Paket Tour Jogja – Bosan dengan suasana kota, ingin menikmati alam yang tenang. Bayangin di suatu tempat di hutan yang hijau, kamu duduk di depan api unggun, mendengarkan suara alam yang tenang, dan melihat bintang-bintang di langit malam. 

Rasanya, suasana kota yang heboh seakan jauh terpinggirkan. Pohon-pohon rindang dan sungai yang tenang menjadi teman setia, dan kamu bisa merasakan kesejukan angin yang menyegarkan. 

Camping bisa jadi solusinya. Tidak hanya menawarkan petualangan, tapi juga memberikan kesempatan untuk merasakan kenikmatan alam secara langsung.

Berikut ini 5 tempat favorit buat camping di Jogja.

Bukit Klangon

Credit: Travel Kompas

Bukit Klangon merupakan lokasi yang menarik untuk camping dan wisata. Harga tiket masuk camping sebesar Rp15.000,00 per orang. Lokasinya berada di Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta dan buka selama 24 jam. 

Bukit Klangon menawarkan sensasi bermalam di atas bukit dan menjadi salah satu wisata hits di Sleman. Di kawasan ini juga sudah disediakan mushola, toilet, warung yang buka dari pagi hingga sore dan akses free wifi.

Pantai Kesirat

Credit: Bakpia Kukus Jogja

Buat kamu yang mau camping dengan suasana pantai, tempat ini bisa jadi pilihan kamu. Tempat ini terkenal sebagai spot sunrise dan sunset yang indah. Lokasinya berada di Dusun Karang, Desa Girikarto, Kec. Panggang, Kab. Gunung Kidul, Yogyakarta 

Yang menarik, kamu bisa camping dan merasakan keindahan itu dengan biaya yang ramah di kantong, hanya Rp10.000,00 per tenda dan biaya retribusi sebesar Rp5.000,00 per orang.

Waduk Sermo

Credit: iNews

Tempat wisata sekaligus tempat camping ini terletak di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, DI Yogyakarta. 

Tiket retribusi masuk Waduk Sermo dibandrol dengan harga Rp6 ribu per orang. Sementara tiket camping di area Waduk Sermo Rp15.000,00.

Kamu juga bisa menyewa tenda di sana dengan kapasitas 4 orang, harganya Rp50.000,00 untuk satu malam dan biaya parkir untuk motor Rp2.000,00, mobil Rp5.000,00 sedangkan bis Rp10.000,00.

Fasilitas yang ada disediakan seperti area parkir, toilet, sumber listrik, pasokan air bersih, dan juga tempat ibadah. 

Nawang Jagad

Credit: Wisata App

Nawang Jagad adalah tempat berkemah yang berada di lereng Gunung Merapi. Di sini, kamu bisa menikmati spot camping yang dikelilingi oleh bukit Turgo di sisi barat dan bukit Plawangan di sisi timur.

Camp Area VIP harganya Rp35.000,00 per orang, sedangkan untuk anak-anak (maksimal 12 tahun) biayanya Rp17.500,00 per anak. Untuk Camp Area 1-3, harganya Rp25.000,00 per orang, dan biaya untuk anak-anak (maksimal 12 tahun) adalah Rp12.500,00 per anak.

Fasilitas yang disediakan juga lengkap, mulai toilet, mushola, meeting area, dan spot foto yang menarik.

Potrobayan River Camp

Credit: Travel Kompas

Air sungai yang bersih dan luasnya hamparan rumput membuat tempat ini jadi tempat yang cocok buat camping. Selain itu, di sini juga ada tempat-tempat mancing yang enak banget.

Lokasi tempat camping ini tepatnya berada di Srihardono, Kepanewon atau Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Untuk tiket camping dibandrol dengan harga Rp10.000,00 per orang.

Fasilitas yang disediakan terbilang masih minim, ada shelter darurat, wc, tempat parkir dan persewaan tenda. 

Nah, itu dia 5 tempat camp favorit yang ada di Jogja. Kalau kamu tertarik camping dimana nih ?

Baca Juga: 5 Tempat Camping Nyaman di Malang, Cocok untuk Bonding Keluarga