Tour MalangKota Malang merupakan kota terbesar kedua di Provinsi Jawa Timur, dan merupakan kota terbesar ke-12 di Indonesia. Malang sendiri memiliki beberapa objek wisata yang menjadi incaran para wisatawan, baik wisatawan dalam maupun luar negeri.

Selain memiliki berbagai destinasi wisata incaran yang dapat memanjakan mata, Malang juga terkenal dengan wisata agrowisatanya. Seringkali wisatawan yang berkunjung ke destinasi agrowisata Malang adalah keluarga yang ingin menghabiskan akhir pekan dengan sesuatu yang bermanfaat dan menyenangkan.

Ini dia beberapa rekomendasi destinasi agrowisata bagi kamu yang ingin menghabiskan waktu akhir pekan berkualitas namun tetap menyenangkan bersama keluarga.

 

Kusuma Agrowisata Batu

Credit: Yoursay

Kusuma Agrowisata yang terletak di Jalan Abdul Gani Atas, Ngaglik, Kota Batu ini bisa menjadi opsi tempat wisata keluarga di Kota Batu. Posisi area Kusuma Agrowisata yang berada pada ketinggian kurang lebih 1000 meter dari permukaan laut akan memberikan kamu sensasi kesejukan ala alam pegunungan.

Di Kusuma Agrowisata, kamu dan keluarga bisa memetik sendiri berbagai jenis buah langsung dari pohonnya dengan ditemani pemandu khusus. Pemandu khusus dari Kusuma Agrowisata ini akan menjelaskan tentang budidaya tanaman dan berbagai hal yang berkaitan dengan buah-buah yang dipetik. 

Buah yang dapat kamu petik di agrowisata ini ada berbagai macam jenisnya seperti buah apel, buah naga, jeruk, strawberry, dan jambu merah. Bukan hanya buah, kamu juga bisa memanen sayuran hidroponik bebas pestisida.

Jam operasional Kusuma Agrowisata dimulai dari pukul 08.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB dengan harga tiket yang terdiri dari beberapa paket yang dapat dipilih. Mulai dari Rp45.000,00 pada hari kerja dan mulai Rp55.000,00 pada akhir pekan.

 

Lumbung Strawberry

Credit: Ica Nafisah

Kamu akan diajak berkeliling ladang strawberry ketika berkunjung ke tempat ini dan merasakan memetik sendiri strawberry merah menyala dari ladang yang dikelola oleh petani lokal. Selain memetik strawberry, kamu juga akan diberikan berbagai pengetahuan tentang strawberry oleh pendamping dari Lumbung Strawberry.

Sekilas info, kawasan Lumbung Strawberry ini bukan hanya sebagai destinasi wisata, tetapi juga sebagai sarana untuk membantu pemasaran buah strawberry para petani desa. Kalau kata pepatah, “sekali dayung, dua tiga pulau terlampaui”.

Ada beberapa jenis strawberry yang dibudidayakan di tempat ini. Diantaranya ada Holybrite, Sweet Charlie, Rosalinda, California, dan Oso Grande dimana masing-masing jenis strawberry memiliki bentuk dan rasa yang khas.

Agar dapat masuk ke Lumbung Strawberry ini wisatawan dikenakan biaya sebesar Rp25.000,00 per orang, dan untuk biaya buah yang dipetik ada biayanya tersendiri diluar tiket masuk. Tapi tidak perlu khawatir, karena biaya tambahan untuk buah petikan ini sangat terjangkau, yaitu sebesar Rp6.000,00 saja. 

 

Kebun Petik Apel Mandiri

Credit: Bobobox

Berlokasi di Jalan Raya Junggo 33, Tulungrejo, Bumiaji, Kota Batu ini memiliki suasana yang cukup asri. Hembusan udara yang segar dengan view yang eksotis menjadikan Kebun Petik Apel Mandiri cocok menjadi tujuan liburan keluarga pada akhir pekan.

Di Kebun apel ini, selain bisa menikmati sensasi memetik apel, kamu juga bisa merasakan segarnya minuman sari apel secara gratis. Namun jika ingin membawa pulang, maka akan dikenakan tarif perkilonya.

Kebun Petik Apel Mandiri ini sendiri memiliki 4 jenis apel yang dibudidayakan. Diantaranya ada Apel Manalagi, Apel Rome Beauty, Apel Green Smith, dan Apel Anna. Keempat jenis apel ini memiliki citarasa dan tekstur yang berbeda sebagai ciri khasnya.

Cukup dengan membayar sebesar Rp25.000,00 saja, kamu sudah bisa masuk ke kawasan Kebun Petik Apel Mandiri dan menikmati buah apel sepuasnya. Kebun apel ini beroperasi setiap hari dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 17.00 WIB.

 

Baca Juga: 6 Tempat Wisata di Malang Vibes Luas Negeri, Berasa Keliling Dunia!

 

Agrowisata Petik Jeruk Selorejo

Credit: Blog Punya Jule

Agrowisata Petik Jeruk Selorejo merupakan destinasi wisata agro yang masih alami dan kental dengan aroma pedesaan. Posisinya yang terletak di daerah dataran tinggi menjadikan udara di sekitar Agrowisata Petik Jeruk Selorejo terasa sangat sejuk.

Agrowisata ini terletak di Desa Selorejo, Kecamatan Dau, Malang. Terdapat sekitar 12 jenis jeruk yang dibudidayakan di desa ini dengan berbagai ukuran juga rasa yang khas, dimana wisatawan bisa memetik buah jeruk ini sendiri dan langsung dinikmati di tempat.

Harga tiket masuk ke lokasi agrowisata ini terbilang murah, hanya dengan Rp15.000,00 per orang kamu sudah bisa memetik dan menikmati jeruk sepuasnya. Ada juga biaya lain yang diterapkan jika datang dalam rombongan dengan jumlah lebih dari 10, yaitu biaya tiket masuk sebesar Rp25.000,00 per rombongan.

Selain memetik dan menikmati jeruk hasil panenan sendiri, kamu juga bisa membawa pulang jeruk yang dipetik sebagai oleh-oleh. Tentu saja ada biaya lain yang dikenakan, kamu cukup menambah pengeluaran sebesar Rp5.000,00 per kilonya dan jeruk segar nan manis bisa kamu bawa pulang.

 

Wisata Petik Apel Agro Rakyat

Credit: Kabar Wisata

Wisata Petik Apel Agro Rakyat menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau yaitu Rp25.000,00 per orang. Namun jika kamu ingin membawa hasil petikan apel sebagai oleh-oleh, kamu harus mengeluarkan biaya tambahan sebesar Rp12.000,00 per kilonya.

Wisata agro yang terletak di Jalan Raya Sidomulyo, Sidomulyo, Kecamatan Batu ini memiliki 4 jenis apel yang dibudidayakan, yakni Apel Manalagi, Apel Rome Beauty, Apel Anna dan Apel Wanglin. Wisata Petik Apel Agro Rakyat beroperasi mulai pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Umumnya, jika kamu berwisata di wisata agro ini, kamu diperbolehkan untuk makan buah apel sepuasnya di tempat, dan hanya diperbolehkan memetik buah apel sesuai area yang ditentukan petugas.

Walaupun dibatasi untuk pemetikan buah apelnya, kamu tetap bisa menikmati citarasa khas tiap jenis buah apel yang dibudidayakan di lokasi wisata agro ini sepuas hati.

 

Itulah beberapa rekomendasi liburan edukasi dan menikmati kesegaran buah-buahan Malang bersama keluarga. Yang mana yang akan kamu dan keluarga kunjungi?

 

Baca Juga: 5 Cafe Instagramable & Estetik di Malang Raya yang Hits

Paket Wisata di Malang

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Malang