Tour Jogja – Sarapan atau makan pagi merupakan kegiatan yang dilakukan manusia di pagi hari, tepatnya pada pukul 06.00 hingga 11.00. Setiap manusia biasanya sarapan dengan makanan ringan atau berat. Tergantung dari setiap manusia, karena setiap pencernaan manusia berbeda-beda.

Sarapan memiliki manfaat bagi tubuh, yaitu memberikan nutrisi pada otak, memberikan energi pada tubuh dan membuat orang lebih fokus. Tidak sarapan akan meningkatkan penyakit kardiovaskular, terutama kematian akibat jantung dan stroke.

Yogyakarta dikenal dengan ragam kuliner, mulai dari makanan ringan hingga makanan berat. Selain itu, para wisatawan yang berkunjung juga dapat menikmati kuliner pagi atau malam di Jogja. Bagi yang ingin menikmati sarapan enak di tengah kota, ini beberapa rekomendasi menu yang bisa dicoba para wisatawan.

Kedai Terang Bintang

Kedai Terang Bintang

Credit: Turisian

Kedai Terang Bintang menawarkan beragam menu, termasuk udon dan minuman unik. Keistimewaan kedainya terletak pada menu andalan, yaitu Kopi Butter dan Coklat Butter, yang tidak dapat ditemui di tempat lain.

Kedai ini buka di setiap hari Senin hingga Sabtu jam 09.00 hingga 22.00. Harga yang diberikan pun lumayan terjangkau dengan rasa yang nikmat. Kedai terang Bintang ini berlokasi di Pasar Kranggan di lantai 2, di Jl. Pangeran Diponegoro No.22.

Roti Jala Fan Tanah Melayu

Roti Jala Fan Tanah Melayu

Credit: 9descargar

Yogyakarta menawarkan beragam kuliner, termasuk Roti Jala & Ci Cong Fan Tanah Melayu. Tempat ini menghadirkan suasana khas tempo dulu sambil menyajikan beragam makanan dan minuman. Salah satu hidangan terkenalnya adalah roti jala.

Roti jala ini dibuat dari bahan sederhana yang memiliki warna cukup terang. Adonan cair ini akan di bentuk seperti jaring atau jala yang digulung. Roti jala ini dibuat ketika pesanan masuk, jadi dipastikan makanan ini akan hangat saat diberikan dan cocok untuk dimakan saat sarapan.

Roti jala memiliki ragam rasa dan memiliki harga yang berbeda-beda. Harga yang ditawarkan pun tergolong cocok untuk kantong mahasiswa. Toko ini buka setiap hari dari pukul 07.30 hingga 15.00. Lokasinya berada di Pasar Kranggan lantai 2, Jl. Pangeran Diponegoro No. 19, Yogyakarta, yang cukup dekat dengan Tugu Jogja.

Baca Juga: 7 Penginapan di Dieng dengan Pemandangan Alam Spektakuler

Wedang Tahu Bu Kardi

Wedang Tahu Bu Kardi

Credit: Larismanis

Wedang tahu salah satu minuman yang terbuat dari sari tahu dan disiram kuah jahe. Wedang tahu ini juga dikenal dengan nama kembang tahu, tahok, atau tahwa. Di Jogja sendiri memiliki wedang tahu yang terkenal dan salah satu tempat yang legendaris karena sudah berjualan selama 14 tahun, yaitu Wedang Tahu Bu Sukardi.

Wedang tahu ini berlokasi di sekitar Jalan Asam Gede dan cabang kedua ada di dekat Pasar Pathuk. Harga dari wedang tahu ini sangat terjangkau, para wisatawan dapat menikmati wedang tahu ini hanya dengan mengeluarkan Rp7,000.00. Toko ini buka dari hari Selasa hingga Minggu, mulai pukul 06.45 hingga 11.00.

Cakwe Adi Kranggan

Cakwe Adi Kranggan

Credit: Dapursaja

Cakwe adalah makanan yang biasa ditemukan di pedagang kaki lima. Makanan ini dapat dinikmati dengan berbagai macam hidangan, tergantung di daerahnya, seperti di tiongkok atau di beberapa pedagang kaki lima menyajikan cakwe di bubur, cakwe akan ditaburkan sebagai topping, selain itu cakwe ini dapat dinikmati sebagai cemilan pada sangat hangat.

Cakwe dengan tekstur renyah dan citarasa gurih ini disajikan dengan saus pelengkap berwarna coklat yang lebih kental. Harganya sangat terjangkau, hanya Rp3.000,00 per potong. Lokasinya berada di belakang Pasar Kranggan, tepatnya di Jl. Asan Gede No.8, Cokrodiningrat, Jetis, Kota Jogja. Cakwe ini tersedia mulai pukul 05.30 hingga 09.00 pagi.

Sop Sapi Minarwati

Sop Sapi Minarwati

Credit: Chara

Warung Sop Sapi Minarwati juga menjadi pilihan kuliner yang sangat populer. Warung ini menghidangkan berbagai olahan sapi, seperti sop daging, sop otak, sop sumsum, dan sebagainya.

Sop sapi ini menghadirkan cita rasa kaya dan gurih, dengan daging yang memiliki tekstur empuk dan bumbu yang meresap. Harga Sop Sapi Minarwati bervariasi, mulai dari Rp2.000,00 hingga Rp30.000,00.

Lokasinya di lantai 2 Pasar Kranggan, Jl. Pangeran Diponegoro, Bumijo, Kec. Jetis, Kota Yogyakarta. Sop Sapi Minarwati melayani pelanggan setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 21.00. Para wisatawan dapat menikmati hidangan ini sebagai pilihan untuk sarapan, makan siang, ataupun makan malam.