Paket Wisata – Mendapat julukan sebagai Pristine Island yang berarti pulau dengan keasrian yang masih terjaga. Pulau Derawan terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur. Pulau ini memiliki sejuta pesona alam yang menjadi daya tarik bagi banyak wisawatan, baik wisatawan lokal hingga mancanegara.

Tak jauh dari Samarinda dan Balikpapan sebagai dua kota paling terkenal di Kalimantan Timur. Kamu bisa menempuh perjalanan ke Kepualauan Derawan dalam waktu tempuh kurang lebih 1 jam saja menggunakan pesawat terbang jarak pendek.

Berikut rekomendasi tempat-tempat wisata di Pulau Derawan yang wajib kamu kunjungi saat berlibur ke daerah Samarinda dan sekitarnya.

 

Danau Labuan Cermin

Credit: PojokSudiro

Danau yang terletak di Kecamatan Biduk-Biduk, Kabupaten Berau ini, memiliki keunikan tersendiri. Air danaunya memiliki dua lapisan air yang berbeda dalam satu lokasi yaitu air asin dan air tawar atau payau. Di sini, kamu dapat menemukan satwa yang dapat hidup di air asin dan air tawar. Misalnya, penyu dan terumbu karang pada dasar danau yang memiliki air asin.

Bukan hanya itu saja, nama Danau Labuan Cermin ini diambil dari air danaunya yang sangat jernih. Saking jernihnya, wisatawan sampai bisa melihat dasar dari danaunya yang berupa tanah dengan retak, ranting-pohon yang tergeletak di dasar danau. Bahkan jika menggunakan perahu, wisatawan dapat dengan jelas melihat bayangan perahu yang dinaiki di dasar danau.

 

Pulau Sangalaki

Credit: BeBorneoTour

Pulau ini dijuluki wisatawan sebagai tempat favorit liburan oleh wisatawan karena keindahan alamnya. Laut di pulau ini memiliki keunikan karena jenis biota lautnya yang yang terkenal di kalangan mancanegara, yakni spesies pari manta yang memiliki lebar 7 meter. Selain itu, dasar lautnya dipenuhi terumbu karang penuh warna dengan banyak ikan kecil yang dengan lincah berenang-renang di sekitarnya.

Pulau Sangalaki sendiri memiliki banyak diving spot yang dapat dijelajahi oleh para penyelam, seperti Channel Entrance, Turtle Town, Manta Parade, Eel Ridge, hingga The Rockies. Dijamin akan memuaskan hasrat menyelam para wisatawan yang datang berkunjung karena suasana bawah lautnya yang masih sangat asli dan indah.

Bukan hanya pesona bawah lautnya, Pulau Sangalaki juga dikenal dengan pantainya yang memiliki warna pasir yang cantik. Pasir dengan warna putih kekuningan yang ada di pantai pulau ini tentu saja dapat memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung.

Baca Juga : 5 Makanan Jogja Legendaris, Must-Try Banget Buat Food-Lovers

 

Pulau Kakaban

Credit: GoodNewsfromIndonesia

Pulau yang berlokasi di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau ini, memiliki banyak pesona. Tentu saja hal ini menjadi alasan mengapa Pulau Kakaban wajib masuk list kunjungan saat berwisata ke daerah Kepulauan Derawan. Pulau ini terkenal dengan keberadaan Danau Kakaban yang berada di tengah pulau.

Danau Kakaban merupakan danau yang tergolong cukup besar dimana sekitar 80% dari wilayah pulau adalah Danau kakaban itu sendiri. Di danau ini terdapat jenis ubur-ubur langka yang mendiami, yaitu ubur-ubur tanpa sengat berjenis anjungan perahu yang jumlahnya sangat banyak.

Jelas ada beberapa aturan yang harus dipatuhi jika ingin berenang bersama ubur-ubur lucu ini. Beberapa diantaranya adalah dilarang memakai sunscreen, memakai peralatan renang seperti kaki katak dan kacamata renang agar tidak melukai ubur-ubur ini, juga anjuran untuk berenang dengan tenang tanpa melompat.

Selain berenang dengan ubur-ubur, wisatawan dapat menyusuri goa bawah laut yyang berada di pinggiran Pulau Kakaban yaitu goa Blue Light Cave. Suasana remang-remang yang tercipta saat memasuki pintu masuk goa yang ada di permukaan air laut ini memberikan sensasi alami dan segar alam yang menarik.

 

Whale Shark Point

Credit: ProvideMax

Sekitar 30 menit dari pulau Derawan, wisatawan dapat bertemu dan berenang dengan ikan hiu paus yang merupakan salah satu spesies ikan terbesar di dunia. Kawasan ini buka setiap hari. Biasanya, wisatawan dapat bertemu ikan ini pada periode bulan Desember sampai dengan Maret.

Walaupun begitu, wisatawan tetap harus berenang dibawah pengawasan profesional dan mengikuti segala ketentuan dan protokol keselamatan yang ada. Sudah jelas untuk menghindari hal hal yang tidak diinginkan, bukan?

 

Sumber Air Panas Asin Pemapak

Credit: BeBorneoTour

Tidak seperti sumber air panas pada umumnya, sumber air panas yang terletak di kampung Biatan Bapinang ini memiliki air yang asin. Tentu saja bukan hanya itu saja yang membuat tempat ini banyak dikunjungi. Panorama asri di sekitar lokasi sumber air panas yang masih asri dan suasana baharinya dengan banyaknya sisa-sisa kerangka kerang-kerang yang sudah mati pun memberikan keunikan tersendiri.

Airnya yang tidak terlalu panas memberikan kesempatan bagi pengunjung untuk bersantai sambil menikmati kicauan burung-burung. Selain itu, terdapat aliran sungai yang tidak jauh dari sumber air panas yang bisa jadi salah satu alternatif lain untuk berendam. Biasanya, wisatawan yang berkunjung ke Biduk-Biduk akan mampir ke sini terlebih dahulu. Jadi, mengapa kalian tidak mencoba hal yang sama?

 

Pulau Maratua

Credit: TripAdvisor

Banyak festival menarik yang adakan setiap tahun di Pulau Maratua. Nikmati sensasi unik berwisata di pulau dengan panorama yang terkenal sangat menakjubkan ini. Kamu juga bisa turut bergabung dalam beberapa festival yang dibuka untuk wisatawan yang berkunjung ke Pulau Maratua.

Banyak pula aktivitas wisata yang tidak akan habis untuk kamu eksplore. Sebut saja snorkeling dan diving di banyak spot menarik yang bisa kamu kunjungi, seperti Jetty Dive, Turtle Traffic, Mid Reef, Eel garden, Hanging Garden, Cabbage Garden, dan The Channel Spot.

Kamu juga bisa bersantai di pantai-pantainya yang indah dengan pasir putih yang menghampar luas dan menikmati keindahan Goa Halo Tabung. Goa ini merupakan goa air vertikal dengan air berwarna hijau kebiruan yang bisa juga menjadi spot menarik untuk berenang. Eits, kamu juga bisa loh berburu kuliner laut segar di pulau ini.

Itulah beberapa spot wisata yang wajib masuk ke dalam list lokasi yang wajib kamu kunjungi saat berkunjung ke Pulau Derawan.

Jika ingin berkunjung ke Pulau Derawan tapi masih bingung tentang objek wisata dan apa saja yang dapat kamu lakukan di sana, kamu bisa mengunjungi website Labiru Tour. Di sana sudah tersedia paket wisata ke Pulau Derawan yang bisa membawa teman-teman untuk menikmati segala keindahan pulaunya.

Jadi, tunggu apa lagi?

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali