanya pantainya saja yang nyaman, pemandangan bawah laut di Pantai Mustika pun dapat kamu lihat dari permukaan secara langsung tanpa perlu menyelam. Namun, jika kamu ingin lebih puas menyaksikan keindahan kehidupan bawah laut di tempat ini, kamu juga bisa menyewa perlengkapan snorkeling atau diving di pantai ini.

 

Credit: Tribunnews Wiki

Pantai Rajegwesi

Pantai ini memiliki pemadangan yang tak kalah indah dengan pantai lain yang lebih populer. Selain itu, kamu juga bisa melakukan kegiatan snorkeling. Jika kamu tidak bisa berenang, tidak perlu khawatir. Pasalnya, terdapat bebatuan karang yang cukup tinggi sehingga dapat menghadang derasnya ombak.

Tempat ini pun cenderung aman untuk menjadi spot wisata keluarga karena ombaknya cenderung lebih tenang. Kamu juga bisa mengujunjungi Teluk Hijau dengan menyeberang menggunakan perahu kecil maupun berjalan kaki bagi kamu yang lebih senang berkegiatan penjelajahan atau trekking.

 

Credit: Dowes29

Pantai Grand Watudodol

Pantai Grand Watudodol merupakan salah satu pantai paling istimewa di Banyuwangi. Pantai bahkan pernah menyabet predikat sebagai pantai paling bersih se-ASEAN loh. Begitu sampai ke pantai ini, deretan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi di tepi pantai dengan pasir putih bersih serta rerumputan hijau di sekitarnya pasti akan langsung membuatmu jatuh hati.

Sulit menemukan pantai yang benar-benar bersih, apalagi dengan sentuhan ribuan bahkan jutaan wisatawan yang setiap hari datang ke area pantai tersebut. Nah, pantai ini memiliki apa yang kamu cari namun sulit kamu temukan di pantai lainnya.

 

 

Baca Juga:
6 Wisata Banyuwangi dengan Keindahannya yang Misterius
11 Wisata Kuliner Banyuwangi Paling Populer dan Enak

Paket Wisata di Banyuwangi

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Banyuwangi