Tempat Wisata Alam Malang– Jawa Timur Provinsi terbesar di pulau jawa ini memiliki banyak selaki tempat wisata yang sangat eksotis dan wajib kalian eksplorasi wahai para traveler penghobi penelajah alam. Kota terbesar kedua di jawa timur setelah kota surabaya yaitu. Kota Apel (Malang) kota satu ini memiliki tempat wisata alam yang sangat melipah ruah dan tak di ragukan lagi keindahan alam khas dataran tingginya.

Selian itu malang juga memiliki tetangga yang kaya akan wisata alamnya yaitu Kota Batu, kota batu terkenal juga akan tempat wisata alamnya yang tak kalah menarik. Terletak sama – sama di dataran tinggi jadi kedua kota ini memiliki wisata alam yang sama sama menakjubkan. Nah mau tau dimana saja tempat wisata alam di kota malang dan batu? Nah selain itu buat yang tidak mau ribut mempersiapakan liburan ke batu malang, tenang kalian gunakan jasa kami Labiru Tour. Serta kami juga menyediakan Paket Liburan Malang Lengkap

Baca: Rekomendasi 25 Tempat Wista di Malang & Batu Yang sudah Buka di Era New Normal Ini

20 Tempat Wisata di Batu Malang

Guunung Pandermen

Panorama alam indah di puncak Gunnung Pnandermen

Nah cocok nih buat para pendaki. Pandermen merupakan wisata alam dan sekitarnya yang sangat cocok bagi anda pecinta pendakian. nah Gunung ini biasanya di gunakan untuk media pemanasan dan latihan unuk pecinta alam.

Gunung Pandermen batu ini tepatnya terletak di Dusun Toyomerto kelurahan songgokerto desa pasanggrahan, batu.  Gunung dengan ketinggian 2000 mdpl ini puncaknya memiliki nama basundara.

Nah Gunung pandermen batu cocok untuk para pendaki yang tidak mempunyai banyak waktu, karna bisa di capai 1 hari untk sampai ke puncak sekaligus turun. Untuk pendakian minimal 2 – 3 jam untuk sampai ke puncak. Untuk sampai ke basecame panderman anda memerlukan waktu sekitar 45 menit saja.

Basecamp pandermen berada di rumah paling ujung dari gapura pandermen, di sana kita mendaftarkan siapa saja yang akan mendaki gunung pandermen ini.

Goa Pinus

yang berjajar rapi juga siap memanjakan mata dan menenangkan hati.

Nama Goa Pinus sendiri berasal karena adanya goa kecil yang ada di sekeliling hutan pinus, yang dahulu dijadikan lahan penambangan pasir. Gua sedalam 5 meter dengan ketinggian 1 meter Menikmati keindahan alam sambil menghirup udara sejuk paling tepat dilakukan di Goa Pinus. Suasana damai dan nyaman akan terasa begitu kamu datang ke area wisata ini. Deretan pohon pinus ini menjadi ikon dan daya tarik dari objek wisata ini.

Selagi kamu berwisata alam di sini jangan sampai kamu lupa untuk foto-foto ya. Kamu bisa menemukan banyak spot foto di sini. Bahkan, kamu bisa foto dengan latar pemandangan alam yang indah dan instagramable.

Pantai Tiga Warna

Menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Di Malang, kamu bisa mampir ke Wisata Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan keindahan alam.

Mata Air yang berada di objek wisata ini adalah sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan. Saat sampai Mata Air Sumber Sirah, kamu akan disambut dengan telaga alam yang memiliki air luar biasa jernihnya. Kejernihan air yang ada di Mata Air Sumber Sirah ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau serta ikan-ikan kecil yang ada di dalam telaga jadi terlihat dengan jelas.

Kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain air di mata air ini karena Mata Air Sumber Sirah memiliki kedalaman yang berbeda, mulai dari 0,8-1,5 meter. Jadi si kecil bisa bermain air dengan aman.

Air Terjun Coban Sewu

Air terjun ini sungguh tiada duanya keindahan alamnya, air terjun ini mejulang megah setinggi 180 meter menuruni tebing hijau. Di dekat air terjun tersedia jalur trekking untuk menikmati pemandangan di sana. Namun, jika Anda ingin melihat lebih dekat dan menyukai sensasi, ada jalanan berpengaman bambu yang sempit dan curam untuk turun ke dasar air terjun. Di sana Anda dapat menapaki tanah dan batuan basah, menyentuh air, dan merasakan udara sejuk di sekeliling Anda. Dengan tebing nan tinggi yang menutupi pandangan Anda ke langit, Anda benar-benar dikelilingi oleh alam

Wisata Tubing Wringinanom

Jika Anda sedang berada di kawasan lereng Gunung Semeru, tak ada salahnya mencoba Tubing atau Body Rafting. Olahraga semi ekstrem ini jadi destinasi wisata alam terbaru di Kabupaten Malang dan wajib untuk dicoba.

Berada di Dusun Besuki, Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo. Kawasan ini menawarkan liburan dengan sensasi baru yakni tubing dengan memanfaatkan aliran sungai. Anda hanya menggunakan tub (ban) untuk menaklukkan derasnya arus Sungai Amprong yang berbatu. Selain itu, di hulu sungai juga terdapat Coban Pelangi yang mengalir dari lereng Gunung Semeru.

Tempat wisata alam di Malang ini bisa dinikmati cukup dengan Rp 15 ribu saja. Di tempat ini juga tersedia tracking motor trail dan camping ground. Dengan menggunakan peralatan keamanan dan tub. Pemandu membawa wisatawan menyusuri perbukitan menuju titik awal meluncur. Adrenalin Anda bakal terpacu disaat mulai meluncur di aliran sungai yang deras.

Air Terjun Banyu Anjlok

Jadi, selain Anda bisa menikmati air terjunnya, Anda juga bisa langsung menikmati pantainya, karena itu jangan heran jika banyak wisatawan yang betah berlama-lama bermain air di sini. Seru dan asyik! Beningnya air yang ada di Banyu Anjlok akan membuat para Anda tidak bisa menahan diri untuk tidak berenang di Banyu Anjlok. Jangan khawatir, aman kok tempatnya!

ni dia air terjun keren yang berada di Malang. Namanya Banyu Anjlok, air terjun ini istimewa karena langsung menghadap ke pantai! Segar dan beningnya akan membuat Anda betah bermain air di sini. Tempat wisata alam di Malang ini terletak di daerah Dampit, desa Tirtoyudo, Malang.

Untuk mencapai tempat wisata alam ini dari Kota Malang, Anda butuh waktu sekitar 3 jam menuju desa Tirtoyudo. Dari desa Tirtoyudo ke Banyu Anjlok bisa ditempuh dengan berjalan kaki atau pun memakai sepeda motor. Kalau dengan jalan kaki butuh waktu sekitar 30 menit, sedangkan jika naik sepeda motor butuh waktu sekitar 10 menit.

Pulau Sempu

Nama Pulau Sempu beberapa waktu terakhir ini memang lagi “naik daun”. Ada banyak wisatawan yang datang ke sana untuk bisa melihat pesona Pulau Sempu yang banyak dibicarakan tersebut.

Memang sih keindahna pulau sempu luar biasa, namun bagi Anda yang tidak terbiasa trekking ada baiknya memikirkan ulang untuk datang ke sana. Kecuali Anda memang sudah mempersiapkan fisik alias makan yang banyak dan berlatih jalan jauh sebelum memutuskan ke Pulau Sempu.

Banyak wisatawan yang datang ke sana untuk camping di pantai yang bernama Segara Anakan. Segara Anakan adalah pantai tersembunyi yang terletak di tengah pulau yang dikelilingi dengan tebing. Kalau dilihat sekilas sih mirip dengan Pantai Phuket. Benar-benar tempat wisata di Malang yang indah dan eksotik.

Satu yang perlu Anda ingat jika berkunjung ke sini. Pulau Sempu pada hakikatnya adalah Cagar Alam yang wajib dijaga kelestariannya. Jika toh akhirnya Anda melancong ke Sempu, tolong tetap jaga kebersihan dan kelestarian tempat ini.

Boom Pring Andeman

Serba hijau dan tentu saja sejuk karena banyak pepohonan tumbuh di sini. Selain itu, tempat ini juga dulunya dikenal dengan Kampung Bambu. Jadi jangan heran kalau Anda akan menemukan ribuan pohon bambu dengan beragam jenis. Di tengah rimbunnya pepohonan, ada sebuah telaga berukuran besar yang airnya berasal dari enam mata air. Terbayang kan bagaimana ademnya saat bersantai di sini? Jangan hanya dilihat, Anda juga bisa bersantai di atas telaga dengan menggunakan perahu getek atau menggunakan ban pelampung.

Selanjutnya, Anda bisa mengajak anak-anak menikmati beragam wahana permainan. Ada balon raksasa yang akan siap mengocok perut Anda dengan menggelinding di atas telaga. Selain itu, Anda juga bisa menguji kekompakan dengan mengayuh sepeda bebek air bersama pasangan.

Coban Suber Pitu, Pujon

Di belantara hutan lebat di Kecamatan Pujon, ada setidaknya 14 air terjun, di mana salah satunya adalah Coban Sumber Pitu atau dikenal juga dengan nama Grojogan Pitu. (Jangan tertukar dengan Air Terjun Sumber Pitu yang ada di Kecamatan Tumpang, sebelah timur Malang ya).

Untuk menuju ke salah satu air terjun terbesar dan paling menakjubkan di Jawa Timur ini membutuhkan usaha ekstra. Anda harus melintasi hutan dengan jalur yang licin dan cukup menantang!

Dalam perjalanan mencapai Coban Sumber Pitu, Anda akan menjumpai Air Terjun Tunggal. Di sini Anda bisa beristirahat sejenak setelah satu jam trekking sambil menikmati udara segar.

Setibanya di Coban Sumber Pitu, mata Anda bakal langsung disejukkan dengan pemandangan serba hijau dari dinding tebing yang tertutup oleh lumut dan tanaman paku-pakuan, berpadu dengan jernihnya air yang mengalir yang tidak hanya berasal dari satu, melainkan tujuh buah sumber air sekaligus! (Sumber Pitu = Sumber Tujuh)

Sebuah pemandangan eksotis (mirip setting film Jurassic Park, bukan?) yang pastinya akan membuat Anda langsung lupa akan rasa capek. Nikmatilah keindahan alam ini sepuasnya. Kalau perlu, segarkan kembali diri Anda dengan sejuknya air pegunungan.

Mata Air Suber Sirah

Menikmati udara sejuk pegunungan sambil berendam bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pikiran. Di Malang, kamu bisa mampir ke Wisata Mata Air Sumber Sirah yang menawarkan keindahan alam.

Mata Air yang berada di objek wisata ini adalah sumber air tawar alami yang berasal dari pegunungan. Saat sampai Mata Air Sumber Sirah, kamu akan disambut dengan telaga alam yang memiliki air luar biasa jernihnya. Kejernihan air yang ada di Mata Air Sumber Sirah ini merupakan salah satu daya tarik yang membuat banyak wisatawan datang berkunjung. Kejernihan sumber air ini membuat tanaman hijau serta ikan-ikan kecil yang ada di dalam telaga jadi terlihat dengan jelas.

Kamu bisa mengajak si kecil untuk bermain air di mata air ini karena Mata Air Sumber Sirah memiliki kedalaman yang berbeda, mulai dari 0,8-1,5 meter. Jadi si kecil bisa bermain air dengan aman.

Coban Talun

Kalau kamu berencana untuk berkunjung ke Malang di Malang bersama keluarga, Coban Talun bisa menjadi destinasi pilihan. Ketika kamu sampai di Coban Talun, kamu akan segera disapa oleh suara gemuruh air terjun yang jernih banget, sehingga bisa diminum saking jernihnya.

Untuk sampai ke air terjun yang memiliki ketinggian 75 meter ini memang harus sedikit usaha. Kamu harus berjalan di antara rerimbunan hutan. Tapi tenang saja, selama menuju ke sini, kamu keindahan alam beserta dengan kicauan burung bernyanyi, serta udara yang sangat segar.

Masih berada di area Coban Talun, kamu bisa menemukan kebun bunga yang sangat cantik. Warna bunga-bunga yang cerah bisa bikin mood kamu naik lagi. Bahkan, orang menjadikan tempat ini sebagai tempat foto prewedding.

Di sini juga ada penginapan untuk kamu yang berencana untuk tinggal lebih lama. Penginapan di sini terbilang cukup unik. Bentuk penginapannya terinspirasi dari sangkar burung merpati atau pagupon dalam bahasa Jawa.

Coban Rondo

Kalau kamu cari tempat wisata alam yang lengkap, Coban Rondo bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu. Selain keindahan alam, area wisata ini juga dilengkapi dengan berbagai opsi aktivitas yang bisa kamu pilih.

Coban Rondo terkenal karena pesona indah air terjun setinggi 84 meter. Jernihnya air dan sejuknya udara pegunungan, membuat air terjun ini banyak dikunjungi oleh warga Malang untuk melepas penat dan menikmati keindahan alam.

Selain itu, kamu bisa mencoba aktivitas lainnya termasuk aktivitas yang menantang adrenalin kamu. Seperti river tubing, bermain paintball, atau aneka aktifitas outbond yang tersedia.

Omah Kayu

Dalam bahasa Jawa, Omah Kayu berarti rumah kayu. Sesuai namanya pula, Omah Kayu merupakan wisata alam berupa penginapan rumah kayu yang berada di atas pohon. Setidaknya tersedia enam rumah pohon yang masing-masingnya bisa menampung hingga tiga orang. Per malamnya, kamu akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih Rp350.000.

Omah Kayu berada di Jalan Gn. Banyak, Bumiaji, Batu. Terletak 1.340 mdpl, wisata alam ini pun menyajikan pemandangan Kota Batu dengan jelas. Tak hanya itu, pesona malam hari di Omah Kayu akan semakin cantik dengan pendar-pendar cahaya kota. Jadi, jangan lupa bawa kamera kamu untuk mengabadikan keindahan alam di sini ya!

Coban Nirwana

Tempat ini Dikenal juga dengan nama Coban Mbok Karimah, air terjun ini berada di kawasan Gedangan. Jika dibandingkan dengan Coban in di Malang, Coban Nirwana memang belum memiliki fasilitas memadai karena belum dikelola resmi oleh Dinas Pariwisata setempat. Karena itu, sebaiknya kamu membawa beberapa perlengkapan seperti tikar, bekal, ataupun pakaian ganti.

Meski begitu, Coban Nirwana cukup layak untuk dikunjungi saat liburan. Airnya bersih dan jernih dengan tebing-tebing bebatuan yang mengelilingi, sehingga menciptakan kesan eksotis. Jika berminat mengunjunginya, cobalah untuk tetap berhati-hati selama menuju air terjun. Pasalnya, jalur yang tersedia cukup licin dan terjal.

Pantai Mbehi

Bali bukan satu-satunya daerah di Indonesia yang memiliki berbagai pantai eksotis. Pantai-pantai di Malang pun menyuguhkan pemandangan yang tak kalah keren untuk dijelajah. Salah satunya adalah Pantai Mbehi di Desa Sumberbening, Bantur. Kamu hanya perlu menempuh jarak sekitar 66 km dari pusat Kota Malang.

Daya tarik utama pantai ini berupa “kawah”, yakni lubang besar di tepi karang yang langsung menembus permukaan air laut. Saat ombak besar datang, air laut biasanya akan menyembur keluar dari lubang kawah sehingga menciptakan fenomena yang menarik. Tak hanya itu, air laut di Pantai Mbehi juga terkenal sangat jernih sehingga banyak pengunjung yang kerap berenang dan bermain air di sini.

Teluk Bidadari

Teluk Bidadari

Saat berada di Pantai Mbehi, sempatkan juga untuk mampir ke Teluk Bidadari yang masih berada di satu area. Untuk mencapai tempat ini, kamu perlu melakukantrekkingdari Pantai Mbehi selama kurang lebih 30–40 menit ke bukit bagian timur. Karena memakan waktu perjalanan yang cukup lama, sebaiknya kamu membawa bekal air mineral agar tetap berstamina sampai tujuan.

Tenang saja, rasa lelah kamu akan langsung terbayar begitu sampai di Teluk Bidadari. Di sini, kamu akan melihat sebuah ceruk yang membentuk kolam alami. Airnya berwarna biru jernih dengan kedalaman yang cukup dangkal, sehingga kamu bisa aman bermain air dan berenang.

Pantai Balekambang

Pantai lain yang tak boleh kamu lewatkan adalah Pantai Balekambang di Desa Srigonco, Bantur. Banyak orang menyebut Pantai Balekambang sebagai Tanah Lot versi Malang karena di sini terdapat sebuah pura bernama Amerta Jati yang berdiri agak ke tengah laut. Untuk mencapainya, kamu harus lebih dulu melewati jembatan yang tersedia. Sangat mirip dengan Tanah Lot, bukan?

Biasanya, kebanyakan orang datang ke Pantai Balekambang menjelang sore untuk Menikmati sunset pantai ini memang dikenal sebagai salah satu spotsunsetterbaik di Malang. Tak hanya itu, kamu juga bisa menyaksikan aneka terumbu karang eksotis di bibir pantai saat laut sedang surut. Nah, jangan lupa siapkan uang sekitar Rp15.000 sebagai tiket masuk jika tertarik untuk mengunjunginya ya!

Pantai Goa Cina

Sekitar 90 menit berkendara dari pusat Kota Malang, kamu juga bisa menemukan pantai lain yang tak kalah eksotis, yakni Pantai Goa Cina. Meski air lautnya sangat jernih, kamu tidak diperkenankan untuk berenang di sini karena ombaknya cukup besar. Hal tersebut terjadi karena ombak di sini beradu dari tiga arah sekaligus, yakni selatan, barat, dan timur.

Tenang saja, kamu masih bisa menikmati keindahan laut dengan bersantai di area pinggir pantai. Jika tertarik, kamu bisa mengunjungi Pantai Goa Cina ini di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Sumbermanjing Wetan. Jangan lupa siapkan uang sekitar Rp10.000 untuk tiket masuk, ya!

Nah iyulah sedikit informasi mengenai tempat wisata Alam malang & Batu yang wajib banget kamu sambangi. Nah jika kalian kerepotan mengatur jadwal liburan kami team (labirutour) siap membantu dengan senang hati

Baca Juga: Tempat Wisata Terbaru di Kota Batu Terpopuler dan Jadi Incaran Wisatawan Luar Kota

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda