Wisata Bangka Belitung- Pulau Belitung mulai menarik minat dari wisatawan dan menjadi sorotan semenjak terkenalnya novel dan film “Laskar Pelangi” tempat-tempat yang menjadi lokasi pengambilan scene film tersebut kemudian menjadi destinasi wisata yang banyak dikunjungi. Namun selain tempat-tempat syuting film tersebut ada beberapa destinasi lain yang bisa kamu kunjungi. Khususnya wisata pantai Belitung yang memang sudah sangat terkenal dengan keindahan panorama yang masih alami dan juga memiliki ke unikan tersendiri, Dimana setiap pantai di bangka Belitung memiliki susunan bebatuan granit dengan bentuk dan ukuran berbeda beda

Berikut saya merangkum 10 tempat wisata di bangka belitung:

1. Pantai Tanjung Kelayang

tempat wisata bangka belitung

Tanjung Kelayang

 Pantai yang terletak di Sinar Baru, Sungai Liat, Kecamatan Sijuk ini menyuguhkan pemandangan susunan bebatuan granit dengan hamparan pasir putih yang berhiaskan pepohonan ketapang juga pandan-pandan berduri yang tumbuh di sela-sela bebatuan. Tidak hanya itu, secara berkala, ratusan perahu yacht dari berbagai Negara akan singgah di pantai Belitung yang satu ini dalam event Sail Indonesia. Keunikan dan keindahan yang bisa kamu nikmati di pantai ini merupakan kebanggaan dan wisata pantai yang popular dikunjungi masyarakat Belitung sejak dulu.

2. Pantai Tanjung Tinggi

tempat wisata bangka belitung

Tanjung Tinggi

Destinasi wisata Pantai yang satu ini sudah pasti tidak asing di telinga penikmat novel dan film Laskar Pelangi. Yak benar sekali, Pantai Tanjung Tinggi ini merupakan lokasi syuting film Laskar Pelangi dan menjadi wisata pantai yang paling terkenal di kalangan pengunjung. Tidak jauh berbeda dengan pantai Tanjung Kelayang, panorama keindahan pantai pasir putih dengan bebatuan granit masih menjadi keunikan tersendiri yang bisa kamu nikmati di pantai ini.

Berbeda dengan Pantai Tanjung Kelayang, beragam fasilitas olahraga air tersedia di pantai ini, seperti snorkeling, jetski dan berjelajah dengan kano. Untuk kamu yang ingin berlama-lama menikmati keindahan pantai ini tidak perlu khawatir karena fasilitas publik dan akomodasi seperti hotel dan resot serta rumah makan mudah kamu temukan di kawasan sekitar pantai.

3. Pantai Tanjung Binga

tempat wisata bangka belitung

Tanjung Binga Source by: suarajatim.co.id

 

 

Pantai yang terletak di bagian utara Belitung ini memiliki keindahan pasir putih dan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Berjarak 22 km di Utara Tanjungpandan dan 8 km di sisi Barat Tanjung Tinggi, pantai ini menyuguhkan pemandangan indah dari sebuah desa nelayan dan kehidupan para nelayan di kampong Nelayan Tanjung Binga. Pantai Tanjung Binga memang belum terkenal dikalangan wisatawan karena jarak tempuh yang cukup jauh, namun di pantai ini pesona alam yang disuguhkan dan suasana desa nelayan akan memberikan kamu kenangan yang tak terlupakan.

4. Pantai Teluk Gembira

tempat wisata bangka belitung

Teluk Gembira

Panorama tak kalah indah Pantai Teluk Gembira ini membuatnya juga menjadi tujuan wisata pantai yang harus kamu kunjungi. Terletak di Kecamatan Membalong tidak jauh dari desa Padang Kandis, berjarak sekitar 65 km dari Tanjung Pandan. Bebatuan khas pantai di Belitung juga masih bisa kamu temui di Pantai ini, pasir putih bersih serta laut lepas yang biru semakin menyuguhkan panorama alam menakjubkan ditambah dengan pulau-pulau kecil yang ada di sekitar Teluk Gembira.

Di pantai Teluk Gembira ini terdapat dermaga penyeberangan yang disinggahi setiap hari oleh perahu membawa penumpang yang akan menyeberang ke Pulau Seliu.

5. Pantai Pasir Panjang Selat Nasik

tempat wisata bangka belitung

Pasir Panjang Selat Nasik

 

Destinasi wisata pantai terkahir ini sebenarnya memiliki pemandangan yang bahkan tidak kalah dengan pantai yang biasa kamu jumpai di Bali dan Lombok. Pasirnya masih sangat putih da bersih, butiran pasir yang sedikit kasar akan membuat pasir mengeluarkan bunyi saat digesekkan. Air pantainyapun tidak kalah jernih, dengan ombak yang tenang sangat cocok untuk kamu yang senang berenang.

Tidak hanya itu kamu juga akan disuguhkan dengan pemandangan bukit serta mercusuar. Namun sayangnya medan yang harus di tempuh untuk sampai di pantai ini masih tidak mudah, kamu harus melawati jalan setapak dan hutan. Tapi sekarang sudah banyak agent tour yang membuat paket wisata ke Belitung jadi untuk kamu yang ingin menikmati wisata pantai di Belitung tanpa bersusah-susah bisa segera melihat penawaran paket liburan ke Belitung, siapa tahu pantai ini termasuk ke dalam destinasi yang bisa kamu kunjungi.

6. Pantai Tikus Emas

Pantai Tikus Emas Source by: infowisata.net

Pantai dengan nama unik ini masih sangat terlihat asri, bersih belum terganggu tangan manusia, tempat wisata bangka belitung ini masih sangat jarang di kunjungi manusi, pasir putih saling bertabrakan dengan air laut biru di tambah hebusan angin hijau dari pepohonan di bibir pantai, pantai ini terletak tepatnya di Desa Rebo Kelurahan Kenanga, Sungailiat, Bangka Belitung.

7. Pantai Penyusuk

Tempat wisata bangka belitung

Pantai Penyusuk

Pantai penyusuk adalah salah satu pantai yang di gemari banyak wisatawan karna ke unikannya dimana ada batuan granit yang terbentuk dan tertata rapi dengan sendirinya dan juga memiliki ukuran yang berbeda-beda, tak hanya itu jika kalian berkunjung di pantai ini pasti kalian akan melihat 4 pulau kecil berjajar dengan indah.

8. Danau Camoi Aek Biru

Camoi Aek Biru Source by: liputan6.com

Tempat Wisata Bangka Belitung kali ini bukan pantai, bangka belitung tidak hanya menyimpan wisata pantai saja danau camoi ini tak kalah indah batuan yang berwarna putih menyatu dengan air danau berwarna biru kontras yang menakjubkan, lokasi danau ini berada di Desa Air Bara, Koba.

9. Rumah Laskar Pelangi

Tempat wisata bangka belitung

Replika sekolah film Laskar Pelangi

Film yang di rilis pada 26 september 2008 film buatan sutradara Riri Riza film laskar pelangi ini sudah di tonton 4,6  juta orang yang menjadikanya film terbanyak di tonton no 4 di indonesia, akibat meledaknya film laskar pelangi menbuat tempat tempat syuting film laskar pelangi di ketahui banyak orang dan menarik wisatawan dari luar kota salah satu tempat sekolah film laskar pelangi yang banyak di buru para wisatawan.

10. Batu Belimbing

tempat wisata bangka belitung

Batu Belimbing

Batu yang berbentuk seperti buah belimbing menjadikan wisata ini di namakan Wisata Batu Belimbing, lokasi tempat ini berada di desa tanjung ketapang berjarak 2 km dari pusat kota tobali yang bisa di capai sekita 15-20 menit, tempat wisata seperti ini dapat dibilang

langka dimana di dunia hanya terdapat di beberapa tempat saja contohnya, pantai ramodong di belinyu, pantai anambas di riau, ayers rock di australia dan salah satunya di tobali ini. nah itulah 10 tempat wisata di bangka belitung rekomendasi dari kami LABIRU

 

 

 

Paket Wisata di Belitung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Belitung