Rumah TeletubbiesJogjakarta, sebagaimana daerah lain di Indonesia lainnya memiliki potensi sebagai kawasan rawan bencana. Tak hanya Gunung Merapi, Jogja juga pernah diluluh lantakkan oleh gempa besar yang membuat Kota Pelajar menangis pada tahun 2006. Karena itulah, belajar dari tragedi di pagi hari itu, pemerintah setempat bekerja sama dengan pemerintah pusat Republik Indonesia menyediakan hunian bagi para korban gempa. Rumah berbentuk dome ini dirancang sebagai bangunan tahan gempa, karena itulah tempat ini akhirnya menjadi hunian tetap warga korban gempa . 

Rumah Teletubbies, Rumah Unik Hikmah di Balik Musibah Merapi

Bentuk rumah-rumah hunian para korban gempa ini memiliki desain yang unik. Rumah ini berbentuk setengah bola, atau dome. Karena bentuknya yang unik ini, masyarakat luas banyak yang menyebutnya sebagai Kampung Teletubbies. Apalagi sebabnya kalau bukan bentuk rumah ini mirip dengan tempat tinggal teletubbies, salah satu serial favorit anak-anak tahun 2000an awal. 

Uniknya Rumah Teletubbies

Bentuk rumahnya yang unik ini membuat perkampungan yang awalnya adalah tempat relokasi ini menjadi tempat wisata dadakan, hampir mirip dengan lava tour, yang dilatarbelakangi oleh meletusnya Gunung Merapi. Bentuknya yang unik membuat banyak masyarakat terutama yang berasal dari luar Jogja penasaran dengan rumah ini, bagaimana rasanya tinggal disini, dan juga apa saja isi dari rumah yang dari luar terlihat sempit ini. 

Walaupun bentuknya dari luar terlihat kecil, jangan salah. Ternyata rumah dome ini memiliki beberapa ruangan di dalam bangunannya. Bahkan, rumah dome ini juga juga terdiri dari dua lantai, sangat jauh dari bayangan orang awam kan ? 

Uniknya Rumah Teletubbies

Selain interiornya yang lega, ternyata rumah dome ini memiliki keistimewaan lain. Karena desainnya yang keren, ketika siang hari dimana matahari sedang bersinar terik-teriknya, suasana di dalam rumah ini terasa sejuk dan tak panas. Sedangkan ketika hujan tiba yang biasanya dibarengi hawa dingin, rumah ini akan terasa hangat. Cobalah untuk datang kesini. 

Lokasi Kampung Teletubbies

Lokasi perkampungan dome, alias rumah teletubbies ini berada tak jauh dari Kompleks Istana Ratu Boko. Tepatnya berada di Dusun Nglepen, Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Untuk bisa sampai ke rumah kampung dome ini kamu cukup menyusuri jalan Prambanan-Piyungan. Untuk akses termudah kamu bisa mengambil arah dari Wisata Candi Prambanan. Lokasinya dekat Istana Ratu Boko. Kamu cukup memperhatikan papan penunjuk jalan di sepanjang Jalan Raya Prambanan-Piyungan. Cukup mengikuti papan penunjuk jalan yang ada, dan kamu akan sampai di rumah teletubbies Sleman. 

Lokasi Kampung

Selain adanya rumah-rumah penduduk, sarana umum lain yang berada di kampung ini juga hampir sama dengan kebanyakan kampung atau desa lain di Indonesia, seperti mushola, sebuah klinik kesehatan, dan juga balai warga yang berfungsi sebagai tempat pertemuan warga. Ukurannya lebih besar dari kebanyakan rumah dome lain disini. 

Pada hari Minggu atau hari libur, rumah dome alias kampung teletubbies ini akan ramai oleh pengunjung. Dan biasanya akan ada juga badut teletubbies yang bisa kamu ajak berpose. Kapan lagi kan bernostalgia dengan serial favorit masa kecil ? Sekalian, kamu juga bisa mengenalkan teletubbies pada keponakan atau bahkan anakmu ? 

Selalu ada hikmah dibalik musibah. Akan ada pelangi setelah hujan. Yang berlalu biarlah berlalu,dan terus menatap ke depan. Kampung Dome, atau Rumah Teletubbies mengajarkan pada  pengunjungnya untuk tidak menyerah dengan keadaan. 

.

Penasaran dengan keunikan Jogja dan Rumah Teletubbies ? Untuk liburan terbaikmu jangan lupa, Labiru.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda