Wisata Alam di Bandung- Jawa Barat Bandung merupakan wilayah dataran tinggi, jadi tak heran jika suhu udara di Kota Lautan Api ini sangat dingin. Meskipun begitu Bandung kaya akan tempat wisata yang sangat menakjubkan, mulai dari wisata edukasi, wisata sejarah, dam yang paling banyak dan indah adalah wisata alam.

Wisata Alam dii Bandung sungguh banyak di gandrungi para traveler mulai dari wisatwan lokal hingga manca negara / luar negri. Karna memang wisata alamnya sungguh memanjakan mata. Nah bagi kalian yang ingin berlibur ke Bandung dan mengeskplorasi wisata alamnya, kami team (Labirutour). Menawarkan paket liburan di Bandung, Beikut cek Disini Paket Liburan Bandung

Baca Juga: 40 Tempat Wisata di Bandung Terbaru Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Berikut 30 Tempat WISATA ALAM di Bandung

Taman Batu (Stone Garden)

wisata alam di bandung

Potret instagrammable di Stone Garden

Tepat wisata alam rekomendasi pertamakali dari kami adalah, taman batu atau sering di sebut dengan Stone Garden. Pemandangan bebatuan besar dan rumput hijau yang memanjakan mata para pengunjung.

Taman Batu atau Stone Garden belakangan sering banget kita lihat di Instagram. Destinasi wisata yang lagi jadi primadona ini memang memiliki pemandangan hamparan batu yang artistik. Di dekat sini, juga ada lokasi yang nggak kalah menarik, yaitu Gua Pawon. Untuk menikmati pemandangan eksotis Stone Garden yang berada di Girimulya, Desa Gunung Masigit, Kecamatan Cipatat, Bandung Barat, ini biaya tiketnya Rp6 ribu, parkir Rp3 ribu hingga Rp5 ribu

Tebing Keraton

wisata alam di bandung

Panorama alam indah di Tebing Kraton Bandung

nah mungkin tempta wisata kali ini banyak di sukai oleh para pendaki, karna untuk mencapai puncaknya kalian perlu sedikit mendaki. Tebing ini memiliki pemandangan panoraman alam indah yang tak kalah dari stone garden

Tebing Keraton sejatinya berada di dalam area Taman Hutan Raya, namun kamu harus trekking selama beberapa waktu untuk bisa mengunjunginya! Berdiri di atas tebing dengan pemandangan alam yang super keren, Tebing Keraton terkenal banget sebagai salah satu spot untuk menikmati sunrise di pagi hari.

Kebun Teh Sukawan

wisata alam di bandung

Panorama alam yang memanjakan mata di Kebun Teh Sukawan

Wisata alam Bandung beragam sekali, mulai dari yang ramai sampai dengan tempat yang masih sepi pengunjung. Nah, bagi anda yang ingin ngadem di kebun teh di Lembang, kebun teh Sukawana bisa jadi alternatif nih. Tempatnya memang sedikit tersembunyi sehingga rada jarang yang datang kesini.

Padahal, tempatnya cukup bagus lho. Kebun tehnya rapi dan hijau. Juga tidak bising. Tempatnya juga tidak begitu jauh dari Curug cimahi ataupun Dusun bambu.

Bukit Moko

wisata alam di bandung

Pemandangan Kota Bandung dari atas Bukit Moko

Bukit Moko adalah salah satu spot paling populer di Bandung untuk melihat sunset atau cahaya kota Bandung di malam hari dari ketinggian! Bisa dikunjungi dengan melakukan perjalanan dengan kendaraan bermotor melalui Jalan Padasuka dan Jalan Cimenyan.

Sayangnya jalanan ke arah Bukit Moko tidak terlalu mudah dilalui karena cukup curam dan kondisi jalan di beberapa area dilaporkan tidak begitu bagus. Jadi pastikan kamu berhati-hati, ya! Bisa juga gunakan rental mobil di bandung + driver lokal yang sudah kenal jalan bandung

Grand Canyon mini di Garut (Leuwi Juring)

wisata alam di bandung

Penampakan Green Canyon Bandung yang memanjakan mata

Dalam Bahasa Sunda, ‘Leuwi Jurig’ berarti ‘Kolam Setan’. Konon, mandi di sini bisa membebaskan Anda dari jeratan semua ilmu hitam. Namun jangan sampai nama yang menyeramkan serta latar belakang mistis tersebut membuat Anda enggan berkunjung ke sini, karena Leuwi Jurig menyuguhkan keindahan yang tak kalah dengan Grand Canyon di Amerika.

Pemandangan air sungai jernih yang diapit dinding bebatuan raksasa siap membius Anda dengan keindahannya.

Perpaduan antara warna air yang memancarkan semburat rona kehijauan laksana zamrud, tampak kontras dengan warna kelabu dari dinding batu seolah membuat Leuwi Jurig tampak seperti sungai-sungai yang ada di belahan bumi lain. Dan asyiknya, meski akses untuk menuju ke sungai ini termasuk mudah, rupanya masih belum banyak orang yang tahu akan keberadaannya. Sehingga Anda bisa bebas berenang atau berfoto dengan background memikat ini tanpa banyak gangguan.

Tebing Gunung Hawu

Penampakan Green Canyon Bandung yang memanjakan mata

Potret epic dengan latar belakang yang indah di Tbing Gunung Hawu

Gunung ini mempunya daya tarik sendiri dibanding gunung-gunung lain. Di sinilah mimpi Anda menjadi superhero bisa terwujud. Dan di sini pula Anda akan ‘bergelantungan’ dengan cara yang berbeda! Untuk para penggemar sunrise, Tebing Gunung Hawu siap memanjakan Anda dengan pemandangan indah dari saat matahari terbit menjelang pagi. Anda bahkan bisa menyaksikan pemandangan keren ini sambil tiduran di hammock yang digantung di antara dua tebing. Sudahkah adrenalin Anda menari-nari mendengarnya?

Aktivitas hammock ini dipopulerkan oleh beberapa warga setempat untuk menarik minat para pengunjung, sekaligus untuk melindungi Gunung Hawu dari jamahan para penambang batu kapur. Gunung ini juga memiliki sebuah lubang besar yang bisa Anda lihat di tengahnya. Inilah mengapa gunung ini diberi nama “Hawu” yang berarti “tungku (untuk memasak)” dalam bahasa Sunda. Mumpung sedang di sana, rasanya sayang jika melewatkan kesempatan mengambil foto di lokasi unik ini, bukan? Kalau Anda beruntung, Anda mungkin bisa menangkap momen saat sinar matahari menyelinap lewat lubang besar tadi dan menciptakan sebuah pemandangan yang tak dapat diungkapkan dengan kata-kata.

De Ranch

wisata alam di bandung

Potret suasana di De Rench

De Ranch adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang menawarkan pesona berkuda ala koboi yang keren. Tak heran jika lokasi wisata ini menjadi tempat favorit bagi anak anak di Bandung. Udara di sekitar De Ranch pun juga sangat sejuk karena dikelilingi oleh pepohonan. Pengunjung yang ingin berkuda maka akan diberikan kostum ala koboi berupa topi dan rompi. Kemudian pengunjung pun akan diajak berkeliling lokasi De Ranch sambil didampingi oleh pemandu kuda.

Saat ini terdapat banyak sekali jenis hiburan di De Ranch yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Diantaranya adalah delman, panahan, fun boat, kolam pancing, Gold Hunter dan lain sebagainya. Wisata ini juga merupakan wisata edukatif bagi anak anak yang berkunjung. Sementara para orang tua bisa bersantai di restoran sambil menikmati susu Lembang dan berbagai pananganan lainnya.

Kawah Putih

wisata alam di bandung

Potret sebuah kawah di bandung yang eksotis nan mengagumkan

Siapa yang tidak mengenal kawah putih yang ada di Bandung? Tak hanya diminati oleh para wisatawan lokal, namun banyak wisatawan mancanegara yang mengincar destinasi tersebut. untuk mencapai tempat ini Anda harus melewati perkebunan teh tertua yang ada di Indonesia.

Keindahan pemandangan yang sangat spektakuler ini mampu membuat siapa saja terhipnotis. Kawah ini kadang akan berubah warna menjadi coklat susu dan lebih sering berwarna putih saat udara dipenuhi kabut kebal.

Curug Batu Templek

Rekomendasi 30 Tempat Wisata Alam di Bandung Terbaik

Curug / Air Terjun berudak di Bandung

Destinasi di Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung ini letaknya nggak jauh dari Ciwidey atau Lembang. Lucunya, banyak yang menyangka kalau Curug Batu Templek ini ialah buatan manusia, padahal keindahan alaminya ini memang ciptaan Tuhan YME lho. Jika kamu mau menikmati obyek wisata yang berada di Kampung Cisanggarung, RT 1/11 Kelurahan Cikadut, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung ini biaya tiketnya Rp10 ribu per orang.

Curug Aseupan

wisata alam di bandung

Potret curug indah yang di gemari Fotografer

Curug Aseupan adalah salah satu primadona di kawasan Curug Tilu Leuwi Opat yang terletak di dusun Ciwangun, Kelurahan Cihanjuang rahayu, kecamatan Parangpong, Kabupaten Bandung Barat.  Di Curug ini terdapat tiga air terjun yang menuju sungai, untuk melihatnya kita memang harus nanjak dulu, dan biaya tiketnya Rp10 ribu.

Sendang Geulis Kahuripan

wisata alam di bandung

Air di tempat wisata alam satu ini sangatlah bersih, hingga terlihat seperti kaca

mata air jelita ini menawarkan udara yang sejuk dan air yang jernih untuk berendam, Tetapi aktivitas yang paling digemari anak muda di sini tentu saja underwater selfie. Sendang Geulis Kahuripan terletak di Kampung Cilangkop, Desa Ganjarsari Cikalong Wetan. Kawasan wisata beroperasi mulai jam 07.00 sampai 17.00 WIB. Tarif: Rp10.000,000

Sanghyang Heuleut

wisata alam di bandung

Wisatawan sedang bermain air di Sangyang Heuleut

Terletak di Rajamandala Kulon, Cipatat, Kabupaten Bandung Barat, Sanghyang Heuleut merupakan danau hijau memesona dikelilingi batu-batu kali yang eksotis. Saking cantiknya, tempat ini sampai disebut kolam bidadari.

Sanghyang Heuleut merupakan tempat wisata Bandung yang cocok untuk mandi dan berfoto. Bagi yang hobi menguji nyali, silakan melompat dari salah satu batu yang tingginya lebih dari 5 meter. Hati-hati buat yang kurang jago berenang. Tarif: Rp10.000,00

Kawah Ranggais Ciwidey

wisata alam di bandung

Suasana asri di Kawah Rengganis

Tempat wisata alam Bandung ini bisa dibilang merupakan “hidden gem” di Ciwidey, karena memang popularitasnya enggak sebesar Kawah Putih atau Kampung Cai Ranca Upas. Meski begitu, tempat ini punya pesonanya tersendiri; dengan kolam-kolam pemandian air panas alami yang bertumpuk-tumpuk, dengan bebatuan vulkanis yang bikin pemandangan makin eksotis.

Yup kolam pemandian di kawah ranggis memang bisa dibilang masih alami banget. Airnya panas alami, dibantu oleh uap dari panas bumi. Selain menyenangkan karena berendam air panas memang bikin rileks, konon berendam di kolam air panas alami seperti ini juga baik untuk kulit dan menyehatkan juga.

Situ Petenggang

wisata alam di bandung

Potret kapal buatan di Situ Petenggang

Situ Patenggang adalah sebuah danau di Bandung Selatan, yang lokasinya enggak jauh juga dari Kawah Putih dan Kampung Cai Ranca Upas. Uniknya, area pinggir danau ini sudah dikembangkan menjadi area glamping, jadi kamu pun bisa menginap di sini jika mau!

Kalaupun enggan menginap, kamu bisa main ke Resto Pinisi-nya yang unik banget – restoran ini dibangun di atas sebuah kapal pinisi yang berdiri di salah satu sisi danau!

Sunrise Point Cukul

wisata alam di bandung

Panorama alam indah di Sunrise Point Cukul

Terletak di Pangalengan, spot melihat matahari terbit yang satu ini terbilang baru karena baru ramai mulai 2018 lalu. Agak jauh dari Bandung sih, memang, sekitar 2 sampai 2,5 jam dari pusat kota. Tapi pemandangan sunrise di sini bisa dibilang enggak main-main karena kamu bisa melihat matahari terbit dari balik Gunung Wayang!

Karena cukup jauh dari Bandung, kamu pun harus berangkat tengah malam dari kota agar sampai di sini sebelum waktu matahari terbit dan mendapatkan spot yang bagus. Pilihan lainnya, kamu bisa camping saja sekalian di sunrise point cukul Karena cukup jauh dari Bandung, kamu pun harus berangkat tengah malam dari kota agar sampai di sini sebelum waktu matahari terbit dan mendapatkan spot yang bagus.

Gua Sanghyang Tikoro & Sanghyang Poek

Gunung Putri Lembang, Bandung Barat

Goa yang berada di bibir pantai

Selain Sanghyang Heuleut, Sanghyang Tikoro dan Sanghyang Poek adalah bagian yang juga menarik di kawasan Cipatat atau PLTA Saguling.

Kedua gua ini berlokasi di satu area yang sama di mana terdapat aliran air jernih dan pemandangan sekitar yang sangat indah.

Sanghyang Tikoro, yang berarti ‘rongga suci’, adalah sebuah gua dengan sungai yang mengalir di dasarnya. Tempat ini dipercaya terbentuk dari lava yang membeku saat terjadi letusan gunung berapi dan membentuk gua berstalaktit.

Sedangkan Sanghyang Poek berjarak 15 menit dari Tikoro dan lebih populer di kalangan pengunjung. Tempat ini berbeda dari yang lain karena memiliki lansekap miring/diagonal. Sesuai namanya (‘poek’ dalam bahasa Sunda berarti ‘gelap’), begitu masuk ke dalam gua ini Anda akan langsung diselimuti oleh keadaan gelap gulita hingga mencapai ujungnya.

Kalau Anda suka tantangan, maka kedua gua ini tak boleh dilewatkan!

The Lodge Maribaya

wisata alam di bandung

Wahana yang ada di tempat wisata alam The Lodge Maribaya

Selalu ada kepuasan tersendiri jika bertualang di alam terbuka. Begitu pula jika menghabiskan waktu di bumi berkemahan yang terletak di dataran tinggi ini. The Lodge Maribaya bukanlah tempat kemping biasa, karena di sini dilengkapi dengan berbagai fasilitas berkemah dan aktivitas trekking. Tempat ini sengaja dibuat untuk menambah pengalaman Anda dalam bertualang di alam terbuka.

The Lodge Maribaya dikelilingi oleh hutan pinus, Air Terjun Maribaya dan pemandangan pegunungan yang sangat memesona. Di tempat yang sejuk dan menyegarkan ini, apapun yang Anda harapkan dari sebuah tempat wisata alam dapat terpenuhi. Tidak hanya sekadar tempat bersantai, di The Lodge Maribaya juga tersedia fasilitas menginap, tempat makan, dan juga lokasi asyik untuk mengadakan pesta. Kata siapa Anda tak bisa menikmati alam sambil bersenang-senang?

Curug Jagapati

wisata alam di bandung

Ini juga salah satu curug di bandung yang berundak

Kalau liburan kali ini Anda punya waktu luang lebih, tak ada salahnya untuk sekalian mampir ke Garut, sebuah tempat yang kaya akan daya tarik wisata alam berjarak sekitar 2 jam perjalanan dari pusat Kota Bandung. Di kawasan Garut Selatan, terdapat beberapa curug atau air terjun memesona yang masih jarang terjamah pengunjung, salah satunya adalah Curug Jagapati.

Lokasinya yang cukup tersembunyi membuat suasana di air terjun bertingkat ini begitu hening, sejuk dan tentunya indah menawan. Hanya suara deru air dan hembusan angin saja yang akan menemani Anda.

Perjalanan panjang yang cukup melelahkan untuk menuju ke sini pun akan langsung sirna begitu melihat keindahan air terjun yang mengalir di antara bebatuan, serta kolam jernih yang begitu mengundang dengan airnya yang segar. Sayang kan kalau sudah jauh-jauh ke sini tidak sekalian berenang?

Ganesha H Equestrian (Lembah Dewata Lembang) Bandung

wisata alam di bandung

Menikmati suasana alam dan menunggu sunset

Taman Lembah Dewata merupakan sebuah perbukitan yang terletak di Wisata berkuda Ganesha Equestrian, tepatnya di Jl. Raya Tangkuban Parahu No.KM.3,7, Cibogo, Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Obyek wisata Ganesha H Equestrian ini punya pemandangan danau tadah hujan dengan latar perbukitan nan hijau.  Tiket masuknya cuku Rp10 ribu saja.

Parongpog, Bandung Barat

wisata alam di bandung

Curug di bandung yang masih jarang di kunjungi orang

Wisata Bandung di kawasan Parongpong Bandung Barat ini terdapat lembah rumput yang mirip seperti di New Zealand, namanya Padang Rumput Cihideung. Berfoto di sini pun nggak perlu bayar tiket masuk, kamu cukup meminta izin kepada pengelola setempat.

Bukit Jamur Rencabolang, Bandung

wisata alam di bandung

Potret epic di Bukit Jamur

Bukit Jamur Rancabolang sebetulnya bagian dari sebuah taman di sekitar kantor Perkebunan PTPN VIII Rancabolang, Ciwidey Bandung. Karena keunikan ukuran pohon cemaranya kecil dan lokasinya di perbukitan, makan wilayah ini pun disebut dengan nama Bukit Jamur. Lokasinya berada di Desa Sugihmukti, Kecamatan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Tiker masuknya Rp5 ribu per orang.

Dago Dream Park

wisata alam di bandung

Spot foto yang ada di Dago Dream Park

Dago Dream Par yang beralamat di Jl. Dago Giri Km. 2.2 Mekarwangi, Pagerwangi, Lembang, Kabupaten Bandung Barat ini adalah sebuah kawasan resort wisata yang lahannya seluas 11,6 hektar. Nuansa alam di sini penuh hamparan pohon pinus hijau dan terdapat banyak wahana yang tersedia, harga tiket masuknya Rp20 ribu per orang.

Gunung Putri Lembang, Bandung Barat

wisata alam di bandung

Potret wisatawan yang bercamping di Gunung Putri

Gunung Putri yang terletak di Lembang Kabupaten Bandung Barat dengan ketinggian 1587 Mdpl ini tempat para penikmat pemandangan terbitnya matahari. Suguhan alam yang bisa dilihat dari ketinggian memang luar biasa, di sini juga terdapat pohon pinus menjulang tinggi. Harga tiket masuknya Rp10 ribu.

Glamping Lakeside Rancabali

Keasrian tempat wisata Rancabali

Glamping Lakeside Rencabali ini terletak di Jl. Situ Petengan, Petengan, Kecamatan Rencabali, kabupaten Bandung, Jawa Barat Glamor Camping atau di singkat glmaping merupakan sebuah penginapan di situ petengan. Udara yang sejuk dengan view pemandangan indah gunung patuhan dan situ petenggang, membuat tempat ini cocok untuk bermain bersama keluarga maupun rekan-rekan anda.

Hutan Kota Babakan Siliwangi

Potret Hutan Kota yang di padati wisatawan asing maupun mana negara

Nah, kalau kamu males berkendara jauh atau trekking jauh untuk menikmati alam, datang aja ke Hutan Kota Babakan Siliwangi. Terletak tak jauh dari kampus ITB, Hutan Kota Babakan Siliwangi punya jalur trekking yang berdiri “melayang” di atas tanah hutan sehingga kamu bisa berjalan kaki dengan nyaman.

Mencapai area hutan pun sangat mudah – pergi saja ke Jalan Dago, lalu belok kiri ke arah gerbang ITB, lalu belok kanan di pertigaan ujung jalan. Kamu bisa menemukan Hutan Kota Babakan Siliwangi di sebelah kiri jalan.

Kawah Rengganis Ciwidey

Potret dari atas Kawah Rengganis

empat wisata alam Bandung ini bisa dibilang merupakan “hidden gem” di Ciwidey, karena memang popularitasnya enggak sebesar Kawah Putih atau Kampung Cai Ranca Upas. Meski begitu, tempat ini punya pesonanya tersendiri; dengan kolam-kolam pemandian air panas alami yang bertumpuk-tumpuk, dengan bebatuan vulkanis yang bikin pemandangan makin eksotis.

Yup kolam pemandian di kawah rengganis memang bisa dibilang masih alami banget. Airnya panas alami, dibantu oleh uap dari panas bumi. Selain menyenangkan karena berendam air panas memang bikin rileks, konon berendam di kolam air panas alami seperti ini juga baik untuk kulit dan menyehatkan juga.

Jalur untuk pergi ke Kawah Rengganis juga belum banyak dirombak dan kamu perlu trekking 10-15 menit dari parkiran mobil untuk bisa mencapai kolam-kolamnya.

Curug Ciangin

Potret wisatawan melompat dari curug Ciangin

Curug Ciangin terletak di Kabupaten Subang, sekitar 1,5 jam dengan mobil dari Kota Bandung. Lokasinya dekat dengan pemandian air panas Ciater yang terkenal, jadi kamu bisa jadikan Ciater sebagai patokan di maps kamu.

Kerennya, kamu bahkan bisa camping di dekat air terjun ini lho! Salah satu alternatif wisata alam yang seru nih untuk melepaskan bosan setelah berbulan-bulan di rumah aja.

Ranca Upas

Pagi hari di Ranca Upas

Berkunjung ke pegunungan indah sembari berkemah merupakan kegiatan favorit bagi kebanyakan dari Anda. Apalagi pemandangan sekitar merupakan panorama eksotis yang masih alami. Lokasi demikian bisa pengujung nikmati ketika datang ke Ranca Upas.

Anda tidak akan pernah bosan ketika mengunjungi Ranca Upas. ada beragam spot wisata kece yang siap menyambut. Pengunjung juga bisa menikmati beragam kegiatan outbond seru seperti flying fox, jembatan goyang, serta elvis bridge. Bila ingin lebih dekat dengan hewan seperti rusa bisa langsung datang ke penangkaran rusa yang tak jauh dari area kemah.

Curug Upas

Curug terasiring Upas

Berada pada daerah yang di kelilingi dengan pegunungan membuat kota Bandung cukup kaya dengan daerah wisata. Terutama untuk wisata yang bersentuhan dengan alam yang berada pada ketinggian. Salah satunya adalah Curug Upas yang merupakan tempat terbaik untuk bersentuhan dengan alam. Mengingat tempat ini memiliki fasilitas bumi perkemahan dan sejumlah fasilitas yang menunjang lainnya.

Seperti outbond, aneka kekayaan hayati yang bisa Anda pelajari, serta yang paling penting adalah kuliner. Meskipun wisata ini terletak pada ketinggian 1700 MDPL namun tetap ada sarana kuliner yang disediakan untuk Anda.

Sendang Kahuripan

Foto instagrammable di Sendang Kahuripan

Jika Anda termasuk dalam orang yang lahir pada akhir tahun 90-an mungkin mendengar istilah sendang. Akan terbayang tempat mandi bidadari, istilah tersebut mungkin sangat tepat menggambarkan tempat ini. Pamandian yang masih asri dengan di kelilingi pedesaan yang ada di sekitarnya. Membuat Anda betah berlama-lama berendam di tempat ini apalagi pemandangan yang masih indah dapat memanjakan mata Anda.

Tempat yang masih asri dan suasananya yang tenang dan sedikti menghilangkan rasa penat Anda. Apalagi ketika Anda berkunjung ke tempat ini bersama keluarga Anda dan orang terkasih. Membuat Anda semakin betah dan nyaman menikmati keindahan dan keasrihan yang di tawarkan pada objek wisata ini.

Situ Cileunca

Susana di Situ Cileunca

Untuk menuju tempat wisata ini butuh waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari pusat kota. Begitu tiba Anda disuguhi pemandangan danau yang tenang dan memikat hati. Ada Camping Ground dengan suasana romantis dan eksotis di malam hari. Anda bisa berkemah di pinggir danau sambil mengagumi keindahan alam, serta udara yang cukup dingin. wisata alam di bandung

Bukan hanya sebagai sumber tenaga PLTA, tetapi danau ini dimanfaatkan sebagai tempat rafting. Aliran air yang deras tampak memacu adrenalin dan menantang untuk ditaklukkan. Ada pula kebun strawberry dan arbei yang ditujukan sebagai wisata petik di Situ Cileunca. Jika enggan berkemah di camping ground, Anda bisa menginap di penginapan sekitar area wisata.

Nah itulah tadi sedikit informasi mengenai Tempat WISATA ALAM di Bandung Terbaru, dan buat kalian yang ingin berlibur atau memiliki agende liburan ke bandung, kami Team LABIRUTOUR menawarkan paket wisata. Ada berbagai macam paket wisata mulai dari 1 HARI FULL, 2H1M, 3H1M, & juga PAKET COUSTOM.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda