Wisata YogyakartaYogyakarta adalah kota yang kaya akan keindahan alamnya, baik itu hutan, danau, dan berbagai tempat-tempat indah lainnya. Semua destinasi wisata ini pastinya menyajikan pesona alami dan asri dari alamnya yang dengan sukses memikat hati masyarakat. 

Salah satunya adalah Sungai Mudal, destinasi alam yang menawarkan pengalaman unik dan menyegarkan bagi para pengunjung. Mari kita telaah lebih dalam mengenai daya tarik, lokasi, harga tiket masuk, dan aktivitas yang dapat dinikmati di Sungai Mudal sebagai persiapanmu jika ingin berkunjung.

 

Daya Tarik

Credit: Dinas Pariwisata Kulon Progo

Sungai Mudal memikat wisatawan dengan keindahan alamnya yang masih alami. Air sungai yang jernih dan bersumber dari sebuah goa mengalir di antara pepohonan hijau dan bebatuan alami, menciptakan suasana yang menenangkan.

Para pengunjung dapat menikmati keindahan panorama alam sepanjang Sungai Mudal yang dipenuhi dengan flora dan fauna yang unik.

Salah satu yang menjadi daya tarik dari Sungai Mudal adalah kolam alami yang seringkali menjadi tempat berenang wisatawan yang berkunjung.

Kolam-kolam alami ini terbentuk oleh aliran air yang tenang di antara batuan alami. Air dengan warna biru tosca yang jernih dan menyegarkan, menciptakan suasana pemandian yang alami dan damai.

Tentu saja tidak lupa dengan air terjun kecil dengan jejeran tanaman bagaikan taman di sekitarnya. Air terjun yang turun menuju kolam alami dalam bentuk undakan bertingkat ini juga menjadi sasaran hunting foto oleh wisatawan.

Airnya yang berasal dari curug akan mengalir jatuh ke dalam kolam alami dan memperjelas warna biru tosca air yang bersinar ketika terkena sinar matahari.

Pepohonan hijau yang merimbun memberikan naungan sejuk di sekitar kolam, menciptakan suasana yang nyaman untuk beristirahat. Suara gemericik air sungai yang mengalir menambah ketenangan dan menjadi nilai tambah untuk pemandangan sekitar Sungai Mudal.

 

Lokasi dan Jam Operasional

Credit: Camera Wisata

Sungai Mudal terletak di Dusun Banyunganti, Desa Jatimulyo, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Kamu bisa ke sini dengan akses yang mudah dijangkau, yaitu dengan menggunakan berbagai moda transportasi seperti mobil atau sepeda motor.

Untuk jam operasional Sungai Mudal sendiri, tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 16.00 WIB. Jadi kamu tidak perlu khawatir berkunjung ke sana saat Sungai Mudal sedang tidak beroperasi bukan?

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan musim ketika berkunjung ke Sungai Mudal ya! Pasalnya pada musim hujan, debit air kemungkinan akan bertambah dan jadi lebih berbahaya. Karena itu, disarankan agar berkunjung ke sungai ini saat musim kemarau saja.

 

Baca Juga: Bingung Berkunjung ke Keraton Yogyakarta Bisa Ngapain Aja? Cocok untuk Liburan Keluarga

 

Aktivitas yang Dapat Dilakukan

Credit: Merapi Adventure

Ada beberapa aktivitas selain berenang di kolam alami biru tosca Sungai Mudal yang dapat anda lakukan ketika berkunjung ke destinasi wisata alami ini. 

Mulai dari rafting, trekking, berfoto ria, piknik riverside bersama keluarga atau teman, flying fox, dan juga berkemah.

Kegiatan sebanyak ini yang bisa kamu lakukan saat berkunjung, apa kamu tidak tergoda?

 

Harga Tiket

Untuk bisa masuk dan menikmati segala keindahan Sungai Mudal, kamu cukup membayar biaya tiket masuk sebesar Rp10.000,00 per orang.

Dan jika kamu ingin mencoba beberapa wahana yang tersedia, kamu akan dikenakan biaya terpisah sebagai tambahan.

Yaitu untuk sewa pelampung sebesar Rp5.000,00 dan flying fox Rp15.000,00. Untuk biaya parkir, kendaraan roda dua dikenai biaya sebesar Rp2.000,00, sedangkan roda empat sebesar Rp4.500,00.

 

Fasilitas

Credit: Detik

Sungai Mudal memiliki fasilitas yang cukup lengkap sebagai penunjang kegiatan berwisata mengingat tempat ini adalah salah satu lokasi wisata unggulan di daerah Kulon Progo.

Fasilitasnya terdiri dari mushola, tempat makan, tempat parkir, gazebo, akses wifi, berbagai macam wahana dan juga toilet.

Sungai Mudal Yogyakarta bukan hanya sekadar destinasi wisata alam, tetapi juga merupakan tempat untuk melepas penat dan mengisi energi positif.

Dengan kombinasi daya tarik alam, harga tiket yang terjangkau, dan beragam aktivitas seru, Sungai Mudal bisa menjadi pilihan ideal bagi mereka atau kamu yang mencari pengalaman wisata yang berbeda.

 

Baca Juga: Hotel Bintang 3 di Jogja Dekat Malioboro, Ada Kolam Renang – Yogyakarta

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta