Provinsi D.I Yogyakarta saat ini banyak memiliki destinasi wisata baru termasuk destinasi wisata di Kabupaten Bantul. Dahulu, Kabupaten Bantul hanya terkenal dengan Pantai Parangtritis saja. Selebihnya, wisata Bantul tidak begitu dilirik. Tetapi saat ini, Kabupaten Bantul mulai berbenah dan banyak mengembangkan potensi daerahnya menjadi berbagai obyek wisata yang menarik dikunjungi. Salah satu wisata yang banyak menjadi tujuan wisatawan adalah di Seribu Batu Songgo Langit.

Seribu Batu Songgo Langit berlokasi tidak jauh dari hutan pinus. Mungkin agak sedikit asing bila mendengar nama Seribu Batu Songgo Langit. Namun jika menyebut nama Rumah Hobbit, maka banyak orang yang familiar.

Rumah Hobbit

Rumah Hobbit (Cr : Google)

 

Sejarah Nama

Seribu Batu Songgo Langit

Seribu Batu Songgo Langit (Cr : Google)

Nama Seribu Batu Songgo Langit memiliki makna tersendiri. Sebelum jadi tempat wisata, di lokasi ini terdapat ratusan bahkan ribuan batu dan pastinya hutan pinus. Songgo langit berarti penyangga langit, hal ini dikarenakan di Seribu Baru Songgo Langit terdapat bukit yang seakan akan merupakan tiang dari langit. Seribu Batu Songgo Langit merupakan tempat wisata di kawasan Dlingo yang menawarkan berbagai macam atraksi wisata, namun kebanyakan adalah spot foto. Spot foto di Seribu Batu hampir semuanya anti mainstream. Kamu akan menemui beberapa spot foto dalam empat bagian di tempat wisata ini.

 

Daya Tarik

Seribu Batu Songgo Langit

Rumah dongeng seribu kayu (Cr : Google)

Memasuki gerbang Seribu Batu Songgo Langit anda diharuskan untuk menuruni tangga yang terbuat dari kayu untuk mencapai spot pertama. Spot pertama ini menawarkan rumah dongeng seribu kayu. Spot ini berbentuk rumah kecil-kecil yang menyerupai rumah kurcaci dalam dongeng. Terdapat tujuh buah rumah kurcaci yang ditata secara mengerucut sehingga akan menciptakan angle foto yang bagus.

Berjalan sekitar 200 meter, wisatawan akan ditawarkan sebuah wahana yang mampu memacu adrenalin. Tetapi, wahana ini hanya dikhususkan untuk anak-anak saja. Wahana Flying fox yang dikenakan tarif sebesar 20 ribu rupiah. Banyak anak-anak yang mencoba Flying fox ini sehingga, perlu antri agar bisa menikmati.

 

Fasilitas

Rumah Hobbit Songgo Langit

Rumah Hobbit Songgo Langit (Cr : Google)

Sepanjang perjalanan akan dipenuhi dengan pepohonan yang menjulang tinggi, wisatawan akan disambut dengan sebuah gubug dan taman kecil yang begitu menggemaskan.

Gubug ini menyediakan aneka macam kuliner yang bisa dinikmati sembari melihat pemandangan perbukitan yang indah nan luas. Di perbukitan ini, terlihat sawah sukorame yang juga menjadi hits di kalangan wisatawan sebagai salah satu titik foto. Suasana yang begitu mempesona dan meneduhkan hati. Wisatawan bisa menghabiskan waktu cukup lama.

Ada pula permainan ayunan yang berjumlah tiga buah, serta sebuah taman kecil dengan sebuah kincir angin yang imut dan menggemaskan. Berada di tempat ini tidak bisa hanya sebentar saja. Melainkan, membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain mengambil berbagai sudut foto, menikmati keteduhan dan kesejukan ini yang menjadi alasan utama.

Dari segi harga, terbilang cukup murah. Para pedagang tidak memanfaatkan tempat wisata untuk menaikkan harga atau yang biasa disebut dengan “Ngepruk”. Mereka akan memberikan harga sesuai dengan rasa dan tempat yang mereka punya.

Lokasi

 (Cr : Google)

Seribu Batu Songgo Langit berlokasi di Jl. Hutan Pinus Nganjir, Sukorame, Mangunan, Kec. Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Bagi wisatawan yang ingin pergi ke sini, bisa mengarahkan kendaraan melalui jalan imogiri.

Agar lebih memudahkanmu dalam menuju lokasi, kamu bisa membuka google maps dengan mengetikkan keywords “Seribu Batu Songgo Langit” atau kamu bisa klik link berikut ini https://maps.app.goo.gl/uZhnrsHSDzELB1FSA

 

Jam Opersional dan Harga Tiket Masuk

Jembatan Songgo Langit

Jembatan Songgo Langit (Cr : Google)

Destinasi ini buka mulai pukul 06.00 WIB hingga pukul 21.00 WIB. Kamu akan dikenai biaya masuk sebesar Rp 5.000/ orang dan jika kamu membawa kendaraan akan dikenai retribusi parkir Rp 2.000/motor ata Rp 5.000/mobil.

Nah itu dia informasi-informasi mengenai Seribu Batu Songgo Langit. Menarik bukan? Kamu bisa memasukkan destinasi ini ke dalam list tujuan wisatamu. Semoga liburanmu menyenangkan 😊

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda