Liburan ini mau kemana, ya? Ada banyak lho tempat wisata menarik di Indonesia, mulai dari pegunungan sampai laut. Tapi ngomong-ngomong soal laut kayaknya wisata bawah laut bisa jadi pilihan liburan yang beda deh.  2/3 wilayah Indonesia kan berupa perairan jadi pastinya Indonesia punya banyak situs wisata bawah laut yang mengagumkan. Seperti Taman lautnya, Taman laut adalah tempat perlindungan kawasan atau ekosistem bawah laut. Ya Taman laut di Indonesia memang memiliki keindahan yang bahkan sudah terkenal hingga ke mancanegara. 

Mau tahu apa saja Taman laut di Indonesia yang indahnya seperti di surga? Baca ulasan Labiru dibawah ya.

Daftar Taman Laut di Indonesia

1. Taman Laut Bunaken

taman laut bunaken

Taman Nasional Laut Bunaken, Sulawesi Utara

Taman laut di Indonesia yang pertama adalah Bunaken. Walaupun belum pernah kesana, pastinya kamu sudah tidak asing lagi kan dengan taman laut ini. Bunaken yang terletak di Sulawesi Utara memang sudah terkenal dengan keindahan taman lautnya seperti surga duniawi. Entah itu di Indonesia maupun di luar negeri. Taman laut Bunaken merupakan rumah bagi sekitar 390 spesies koral, berbagai jenis binatang laut seperti ikan hiu, ikan pari, kuda laut, mandarin fish, kura-kura, mamalia laut, dan moluska. Setidaknya ada sekitar 20 titik penyelaman yang bisa kamu coba di Taman laut Bunaken dengan kedalaman yang bervariasi hingga 1.344 meter.

2. Taman Laut Banda

Surga bawah Laut terindah dunia

Taman Laut Banda, Maluku

Taman laut Banda berada di Kabupaten Maluku Tengah. Taman laut yang indah seperti surga ini berada di gugusan Pulau Neira, Pulau Gunug Api, Pulau Ai, Pulau Sjahrir, dan Pulau Hatta. Memiliki sekitar 310 jenis terumbu karang dan sekitar 871 spesies ikan serta populasi hiu, kerapu, dan kerang purba membuat taman laut Banda menjadi salah satu taman laut yang indah di Indonesia bahkan di dunia. Selain itu pada tahun 2006 taman laut Banda dipilih menjadi kawasan warisan dunia untuk surga bawah laut. Kamu bisa melakukan banyak kegiatan bahari di taman laut ini. Mulai dari diving, snorkeling, fish feeding, berenang, hingga berfoto bawah air. 

3. Taman Laut Raja Ampat

Taman Laut Raja Ampat

Kepulauan Raja Ampat

Taman laut Raja Ampat berada di Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat. Kepulauan Raja Ampat memiliki empat pulau utama, yaitu Misool, Salawati, Bantata, dan Waigeo. Taman laut Raja Ampat merupakan taman laut di Indonesia yang terbesar dan menjadi rumah bagi sekitar 537 spesies koral atau 75% dari total spesies koral di dunia, lebih dari 1.000 spesies ikan karang, dan 700 jenis moluska. Kamu bisa melihat ikan pari manta, wobbegong, snapper, tuna, dan barracuda jika menyelam di taman laut ini. Sebagai penghobi diving dan kegiatan underwater, tentunya Raja Ampat wajib masuk whislist yang harus kamu kunjungi. 

4. Taman Laut Kepulauan Derawan

taman laut terindah di dunia

Taman laut Kepulauan Derawan

Taman laut ini terletak di Kecamatan Derawan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, taman laut Kepulauan Derawan ini memiliki setidaknya 28 spot menyelam yang sudah diakui oleh dunia Internasional. Keanekaragaman hayati bawah lautnya dapat kamu nikmati di spot – spot menyelam yang pastinya sangat indah. Kamu bisa  menjumpai 460 jenis terumbu karang dan sekitar 832 spesies ikan karang jika menyelam di taman nasional ini.

5. Taman Laut Selat Pantar

Taman laut Selat Pantar, Nusa Tenggara Timur

Nusa Tenggara Timur punya taman laut yang sangat keren. Taman laut Selat Pantar namanya. Taman laut Selat Pantar melingkupi kawasan  Pulau Alor Besar, Alor Kecil, Dulolong, dan beberapa pulau kecil lainnya. Taman laut ini memiliki sekitar 26 titik menyelam yang dapat kamu nikmati. Namun yang paling menarik bagi wisatawan yaitu spot Shark Close yang mana merupakan tempat berkumpulnya ikan hiu.

6. Taman Laut Takabonerate

Taman Laut Takabonerate, Sulawesi Selatan - pantai taman laut terbesar di indonesia

Taman Laut Takabonerate, Sulawesi Selatan

Nama taman nasional yang berada di Provinsi Sulawesi Selatan ini mungkin masih asing di telinga kamu. Tapi Taman Nasional Takabonerate ini merupakan kawasan atol terbesar ketiga di dunia dan telah diusulkan untuk menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO sejak tahun 2005. Ada sekitar 15 pulau di taman nasional ini yang kesemuanya memiliki keindahan luar biasa. Kamu tidak akan menyesal berlibur ke Taman Nasional Takabonerate ini karena Taman Nasional Takabonerate tak kalah dengan Maladewa

7. Taman Laut Kepulauan Togean

Taman Laut Kepualauan Togean

Taman laut Kepualauan Togean

Taman laut di Indonesia selanjutnya adalah Kepulauan Togean terdapat di Teluk Tomini Sulawesi Tengah. Taman laut ini mempunyai terumbu karang yang terdiri dari 262 jenis dengan luas sekitar 132.000 ha dan menjadi habitat bagi sekitar 596 jenis ikan, 555 jenis moluska, beberapa satwa langka seperti kima raksasa, penyu hijau, penyu sisik, dan paus pilot. Taman laut yang indah di Indonesia ini juga masuk ke dalam wilayah Coral Triangle Indonesia-Filipina yang merupakan kawasan konservasi di bawah naungan WWF (World Wide Fund for Nature).

8. Taman Laut Rubiah

Taman Laut Rubiah, Aceh

Taman laut Rubiah, Aceh

Taman laut di Indonesia ini terletak di Kota Sabang, Aceh. Kamu bisa menyaksikan berbagai jenis ikan tropis, ikan hius, terumbu karang, kerang raksasa dan biota laut lainnya di Taman laut Rubiah ini. Dan pastinya taman laut ini memiliki keindahan yang tidak akan membuatmu menyesal berlibur di sini.

9. Taman Laut Karimun Jawa

Taman Laut Karimunjawa, Jawa Tengah

Taman laut Karimunjawa, Jawa Tengah

Taman laut Karimun Jawa merupakan gugusan kepulauan dengan jumlah 22 pulau yang berada di laut jawa. Disana kamu bisa menemui berbagai macam ekosistem seperti ekosistem terumbu karang, padang lamun dan rumput laut, mangrove, hutan pantai, serta hutan hujan tropis dataran rendah. Di Karimun Jawa kamu juga bisa menemukan bangkai kapal yang karam dan kini telah menjadi habitat ikan karang.

10. Taman Laut Wakatobi

Taman Laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman laut Wakatobi, Sulawesi Tenggara

Taman laut yang berada di Sulawesi Tenggara ini memiliki keindahan bawah laut yang sudah terkenal hingga mancanegara. Taman laut ini memiliki keanekaragaman hayati yang beraneka ragam yang bahkan menjadi salah satu prioritas konservasi laut tertinggi di Indonesia. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan disana seperti snorkeling, scuba diving, dan freediving. Jadi Kamu tidak akan menyesal jika berlibur ke taman laut Wakatobi ini.

11. Taman Laut Pulau Menjangan

Taman laut di indonesia yang dilindungi di Pulau Menjangan, Bali

Taman laut Pulau Menjangan, Bali

Taman laut yang berada di Bali ini menjadi salah satu destinasi terindah yang ada di Bali.  Disana kamu bisa melakukan diving dan menikmati alam bawah laut yang memukau. Bagi kamu yang hobi memancing, Pulau Menjangan ini juga memiliki tempat terbaik untuk memancing. Akses untuk menuju ke Taman laut Menjangan ini juga tidak terlalu sulit jadi jika kamu sedang berada di Bali tidak ada salahnya untuk mengunjungi Taman laut Pulau Menjangan untuk menikmati alam laut Bali yang menakjubkan.

 

Itulah ulasan 11 Taman laut terindah yang ada di Indonesia. Ternyata Indonesia memiliki taman laut yang indah – indah yaa. Jadi kamu gak perlu jauh – jauh liburan ke luar negeri hanya untuk menikmati keindahan laut. Di Indonesia saja ada yang lebih indah loh. Dan untuk kamu yang suka traveling atau olahraga air rasanya sudah pasti menjadi hal yang wajib untuk mengunjugi taman laut di atas. Selamat berlibur!

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda