Tour SoloPernahkah kamu mendengar kota Solo disebut sebagai kota “goyang lidah”? Keragaman kuliner kota Solo tidak ada nada habisnya. Karenanya, terdapat berbagai kuliner tradisional yang legendaris hingga modern.

Soal cita rasa tidak perlu diragukan lagi pastinya sangat menggugah selera. Sampai pada rasanya kurang lengkap kalau liburan ke kota Solo tanpa mencicipi kuliner legendaris.

Beberapa tempat di bawah ini menjadi tempat makan legendaris di kota Solo. Para pecinta kuliner wajib untuk mencicipi dan jangan sampai kehabisan, ya! Maka dari itu, mari kita simak selengkapnya pada ulasan berikut ini.

Kusuma Sari Resto

Kuliner legendaris Solo

Credit: Soloraya

Kusuma Sari Resto adalah rumah makan legendaris sejak tahun 1970 yang menawarkan cita rasa kuliner Jawa-Belanda. Pusatnya terletak di Jl. Slamet Riyadi, Kemlayan, Serengan, Kota Surakarta.

Hal tersebut membuat Restoran Kusuma Sari Resto menjadi primadona yang tetap eksis dan ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik hingga mancanegara. Restoran ini beroperasional setiap hari mulai pukul 09.00 – 22.00 WIB.

Kusuma Sari Resto menawarkan berbagai menu makanan seperti snack, appetizer, sup, steak, hot plate dan asian food. Selain itu, terdapat menu minuman menyegarkan, float, ice cream, juice. Terkenal dengan cita rasa yang otentik, Kusuma Sari Resto menawarkan menu frozen food dan hampers. Harga menu cukup terjangkau mulai Rp6.000 – Rp180.000

Es Krim Tentrem

Kuliner legendaris Solo

Credit: Pesenmakan[dot]com

Es Krim Tentrem merupakan kedai es krim legendaris Kota Solo yang berdiri sejak tahun 1952. Kini, wisatawan domestik hingga mancanegara ramai mengunjungi Kedai Es Krim Tentrem yang buka kembali dengan gaya baru.

Lokasinya berada di perempatan Ngarsopuro atau tepatnya di Jl. Slamet Riyadi No.132. Es Krim Tentrem buka setiap hari mulai pukul 11.00 – 21.00 WIB. 

Menu es krim yang Es Krim Tentrem tawarkan antara lain, Es Krim Tumpeng Sari, Happy Day, Es Dewa Mabuk, Zebrarta, Es Pelangi, Tutty Fruity, dan lain-lain. Meskipun terkesan jadul, toko es krim ini diproduksi secara home made dengan cita rasa yang khas. Harga menu es krim sangat terjangkau mulai dari Rp15.000 – Rp22.000. 

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu, Kuliner Legendaris Solo yang Berdiri Sejak 1950

Credit: Detik[dot]com

Soto Triwindu merupakan soto bening dengan isian daging sapi telah berdiri sejak tahun 1939. Lokasinya berada di sekitar Pura Mangkunegaran atau tepatnya di Jl. Teuku Umar No. 41, Keprabon, Banjarsari, Kota Solo. Warung makan Soto Triwindu buka mulai pukul 05.30 – 15.30 WIB.

Warna kuah Soto Triwindu adalah bening kecoklatan, meskipun begitu cita rasa soto ini tidak pernah gagal. Soto Triwindu memiliki kuah yang gurih, isian daging yang cukup banyak terkombinasi dengan perasan jeruk nipis yang membuatnya semakin menyegarkan.

Terdapat pilihan lauk tambahan seperti bakwan udang, paru goreng, sate telur puyuh, lentho, kacang tolo dan sebagainya. Harga yang sangat terjangkau mulai dari Rp17.000 per porsi. 

Tengkleng Klewer Bu Edi

Credit: Tribunnews

Tengkleng merupakan salah satu kuliner khas kota Solo berupa olahan daging kambing yang menyerupai gulai. Warung tengkleng yang menjadi andalan kota Solo adalah Tengkleng Klewer Bu Edi yang telah berdiri sejak tahun 1971.

Lokasinya berada tepat di sebelah utara gapura pasar klewer atau tepatnya di Jl. DR. Radjiman, Kauman, Kota Solo. Tengkleng Bu Edi buka setiap hari mulai pukul 12.00 WIB.

Masyarakat lokal hingga wisatawan domestik dan mancanegara selalu ramai mengunjungi Tengkleng Klewer Bu Edi. Hal tersebut dikarenakan, tengkleng ini disajikan dengan cara yang unik, yakni menggunakan pincuk daun pisang dengan nasi yang disiram kuah dan tengkleng kambing. Harga untuk satu porsi tengkleng yaitu Rp50.000. 

Gudeg Setabelan Mbok Nyamuk

Credit: Horego[dot]com

Gudeg Setabelan Mbok Nyamik merupakan salah satu kuliner legendaris sejak tahun 1950-an di kota Solo. Kedai gudeg ini berlokasi di Kepatihan Kulon, Jebres, Kota Solo. Buka setiap hari mulai pukul 05.00 – 10.00 WIB.

Kuliner asal Jogja ini memiliki cita rasa yang sangat nikmat dan menggugah selera. Tak heran jika kedai gudeg ini selalu ramai pengunjung yang mencari sarapan pagi. 

Cita rasa Gudeg Mbok Nyamik tidak begitu manis seperti gudeg lainnya, akan tetapi warna dan rasa sambal yang menggoda dengan tambahan lauk akan terasa lengkap dan menambah kelezatan. Tersedia bubur pecel tumpang dengan paduan krecek yang lezat. Harga gudeg ini sangat terjangkau mulai dari Rp17.000 per porsi. 

Dawet Telasih Bu Dermi

 

Credit: Gotravelly[dot]com

Es Dawet Telasih Bu Dermi merupakan kuliner legendaris di kota Solo sejak tahun 1930-an. Wisata kuliner ini berlokasi di dalam Pasar Hardjonagoro Surakarta.

Buka setiap hari mulai pukul 08.00 – 15.00 WIB, kedai es dawet ini selalu ramai pembeli sehingga para penikmat kuliner wajib sabar dan rela mengantri.

Es Dawet Telasih Bu Dermi terdiri dari es dawet ketan hitam, jenang sumsum, tape ketan, biji selasih, gula merah cair, santan dan es batu. Oleh karena itu, cita rasa yang tercipta tidak hanya manis saja, tentunya sangat menyegarkan. Harga es dawet sangat terjangkau mulai dari Rp12.000 – Rp 14.000 per mangkuk. 

Paket Wisata di Solo

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Solo