Trip Jogja – Kamu pasti tidak asing dengan kota Jogja bukan? Kota ini terkenal dengan pesona alamnya yang menakjubkan. Setiap orang yang pernah mengunjungi Kota Jogja tentu ingin kembali lagi ke kota istimewa ini. 

Kota ini memiliki pantai menakjubkan hingga bukit yang menawarkan panorama spektakuler. Momen yang ditemukan di tempat ini identik dengan sunrise. Bagi kamu yang menyukainya, warna langit yang berubah warna menghadirkan ketenangan dan keindahan yang luar biasa. 

Berikut adalah beberapa tempat terbaik di Jogja untuk kamu penikmat sunrise, dengan panorama yang spektakuler. Penasaran? Baca terus sampai habis!

 

 

Kebun Buah Mangunan

Credit: Look Jogja

Kebun Buah Mangunan merupakan tempat wisata memukau yang menawarkan kombinasi sempurna antara keindahan alam dan senja yang tidak terlupakan. Kamu akan melihat pemandangan dengan latar belakang bukit hijau yang memanjang hingga ke langit.

Kamu pasti akan menunggu momen saat matahari terbangun dari balik perbukitan, kemudian langit akan berubah warna menjadi indah.

Selain melihat matahari terbit, kamu bisa trekking di sekitar kebun, bersepeda, atau bersantai. Bagi kamu pecinta buah, kamu juga bisa memetik buah segar dan manis, berwisata sambil belajar mengenai buah-buahan lokal dan proses pertanian yang berkelanjutan.

 

Watu Mabor

Credit: Travel Kompas

Watu Mabor adalah tempat wisata yang menakjubkan sekaligus area berkemah yang dekat dengan tepi tebing. Tempat ini menawarkan pemandangan cantik berupa Sungai Oyo serta terasering persawahan yang indah dari ketinggian.

Kamu bisa menikmati sunrise sekaligus berkemah di kawasan ini. Selain itu, kamu bisa mengabadikan momen di beberapa spot yang sudah disediakan. Kamu yang suka berpetualang, cobalah untuk susur Goa Gajah yang tidak jauh dari Watu Mabor.

 

Gunung Ireng

Credit: Travel Kompas

Gunung Ireng adalah salah satu tempat favorit para pemburu sunrise. Gunung ini dikenal sebagai Gunung Merapi Junior. Tempat ini memiliki banyak pesona dan daya tarik yang membuatnya menjadi destinasi popular bagi pendaki, dan pencinta alam. 

Kamu yang menyukai sunrise akan dimanjakan dengan keindahan alam yang memukau serta perbukitan, lembah, dan hutan yang hijau. Kamu juga bisa berziarah ke Makam Raja Mataram yang merupakan situs sejarah dan religius penting.

Gunung Ireng menjadi habitat dari ragam flora dan fauna yang dapat ditemui bermacam-macam jenisnya saat pendakian. Tempat ini sangat ideal untuk pecinta alam, khususnya para pendaki.

 

Baca Juga: Tempat Liburan Keluarga di Jogja ala HeHa Group, Cocok Untuk di Akhir Pekan

 

Stone Park Turunan

Credit: Travel Kompas

Stone Park merupakan destinasi wisata yang terkenal di Jogja dengan kawasan turunan. Kawasan ini dikenal dengan “Taman Batu” atau “Pantai Batu”. Uniknya, Stone Park memiliki formasi batu alam yang menarik, dengan berbagai macam batu atau bebatuan besar.

Kamu juga bisa menikmati sunrise dengan keindahan pantai yang indah, juga disuguhkan ombak tenang dan pasir putih pantai. Kamu bisa melakukan beragam aktivitas, seperti berenang, berjemur, atau bersantai di pinggir pantai.

Kamu juga tidak perlu khawatir soal makanan, Stone Park menyediakan warung makanan dengan hidangan lezat, khususnya makanan laut segar. Tempat ini cocok buat kamu pemburu sunrise yang dilengkapi dengan kombinasi keindahan alam, petualangan, dan kesejukan pantai.

 

Watu Payung

Credit: Visiting Jogja

Watu Payung adalah tempat wisata yang berada di Gunung Kidul. Tempat yang terkenal dengan batu-batu raksasa berbentuk payung akan menciptakan lanskap unik dan menarik. Watu Payung juga menawarkan pemandangan alam yang spektakuler.

Kamu akan disuguhi lanskap perbukitan dan lembah yang hijau. Kawasan ini menjadi salah satu tempat favorit bagi fotografer yang mengabadikan fenomena batu raksasa dan sunrise. Pecinta hiking juga cocok ke Watu Payung ini karena memiliki jalur pendakian dengan petualangan yang menarik.