Hotel Labuan Bajo – Pulau yang terletak di Nusa Tenggara Timur ini merupakan salah satu destinasi wisata dari 10 destinasi super prioritas yang akan menjadi arah perkembangan pariwisata di Indonesia. Selain itu, kawasan Labuan Bajo juga direncanakan sebagai destinasi wisata super premium yang mengarah ke promosi global.

Pulau Komodo dan keindahan wisata baharinya menjadi daya tarik utama bagi wisatawan. Taman Nasional Komodo masuk dalam World Heritage Site dan Man & Biosphere Reserve oleh UNESCO pada tahun 1980. KSPN Labuan Bajo meliputi Pulau Komodo, Pulau Rinca, dan Pulau Padar.

Sebagai salah satu warisan budaya dunia, tidak heran jika minat dan kunjungan ke kawasan ini tak pernah sepi. Bahkan, banyak objek wisata lain disekitarnya yang tak kalah indahnya. Ketika berlibur, tentu kamu menginginkan tempat menginap yang nyaman.

Nah, berikut LABIRU rekomendasikan 6 hotel di Labuan Bajo dengan fasilitas dan pelayanan profesional yang akan membuat liburanmu jadi nyaman dan menyenangkan. Bukan untuk mengistirahatkan badan saja, kamu akan merasa dalam suasana liburan 24 jam bahkan ketika kamu tidak beranjak dari hotel sekalipun.

AYANA Komodo Waecicu Beach (Credit: CASA Indonesia)

AYANA Komodo Resort, Waecicu Beach

Hotel bintang 5 atau resort terbaik di Lab ini dengan pelayanan profesional dan fasilitas yang cukup lengkap. Resort pertama di Pantai Waecicu ini berhadapan langsung dengan lautan. Bahkan, memiliki pelabuhan khusus sendiri sebagai tempat bersandar kapal-kapal speed boat hingga phinisi milik resort.

Memiliki arsitektur dan desain interior yang modern berpadu dengan sentuhan cultural-heritage. Warna putih dan coklat pastel mendominasi hampir setiap sudut resort. Memberikan kesan elegan dan mewah dengan sedikit sentuhan klasik tradisional. Apalagi kamu akan disuguhkan dengan panorama laut dari segala sisi.

Resort ini memiliki banyak ruang terbuka yang mengarahkanmu ke arah pemandangan pantai dan laut. Untuk setiap kamar di hotel ini juga memiliki pintu dan jendela kaca, serta balkon yang berhadapan langsung dengan view laut dari ketinggian. Kamu akan mendapatkan fasilitas standart hotel bintang lima. Tarif per malam mulai dari 4 juta-an per kamar.

Fasilitas lainnya, ada banyak venue indoor dan outdoor untuk kebutuhan event, bisnis, hingga wedding hall. Terdapat kolam renang, fasilitas kebugaran, kid’s club, yoga deck, gym, dan 7 restoran yang mengusung jenis kuliner, bahkan konsep yang sangat berbeda. Kamu juga dapat menikmati layanan tambahan seperti charter sailing boat untuk eksplorasi pulau sekitar dan keindahan bahari Labuan Bajo.

 

Plataran Komodo Resort & Spa

Plataran Komodo Resort & Spa

Plataran Komodo Resort & Spa

Plataran Group memiliki banyak resort yang tersebar hampir di setiap destinasi utama paling populer di Indonesia dan selalu menyisipkan konsep cultural-heritage klasik yang khas tanpa kehilangan kesan mewahnya. Warna putih dan coklat mendominasi hampir di setiap sudut interior dalam dan luar ruangan.

Resort mewah dengan fasilitas dan pelayanan kelas terbaik ini menawarkan pengalaman private seperti kamu sedang menginap di pulau pribadi karena hanya ada belasan villa saja. Sangat cocok untuk kamu yang ingin mencari ketenangan, self-healing, bulan madu, atau solo staycation. Tarif per malam mulai dari 3,3 juta-an.

Ada beberapa jenis villa yang bisa menjadi pilihanmu. Beachfront Villa berhadapan langsung dengan bibir villa, Grand Pool Villa memiliki kolam renang pribadi, Exclusive Modern Residence memiliki teras yang luas dengan panorma laut, Garden Villa dengan suasana yang asri, Duplex Villa yang cocok untuk rombongan besar, dan Founder’s Home yang terletak di atas bukit dengan infinity pool.

Fasilitas restoran menawarkan 3 konsep yang berbeda. Xanadu menawarkan pengalaman barbeque atau candle light dinner di bawah bintang-bintang dengan suasana yang sangat romantis. Atlantis On The Rock menawarkamu makan di deck beratap tepi pantai dengan view sunset terbaik. Sedangkan, Atlantis Beach Club berada di ruang terbuka tepi pantai.

Resort ini juga menyediakan banyak venue meeting, meeting, hingga wedding. Kamu juga bisa menikmati fasilitas tambahan seperti makan malam romantis di pantai, snorkling, piknik, berkunjung ke seafood market, sarapan di bukit sembari menikmati sunrise, dan ekplore Goa Rangko.

 

Loccal Collection Hotel

Loccal Collection Hotel

Loccal Collection Hotel

Ingin menginap dengan di Santorini? Hotel di Labuan Bajo satu ini mengusung tema estetik, simple, dan elegan. Arsitektur dan desain interiornya sangat mirip dengan konsep bangunan di Santorini. Warna putih dan biru mendominasi bangunan hingga interior. Kamu juga dapat menikmati panorama laut dan sunset dari spot terbaik di kawasan ini.

Hotel ini memiliki beberapa tipe villa yang bisa menjadi pilihanmu, seperti Standart Room, Cave Room, Deluxe Room, Wehang Suite, Lentar Suite, Hempa Rae Suite, Villa Sano Nggoang, Villa Cunca, dan Villa Rangko/Batu Cermin. Masing-masing villa mempunyai konsep dan keunikan tersendiri. Harga kamar per malam mulai dari 1,6 juta-an.

Terdapat restoran semi terbuka yang menyuguhkan panorama eksotik lautan Labuan Bajo. Fasilitas lainnya, ada Cave Spa, Gym, Manta Galleries, dan paket wisata untuk explore kawasan menggunakan speed boat. Kamu juga bisa menikmati panorama sembari bersantai di infinity pool. Bagi kamu pecinta konsep simple & elegant ala Santorini, wajib ke hotel ini.

 

Sudamala Resort

Sudamala Resort, Seraya (Credit: Planetofhotels)

Sudamala Resort, Seraya

Ingin merasakan pengalaman menginap di bungalow tepi pantai ala villa honeymoon Edward & Bela dalam film Twilight? Duh, wajib nih ke resort romantis ini. Mengusung konsep kehidupan tropis dengan desain rustic wooden yang didominasi warna putih, coklat dan pastel membuat setiap sudut ruangan didesain dengan sangat estetik dan cozy

Luxury resort ini menerapkan prinsip eco-friendly. Mengoperasikan sistem penyulingan air sendiri dan sistem AC hybrid menggunakan pemanas ari untuk menghemat konsumsi listrik yang terbatas di pulau ini. Tamu yang menginap juga harus membatasi penggunaan plastik.

Kamu bisa memilih tipe Panorama Villa atau Beach Bungalow. Tipe Panorama Villa cocok bagi kamu yang ingin mengutamakan kenyamanan privasi. Resort ini memang dirancang sebagai tempat honeymoon atau liburan romantis. Terdapat pancuran luar ruangan dan dek kayu yang langsung menghadap ke laut. Kalau kamu butuh, connecting-bungalow juga tersedia.

Tarif per malam untuk menginap di resort ini mulai dari 6,7 juta-an. Menawarkan fasilitas lengkap dan pelayanan profesional. Selain menginap, kamu juga bisa menikmati fasilitas tambahan lainnya seperti romantic dinner, gym, spa, dan tempat khusus untuk mengadakan event maupun pernikahan.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan jasa tambahan seperti Panoramic Sunset Point, diving, kayaking, snorkeling, dan aktivitas wisata air lainnya.

 

Meruorah Hotel

Meruorah Komodo Hotel (Credit: MeruHotels)

Meruorah Komodo Labuan Bajo

Hotel ini berlokasi strategis tidak jauh dari pelabuhan Labuan Bajo dan berbagai fasilitas lain seperti Starbuck, KFC, dan berbagai toko pakainan branded, Kopi O, Janji Jiwa dan masih banyak lagi. Hotel mewah ini memiliki 145 rooms and suites. Ada beberapa tipe kamar yang bisa kamu pilih dengan fasilitas lengkap standart hotel bintang lima.

Tarif per malam untuk menginap di sini mulai dari 1,6 juta-an dengan fasilitas lengkap dan tingkat kenyaman tinggi. Kamu bisa memilih tiper kamar The Signature Hill View, The Signature Sea View, The Horizon Hill View, The Horizon Sea View, The Phinizy, dan The Presidential Suite. Kamar didominasi dengan interior berwarna putih dan coklat elegan.

Hotel ini juga menawarkan berbagai paket wisata, paket dinner, dan special occasion. Fasilitas yang bisa kamu nikmati di hotel ini di antaranya, Bayfit Fitness Center, Infinity Pool, Commercial Area, Spa Wellness Center, Meeting/Convention Venue, dan restoran. 

 

Le Pirate Island (Original by Le Pirate)

Le Pirate Island

La Pirate Island

Ingin merasakan pengalaman bermalam di pantai atau self-healing? Glamping ini cocok untuk menjadi pilihanmu. Bagi kamu yang sedang jenuh dan hendak melarikan diri sejenak dari hiruk pikuk kesibukan dan keramaian kota. Kamu bisa coba glamping di tepi pantai. Hanya ada suara debur ombak dan penginapan yang cozy.

Tidak seperti hotel lainnya, Le Pirate Island merupakan tempat glamour camping yang ada tepat di bibir pantai. Kamu bisa tiduran sambil menikmati panorama pantai dan suara ombak yang menenangkan. Tapi, tenang, tempat ini dipantau 24 jam oleh pengelola dengan pelayanan profesional. Memberikan pengalaman menginap bak di pulau pribadimu sendiri.

Ada 3 tipe glamping atau glamour camping yang bisa menjadi pilihanmu, yaitu Beach Front Backstage, dan Huts. Ketiganya mengusung konsep kehidupan tropical dengan desain kayu rustic beratap anyaman. Di tempat ini tidak ada jaringan seluler dan merupakan zona bebas drone. Jadi, liburanmu sangat private dan tidak akan terganggu dengan dunia luar.

Untuk menginap di La Pirate Island, kamu perlu merogoh kocek sekitar 1 juta-an per malamnya. Meskipun resort ini tidak banyak menyediakan fasilitas seperti hotel modern pada umumnya seperti air panas dan AC. Namun, kamu bisa menikmati sejuk alami suasana pantai. Kamu juga bisa menikmati kuliner laut hingga hidangan menu vegetarian (pre-order). 

Baca Juga:
Ayana Komodo Resort, Resort Mewah View Laut Terbaik di Labuan Bajo
5 Destinasi Bulan Madu Impian Di Bumi Pertiwi Yang Bisa Kamu Jadikan Referensi

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda