Tour SoloKalau ditanya destinasi wisata yang unik selain Jogja, jelas jawabannya adalah Solo. Solo menjadi salah satu kota di Indonesia yang memiliki banyak sejarah di dalamnya dan erat dengan budaya Jawa. Termasuk dengan kuliner khas yang dimilikinya. 

Berikut ini rekomendasi kuliner khas Solo yang wajib kamu cobain:

Sate Kere

Credit: GoogleMaps/Djoko Setiawan

Sate kere menjadi salah satu makanan khas Solo yang wajib kamu cobain untuk kuliner malam. Sate kere berasal dari bahasa Jawa ‘kere’ yang berarti tidak mampu. Awalnya, pribumi dari masyarakat kurang mampu banyak mengonsumsi sate kere. Sate kere terbuat dari tempe gembus dan beragam jeroan sapi. 

Penasaran sama cita rasa sate kere yang otentik? Dateng aja ke sate kere Yu Rebi yang terkenal di Solo. Warung sate kere Yu Rebi terletak di Jl. Kebangkitan Nasional No.2 atau belakang Stadion Sriwedari Solo. 

Warung sate kere Yu Rebi buka setiap hari Senin-Minggu pukul 10.00 – 17.00 WIB. Kamu cukup merogoh kocek sebesar Rp 10 ribu per porsi sampai Rp 30 ribu per porsi sate kere. 

Baca juga: 7 Kuliner Legendaris di Kota Solo yang Wajib Kamu Cicipi!

Gudeg Ceker

Credit: Instagram.com/bubueataway

Gudeg bukan hanya identik dengan kota Yogyakarta, Solo juga memiliki kuliner gudeg yang harus kamu cobain. Gudeg Solo berbeda dengan gudeg Jogja, gudeg Solo cenderung memiliki warna lebih putih dan lebih berkuah. Selain itu, rasa gudeg ini juga lebih gurih dibandingkan gudeg biasanya.

Tidak hanya itu saja, gudeg Solo umumnya berisikan ceker, daun singkong muda, kacang tolo, dan sambal goreng krecek. 

Salah satu rekomendasi gudeg Solo yang telah banyak dikenal adalah gudeg ceker Bu Kasno. Warung Bu Kasno sudah beroperasi sejak tahun 1970 dan terletak di Jl. Wolter Monginsidi No. 41-43.

Warung Bu Kasno buka setiap hari Senin-Minggu pukul 01.30-07.00 WIB. Kamu cukup menyiapkan kocek mulai dari Rp 10 ribu untuk mencoba hidangan unik gudeg ceker khas Solo satu ini. 

Nasi Liwet

Credit: EndeusTV

Kuliner Solo lainnya yang wajib kamu cobain adalah nasi liwetnya. Umumnya, orang menyajikan nasi liwet Solo menggunakan alas daun pisang dengan isian sayur labu siam, suwiran ayam, dan areh.

Untuk mencicipi nasi liwet, kamu dapat mencobanya di warung nasi liwet Wongso Lemu. Warung ini terletak di Jl. Teuku Umar, Kota Surakarta. 

Warung Wongso Lemu beroperasi setiap hari Senin-Minggu pukul 16.00-01.00 WIB. Cocok buat kamu yang ingin mencari rekomendasi menu makan malam di Solo yang terkenal. 

Soto Segar

Credit: Instagram.com/SotoSegeerHjFatimah

Sedang mencari makanan berkuah yang dapat menghangatkan tubuh? Soto Segar dapat menjadi solusinya. Soto segar khas Solo memiliki ciri unik di dalam kuah beningnya, tetapi kaya rasa. 

Warung Soto Triwindu menjadi salah satu rekomendasi untuk mencoba soto segar ini. Warung Soto Triwindu berlokasi di Jl. Teuku Umar, Banjarsari, Solo.

Warung Soto Triwindu beroperasional setiap hari Senin-Minggu pukul 05.30-15.30 WIB. Soto segar cocok kamu santap sebagai salah satu menu sarapan khas Solo. 

Timlo

credit: tastemade

Kuliner khas Solo kali ini cukup unik yakni timlo atau sup ayam bening yang disantap menggunakan sambal kecap. Tentu saja timlo akan memberikan cita rasa segar untuk kamu. 

Umumnya timlo berisikan irisan ati ampela, irisan sosis solo, irisan dadar gulung, telur pindang, hingga ayam goreng suwir. Yang membuat unik kuliner timlo adalah sosis solonya. 

Ingin mencoba segarnya timlo Solo? Datang saja ke RM Timlo Solo yang terletak di Jl. Jenderal Urip Sumoharjo, No. 94, Surakarta. 

RM Timlo Solo beroperasi setiap hari Senin-Minggu pukul 08.00-20.00 WIB. Kamu cukup menyiapkan kocek sebesar Rp 16 ribu per porsi timlo. 

Nasi dan Ketan

Credit: fimela.com/Febi Anindya Kirana

Merasa lapar ditengah malam hari? Nasi dan Ketan wajib kamu cobain saat malam hari di Solo. Nasi dan ketan satu ini dapat dijadikan sebagai kuliner unik khas Solo.

Warung makan Nasi dan Ketan Totongan Solo wajib kamu kunjungi jika ingin merasakan kenikmatan nasi dan ketan secara langsung. Warung satu ini berlokasi di Jl. R. M. Saudara atau depan SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. 

Cukup unik dan menarik, warung Totongan hanya beroperasional pada pukul 00.00-03.00 WIB. Siap-siap kamu harus begadang kalau ingin ke warung ini. Kamu cukup merogoh kocek mulai dari Rp 10 ribu untuk mencicipi cita rasa nasi dan ketan. 

Solo dengan keunikan kulinernya yang menarik memang wajib kamu cobain. Ingin berlibur di Solo? Jangan lupa mengunjungi setiap tempat kuliner khas Solo yang sudah di spill. 

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo