Telaga Sarangan Magetan adalah salah satu obyek wisata yang cukup di kenal di kabupaten yang terletak paling barat di Jawa Timur. Telaga Sarangan luasnya sekitar 30 ha. Posisinya masih di lereng Gunung Lawu yang memiliki ketinggian total lebih dari 3000 meter. Kedalaman Telaga Sarangan ini mencapai 28 meter. Dengan suhu yang berada antara 18 hingga 25 derajat celsius, sejuk dan nyaman.

Perjalanan menuju Telaga Sarangan Magetan

Perjalanan dengan menggunakan motor dari Sragen memerlukan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan mendaki terus awalnya. Karena kabupaten Sragen posisinya berada di seberang gunung dengan Telaga Sarangan.

Rute yang menanjak di lereng gunung Lawu hingga daerah Cemoro Sewu, yang menjadi gerbang jalur utama pendakian menuju puncak Gunung Lawu sekaligus perbatasan antara kabupaten Karanganyar (Jawa Tengah) dan Magetan (Jawa Timur). Perjalanan yang berkelok – kelok dengan cuaca yang dingin karena hujan gerimis tidak menyurutkan niat wisatawan untuk datang berkunjung. Karena pemandangan yang menyenangkan dari hamparan ladang petani sayuran dan hutan yang unik selalu menghibur mata.

Setelah melewati Cemoro Sewu, jalan yang dilewati jadi sebaliknya, lebih banyak menurun. Jalan ini masih baru dan lebar daripada jalan dari Tawangmangu menuju Cemoro Sewu. Jalan tembus antara Magetan dan Karanganyar ini masih relatif baru dan nyaman untuk dilewati. Setelah 15 – 20 menit dari Cemoro Sewu, kami sampai di depan jalan masuk Telaga Sarangan Magetan. Turunan yang dalam dan panjang langsung kami hadapi untuk mencapai ke pintu gerbang yang berjarak sekitar 100 meter dari Telaga Sarangan.

Rute Telaga Sarangan Magetan

Telaga Sarangan Destinasi Favorit Keluarga Magetan

Memasuki Obyek Wisata Telaga Sarangan Magetan

Di gerbang, tiap orang harus membayar tiket masuk sebesar 7500 per orang dan parkir motor 1000 (5000 kalau mobil). Begitu masuk obyek kita bisa melihat Telaga Sarangan Magetan ini merupakan obyek yang terkenal. Karena sekitarnya sudah banyak sekali hotel dan penginapan.

Daya tarik obyek ini selain posisinya yang berada di pegunungan dengan hawa yang sejuk dan menyegarkan adalah adanya speed boat yang bisa kita sewa untuk mengitari keseluruhan Telaga. Untuk sekali sewa kita diwajibkan membayar antara 40 – 50 ribu rupiah.

Seperti Danau Toba, di Telaga Sarangan Magetan kita juga akan menemukan sebuah pulau kecil di bagian barat daya dari Telaga. Tidak besar sih, mungkin tidak sampai 50 meter diameter pulau tersebut, tapi sudah bisa menambah keunikan tersendiri loh.

Kalau kamu sudah puas mengitari danau dengan speed boat, bisa juga menyewa kuda untuk mengitari Telaga Sarangan dari jalan yang ada di pinggir danau ini. Lepas dari semuanya, bisa juga mengisi perut yang lapar. Karena sepanjang tepi danau juga ada warung lesehan yang menyediakan berbagai menu masakan mulai dari sate, jagung bakar nasi dan masih banyak lagi.

Tidak puas dengan semuanya, bisa juga kamu membeli souvenir sebagai kenang – kenangan atau oleh – oleh bagi teman. Kaos dengan sablon khas Sarangan adalah salah satu souvenir yang bisa kamu beli disini, seperti banyak obyek wisata lainnya.

Ayo Kunjungi Telaga Sarangan!

Kalau kamu berada di sekitar Magetan seperti Ngawi, Karanganyar, Sragen, Wonogiri, Pacitan, Ponorogo dan sekitarnya bisa deh main ke Telaga Sarangan Magetan ini kalau libur. Pesona wisata air yang dibalut hawa sejuk pegunungan dan pemandangan sepanjang perjalanannya sungguh bisa membuat pikiran fresh lagi. Segera hubungi tim Labiru Tour untuk konsultasikan Liburan kamu, dan nikmati sejuknya suasana Telaga Sarangan. Segera Hubungi 0813-2689-4433 untuk info lebih lengkap.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda