Surga biru dari Indonesia. Berbicara keindahan Indonesia yang tidak ada habisnya, keindahan laut biru tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Jika berbicara warna air, kamu pasti sudah tahu bahwa air memiliki warna bening seperti yang selama ini sering kamu temui.

Tapi kali ini kamu akan menemui air-air berwarna biru saat mengunjungi tempat ini. Lho kok bisa? Bisa dong~

Kali ini Labiru akan membahas mengenai surga-surga biru tersembunyi untuk kamu datangi. Penasaran dimana saja tempat-tempat menawan yang wajib kamu datangi kali ini? Nah simak langsung saja yuk!

Daftar Surga Biru dari Indonesia

Danau Biru

Untuk menemui Surga biru dari Indonesia yang pertama, perjalanan akan dimulai dengan mengeksplor Kolaka Utara, Sulawesi Tenggara.

Kolaka Utara adalah salah satu kabupaten di Propinsi Sulawesi Tenggara sekitar 5 jam waktu tempuh dari pusat kota Kendari

Di perjalanan menuju sebuah danau yang katanya tersembunyi ini kamu akan disuguhi pemandangan di kanan kiri yang ditumbuhi pohon kelapa dan rumput-rumput liar.

Tidak salah memberi nama, saat sampai di danau ini kamu langsung bisa melihat bagaimana warna biru yang ditampakkannya. Sungguh luar biasa saat kamu memandang langsung dengan mata kepala.

Inilah danau biru, Surga Biru dari Indonesia ini berada di desa Walasiho kabupaten Kolako Utara, Sulawesi utara.

Jika sudah melihat air tidak lengkap rasanya apabila tidak bermain dengannya. Air di sini merupakan air payau di mana percampuran air asin dan air tawar menjadi satu.

Selain berenang kamu juga bisa menikmati keindahan dinding-dinding batu karang yang mengelilingi danau ini sambil berayun santai di atas ban nih.

Angin yang sejuk, suasana yang sepi, semakin melengkapi kenikmatan kolam pribadi di danau ini.

Lanjut menuju surga biru selanjutnya nih, dari kabupaten Kolako Utara kamu bisa bergeser sedikit ke arah perbatasan kabupaten Kolaka. Sebelumnya sudah mengunjungi danau biru, kini giliran sungai terpendek menarik yang bisa kamu kunjungi di kabupaten ini.

Sungai Tamborasi

Sungai Tamborasi terkesan seperti sebuah danau saat pertama kamu sampai di sini, tapi aliran air yang mengalir di sini membuktikan bahwa ini adalah sungai.

Air dari Surga Biru dari Indonesia ini berasal dari sebuah mata air yang berada di antara bebatuan tebing di ujung sana, airnya berwarna hijau dan sangat tenang sekilas mirip dengan air danau tapi sejatinya air di sini mengalir hilir di sungai ini pun berhubungan langsung dengan laut pantai Tamborasi.

Selain itu air di sini sangat dingin seperti air es, buat kamu yang tidak kuat dingin sepertinya perlu berpikir ulang untuk bermain air di sini.

Walau terbilang sangat kecil menariknya sungai ini masih sangat asri, airnya yang berwarna kehijauan sangat berbeda dengan kebanyakan sungai-sungai besar di wilayah perkotaan.

Oiya, konon katanya Surga Biru dari Indonesia ini adalah sungai terpendek di dunia karena panjangnya hanya sekitar 20 meter saja.

Belum selesai sampai di sini keindahan Indonesia yang biru banget. Setelah ini kamu akan kembali melihat bagaimana Tuhan maha adil menciptakan sisi indah di setiap bagian bumi.

Danau Weekuri

Berada di Sumba Barat ini kamu bisa menemukan surga biru selanjutnya, Danau Weekuri, akses ke tempat ini sudah cukup mudah kali ini berbeda jauh saat pertama kali danau ini di temukan.

Perjalanan 2 jam lebih dari Tambolaka pusat kota Sumba Barat Daya tidak akan sia-sia saat kamu sudah melihat pemandangan yang luar biasa.

Surga Biru dari Indonesia dari Sumba Barat

Sungguh mempesona sampai tidak bisa tertulis dengan kata-kata. Surga Biru dari Indonesia ini sudah menjadi wisata andalan dari kabupaten Sumba Barat Daya.

Air di sini lumayan segar karena merupakan perpaduan air laut dan air tawar. Banyak spot yang sudah dibangun di sini, salah satunya spot loncat yang bisa kamu nikmati.

Menyelam di danau ini juga bisa membuatmu semakin menyadari, indahnya alam bahari yang Indonesia miliki.

Dari Sumba, sekarang saatnya kamu berpindah lagi dan melihat kebiruan di Bali. Dimana kali ini?

Tembeling Waterfall

Inilah perjalanan selanjutnya, mata air atau Tembeling waterfall ini berada di desa Batu Made, untuk menjangkau tempat ini kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih setengah jam nih.

Surga Biru dari Indonesia dari Bali
Surga Biru dari Indonesia dari Bali

Di kanan kiri selama perjalan, kamu akan menemukan banyak jurang dan berbagai macam tumbuhan dan pohon dengan subur, terdapat juga tebing-tebing tinggi serta curam. Wah hati-hati ya!

Saat kamu sampai di sini kamu akan menemukan tiga Pelinggi, Pelinggi tersebut di beri nama pura pacuhan tembeling.

Bentuknya beneran seperti kolam pribadi nih, wah amazing!

Kolam di sini dibagi menjadi dua, kolam pemandian untuk pria dan kolam pemandian untuk wanita jadi dipisah gitu. Oiya untuk perempuan yang sedang haid kamu tidak boleh mandi di sini ya, karena ini merupakan tempat pemandian suci.

Keindahan yang ada di mata air Tembeling ini mampu membayar kelelahan di perjalanan, kolam yang cukup besar ini bisa memanjakan badan untuk berenang.

Kolam mata air yang untuk perempuan langsung berbatasan dengan pantai. Wah bonus tuh ya! Meski mata air ini langsung berhadapan dengan pantai, tapi air di sini rasanya tawar.

Suara deburan ombak yang menabrak karang menambah keseruan, suasana asri dari alam yang sekali lagi menghipnotis diri.

Berpindah menelusuri surga biru yang tidak ada habisnya di Indonesia, kamu bisa mengunjungi pulau Maluku Utara.

Pulau Bair

Salah satu pulau yang masih sangat asing di telinga kita ini ada di Maluku Utara. Serpihan surga sangat tepat untuk memanggil pulau ini, karena setiap sudutnya memiliki keindahan surga yang jatuh ke bumi.

Pulau Bair Maluku Utara - Surga Biru dari Indonesia
Spot Pulau Bair Maluku Utara

Pulau bair seperti primadona yang akan menarik bagi siapa pun yang melihatnya, jika di lihat dari atas pulau ini memiliki dua teluk dengan air yang jernih dan tenang dan di kelilingi tebing batu di sekitarnya.

Destinasi impian selanjutnya yang patut kamu kunjungi nih, berenang di air yang super jernih ini berasa seperti di kolam pribadi.

Buat kamu yang mau kesini, pastikan dulu pasang-  surutnya air laut ini ya, karena jika kamu datang kesini saat air surut, seakan percuma karena kamu tidak bisa lama-lama menikmati keindahan pulau ini.

***

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menikmati alam ini, tapi yang terpenting adalah bisa selalu menjaganya. Selamat menambah destinasi impian liburanmu ya!

Jangan lupa untuk mengkonsultasikan liburan kamu bersama Tour Advisor Labiru Tour. Hubungi Labiru Tour di 0813-2689-4433 atau email [email protected]

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda