Taman Nasional Pulau Komodo. Apa yang kamu pikirkan bila mendengar Pulau Komodo ? Satwa purba yang eksotis ? Atau panorama alamnya yang indah ? Ya, Taman Nasional Pulau Komodo menyimpan sejuta pesona yang akan membuatmu terbuai.

Keunikan apa saja sih yang ada disana ? Yuk simak ulasan Labiru tentang keunikan Taman Nasional pulau Komodo

 

Lokasi dan Peta Taman Nasional Pulau Komodo

Taman Nasional ini terletak diantara Pulau Sumbawa dan Pulau Flores. Pulau ini berada di perbatasan antara Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat. Area Taman Nasional ini ternyata sangat luas, tidak hanya Pulau Komodo saja. Luas areanya mencapai 2.321 kilometer persegi.

Tak hanya pulau Komodo, Pulau Rinca dan Pulau Padar yang sedang naik daun itu juga bagian dari Taman Nasional Komodo.

Peta Pulau Komodo

 

Sejarah Taman Nasional Pulau Komodo

Komodo mulai dikenal dikalangan biologist dunia sejak terbitnya laporan JKH Van Steyn kepada Peter Ouwens, kurator museum zoologi Bogor pada masa itu. Taman Nasional ini sendiri diresmikan sejak tahun 1980. Bahkan, taman nasional ini ditetapkan sebagai world heritage site oleh UNESCO karena keunikannya.

 

Keunikan Taman Nasional Pulau Komodo

Selain dihuni oleh reptil purba yang eksotis, Taman nasional ini memiliki keunikan lainnya, yaitu menjadi bagian dari 7 keajaiban dunia terbaru. Kawasan Taman Nasional Komodo menjadi kandidat kuat 7 keajaiban alam dunia terbaru, dan akhirnya diresmikan menjadi bagian dari keajaiban dunia terbaru pada bulan September 2013.

 

Menjelajahi Taman Nasional Komodo

Kamu bisa datang dan menikmati tempat wisata taman nasional. Selain konservasi alam, kawasan ini juga menawarkan pengalaman liburan yang asik dan unik. Terletak di garis Wallace, kita bisa menemukan gabungan unik antara flora dan fauna yang khas.

Di kalangan pecinta olahraga underwater, perairan sekitar pulau Komodo, Padar dan Rinca terkenal memiliki spot diving yang indah. Lebih dari seribu spesies ikan, 260 lebih spesies karang, lumba-lumba, paus, dan juga penyu ada semua di kawasan konservasi komodo ini.

Disini, kamu bisa menyelam, melihat tingkah polah Komodo, dan juga meyaksikan landscape yang indah dan unik. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke pulau komodo ini adalah diantara bulan Maret hingga Mei, karena pada waktu tersebut, kunjungan di Taman Nasional pulau Komodo tidak begitu padat sehingga kamu bisa leluasa untuk mengeksplore pulau eksotis ini.

 

Pulau Komodo

Komodo di Taman Nasional Pulau Komodo

Pulau ini adalah pulau utama dan terbesar di kawasan Taman Nasional ini. Di pulau Komodo anda bisa datang ke Loh Liang yang merupakan daerah wisata utama di pulau Komodo.

Kamu bisa melihat kehidupan liar Komodo dan hewan lainnya berbagai jenis burung, rusa, dan babi hutan. Selain itu, bisa juga melakukan snorkeling, diving, hiking disekitar kawasan, dan lain sebagainya.

Pantai Pink

Pink Beach

Pantai pink juga merupakan lokasi yang banyak dikunjungi wisatawan. Pantai unik ini berwarna pink, karena banyaknya terumbu karang berwarna sama. Karena ombak, sebagian terumbu karang tersapu air dan bercampur dengan pasir pantai. Hasilnya, pantai unik dan indah berwarna pink. Di sekitar Loh Liang terdapat pondok wisata, tempat makan dan gazebo,  pusat informasi, dan lain sebagainya.

Pulau Rinca

Pulau Rinca,

Pulau Rinca biasanya jadi tujuan wisatawan. Karena pulaunya relatif lebih kecil, disini pengunjung bisa lebih cepat melihat komodo. Gerbang utama pulau Rinca berada di Loh Buaya.

Bila beruntung kedatanganmu di dermaga disambut pemandangan beberapa kumpulan komodo liar. Tidak jauh dari dermaga, terdapat pos jaga dan konservasi. Disini kamu bisa membeli tiket masuk dan trekking menyusuri kawasan dengan dipandu oleh petugas yang sudah berpengalaman.

Pulau Padar

Pulau Padar, salah satu keunikannya

Kawasan pulau Padar mulai naik daun menjadi destinasi utama di Taman nasional sejak booming di instagram. Untuk menikmati keindahan pulau ini secara penuh, kamu harus naik ke bukit terlebih dulu. Waktu tempuh kurang lebih 30 menit sampai satu jam, tergantung kekuatan fisik.

Pulau ini memiliki kontur berbukit dan bentuk yang sangat eksotis. Terdapat tiga pantai dengan keunikannya masing-masing: pantai tempat perahu melepas jangkar, pantai dengan pasir kehitaman, dan pantai dengan pasir sedikit pink seperti pantai pink di pulau komodo. Semua pantai ini bisa dilihat dari  atas bukit.

Jadi kamu sudah bisa membayangkan bagaimana indah dan eksotisnya Taman Nasional Komodo ini ? Jangan hanya membayangkan, yuk liburan ke Taman Nasional Komodo. Pesan paket tournya bersama Labiru Tour call CS kami di 0823-1405-7888

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda