Pantai Bama – Taman Nasional Baluran di Jawa Timur selama ini identik dengan keindahan padang savana dan keeksotisan hewan-hewan liar yang hidup di dalamnya.

Masih terdapat surga tersembunyi yang menjadi bagian dari taman nasional baluran. Surga itu adalah Pantai Bama. Pantai eksotis yang berada di balik kemegahan Baluran.

Taman Nasional Baluran

 

Lokasi Pantai Bama

Secara administrasi, Pantai Bama masuk dalam wilayah kabupaten Situbondo. Untuk sampai ke lokasi pantai, pengunjung harus melewati gerbang masuk Taman Nasional Baluran yang berada di Jalan Banyuwangi – Situbondo kilometer 3 5, Desa Wonorejo, Kecamatan Banyuputih.

Pantai Bama

Dari gerbang Taman Nasional Baluran menuju lokasi Pantai Bama berjarak sekitar 8 kilometer. Sepanjang perjalanan, pengunjung Akan disajikan keindahan Taman Nasional Baluran, yang hijau di musim hujan dan terlihat gersang di musim kemarau.

 

Keunikan Pantai Bama

Ketika tiba di lokasi pantai, pengunjung akan disambut dengan kawanan Kera abu-abu ekor panjang. Pantai Bama, selain dikenal sebagai pantai dengan air jernih dan hamparan pasirnya yang putih, ternyata juga menjadi habitat bagi sekawanan hewan endemik, seperti Kera dan berbagai burung langka endemik Jawa Timur.

Skyview Pantai Bama

Keunikan Pantainya yang lain adalah lokasinya yang dikelilingi oleh tumbuhan bakau tree. Berjalan ke barat menyusur jalan setapak, pengunjung bisa menyaksikan eksotika tumbuhan pohon bakau Dari dekat dengan menyusuri jembatan pandang. Bagian paling ujung jembatan pandang yang sangat teduh sering menjadi lokasi bagi para pengunjung pantai yang ingin melakukan kegiatan memancing.

 

Fasilitas di Pantai

Selain dikenal karena keunikan yang dimilikinya, Pantai ini juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang wisata lain, antara lain seperti kamar bilas, tempat makan dan istirahat, hingga penginapan dengan pemandangan pantai di depannya. Selain itu, pantai ini sudah menjadi tujuan wisata utama di Situbondo dengan view sunrise dan pemandangan bawah lautnya yang sangat menawan.

Pantai ini mempunyai area pantai yang bersih dan dikelilingi oleh hutan mangrove yang asri, terumbu karang untuk kegiatan olahraga air dan terdapat beberapa homestay untuk pengunjung yang ingin menginap.

Terdapat juga jalan setapak untuk mengelilingi pantai dan padang sekitar konservasi. Di tempat konservasi, terdapat menara pemantauan satwa dan aktivitas sekitar kawasan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda