Tour Labuan BajoTerkenal dengan pesona pantainya yang memanjakan mata, Labuan Bajo juga dikenal dengan berbagai kulinernya yang berbahan dasar seafood. Berkunjung ke Labuan Bajo tentu saja kurang lengkap jika tidak menikmati hasil lautnya yang kaya.

Kampung Ujung, lokasi yang terkenal dengan berbagai olahan seafood yang masih segar ini adalah lokasi terbaik jika kamu ingin berwisata kuliner berbahan dasar seafood. Ini dia beberapa info yang bisa kamu ketahui sebelum berkunjung ke Kampung Ujung Labuan Bajo dan berwisata kuliner.

 

Pusat Kuliner Seafood Labuan Bajo

Credit: Okezone Travel

Awalnya berasal dari jajaran penjual seafood pinggir jalan selayaknya penjual street food pada umumnya, Kampung Ujung ini akhirnya oleh pemerintah ditata dan dikelola dengan baik sampai akhirnya menjadi lokasi yang lebih tertata.

Menjadi pusat penjualan olahan seafood, tentu kamu dapat menemukan mulai dari olahan udang, ikan, lobster, dan berbagai hewan laut lainnya di sini. Tidak heran tempat yang buka dari pukul 5 sore sampai 12 malam ini tidak pernah sepi pengunjung. Sebagai informasi tambahan, bahkan ada beberapa penjual yang menjajakan dagangannya hingga dini hari.

 

Menggunakan Kupon

Credit: Indonesian Food Blogger

Seperti namanya, transaksi di tempat ini dilakukan dengan menggunakan kertas khusus yang juga dikenal dengan kupon. Kupon ini didapat dengan menukarkan sejumlah uang sebelum masuk ke Kampung Ujung. Kemudian wisatawan dapat menukarkan kupon-kupon ini dengan berbagai makanan sesuai dengan angka yang tertera di kupon.

Kupon ini sendiri memiliki berbagai pecahan yang tertera di atasnya. mulai dari Rp20.000,00 hingga Rp100.000,00. Jangan khawatir kehabisan kupon di tangan kamu, jika kamu sudah tidak ada kupon lagi yang bisa digunakan, kamu bisa menukarkan kembali uang tunai kamu untuk mendapat kupon lagi.

 

Baca Juga : Ayana Komodo Resort, Resort Mewah View Laut terbaik di Labuan Bajo

 

Bukan Hanya Seafood

Meskipun terkenal dengan berbagai olahan seafood nikmat dengan citarasa menggoyang lidah, di Kampung Ujung Labuan Bajo ini juga menjual berbagai kuliner lainnya, seperti soto, bakso, dan nasi goreng

Selain itu, di Kampung Ujung Labuan Bajo ini juga terdapat penjual jus yang mencolok dengan berbagai buah dan sayur yang cukup lengkap. Jus ini juga terkenal di kalangan wisatawan karena penjualnya yang tidak banyak menambahkan air sehingga citarasa asli dari bahan yang terkandung masih terasa dengan jelas.

 

Berbagai Pilihan Seafood dengan Berbagai Pilihan Pengolahan

Namanya saja sudah pusat kuliner seafood, pasti ada berbagai pilihan menu seafood dengan berbagai ukuran. Mulai yang ukurannya kecil seperti udang, sampai ikan kerapu yang ukurannya besar. Berbagai udang, ikan kerapu, ikan kakap, kepiting, lobster, gurita, serta cumi, semuanya ada disini.

Ukurannya pun bermacam-macam dan bisa dipilih sesuai keinginan kamu, tentu dengan harga tiap olahan yang tergantung dari seberapa besar bahan utamanya. Meskipun begitu, soal harga sepadan dengan citarasanya yang benar-benar nikmat.

Bukan hanya beragam seafood mentah sebagai bahan baku utama, cara memasak seafood di Kampung Ujung Labuan Bajo ini juga bukan cuma satu. Wisatawan bebas memilih sesukanya dan tergantung minat. Bisa dibakar, digoreng, hingga diolah menjadi sajian asam manis.

Menurut pedagang yang ada di Kampung Ujung Labuan Bajo, teknik memasak dengan cara dibakar adalah teknik yang paling digemari wisatawan. Sebagai pilihan teratas, ada ikan kerapu, kakap merah, udang dan cumi yang bisa menjadi pilihanmu jika kamu bingung ingin mencicipi apa.

 

Selain itu, kamu juga bisa bernegosiasi dengan para pedagang agar mendapatkan harga yang cocok lho. Tunggu apalagi? Ayo berburu seafood di Kampung Ujung Labuan Bajo!

 

Baca Juga : 6 Hotel Labuan Bajo, Tanpa Keluar dari Hotel pun Tetap Berasa Liburan

 

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali