Kegiatan berwisata tak dapat dilepaskan dari kegiatan berbelanja. Ketika mengunjungi daerah yang baru, tentunya ada hasrat untuk berbelanja sesuatu yang khas daerah tersebut. Di Bali, sebuah pasar seni, bernama Pasar Seni Sukawati menjadi tempat berkumpul antara penjual dan pembeli. Ajang tawar-menawar jual – beli di kalangan pembeli yang sebagian besar adalah pelancong yang tidak hanya dari Indonesia saja tapi juga mancanegara.

lokasi pasar seni sukawati

Gerbang menuju gudang oleh-oleh di Bali 

Lokasi Pasar Seni Sukawati

Pasar ini terletak di Kabupaten Gianyar, Bali. Pasar dibangun pada tahun 1980-an. Sejak awal dibangun fokus pasar ini memang untuk memasarkan produk masyarakat Bali yang khas, unik, dan tak mudah ditemui di wilayah lain di Indonesia (hanya ada di Bali). Sejalannya waktu, pasar ini menjadi salah satu ikon belanja di kalangan turis domestik dan mancanegara. Pasar ini buka sejak pukul 8 pagi sampai dengan pukul 6 sore.

Ragam Belanjaan di Pasar Sukawati

Soal urusan jenis barang yang dijual di Pasar Sukawati, ragamnya banyak sekali. Mulai dari baju khas Bali (baju barong), tas-tas rajutan, lilin-lilin aroma terapi, krim lulur khas Bali, peralatan rumah tangga yang terbuat dari kayu dan bambu, sampai ke makanan dan minuman khas, seperti brem Bali (arak Bali) dan jajanan-jajanan pasar khas Bali yang tak kalah unik.

Tips berbelanja di Pasar Sukawati

Ragam Belanjaan di Pasar Sukawati

Selain itu, bagi pencinta lukisan dan karya seni, di pasar inilah para seniman-seniman daerah menjual hasil karyanya.  Patung, relief, lukisan berbagai jenis bentuk dan model ada di sini. Harga yang ditawarkan juga sangat variatif. Ingat untuk menawar harga barang hingga setengahnya. Misalnya apabila harga barang 50.000, tawarlah sampai dengan 20.000. Hal ini berlaku untuk semua barang yang dijual di Pasar Seni Sukawati. Makin membeli banyak barang semakin murah harganya dan kadang mendapat potongan khusus.

Tips Berbelanja di Pasar ini

Bagi pencinta belanja, berjalan-jalan di Pasar Seni Sukawati bagaikan surga tersendiri. Ratusan kios berdiri di area pasar yang luas. Pasar ini terdiri dari tiga bagian, Pasar Seni Sukawati 1, 2, dan 3. Yang paling ramai yang Pasar Seni Sukawati 1, tips sebelum memutuskan untuk membeli barang, lihat – lihatlah terlebih dahulu. Bisa juga mengobrol dengan penjual/pegawai tokonya. Untuk mendapatkan harga terbaik, pengunjung dapat mengunjungi pasar ini ketika sore hari ketika hampir tutup. Maka harga yang ditawarkan biasanya akan lebih murah.

Apabila Anda berada di Pasar Seni Sukawati sejak pagi, pintar-pintarlah menawar dan mencari barang yang diinginkan. Biasanya semakin dalam menuju Pasar Sukawati 3 harga yang ditawarkan semakin murah. Biasanya toko-toko dan warung-warung yang berada di depan memang mematok harga yang lebih mahal.

 

Para penggemar belanja – belanja, siap shopping sampai kaki pegal? Datanglah ke Pasar ini. Tak usah khawatir apabila membawa kendaraan pribadi, tersedia lapangan parkir yang cukup memadai dengan tarif yang tidak terlalu mahal. Merasa lapar? Banyak warung makan di sana yang ramah di kantong, untuk urusan toilet pun cukup terjamin kebersihannya. Segera konsultasikan liburan ke Bali kamu dan borong oleh-oleh di pasar Sukawati. Segera hubungi Tour Advisor Labiru Tour di 0813-2689-4433 untuk info lengkap liburan seru dan menyenangkan di Bali.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda