Tempat Wisata di Purworejo– Purworejo, merupakan Kabupaten yang berada di antara kebumen dan kulon progo. Purworejo juga menjadi tanah kelahiran bagi beberapa tokoh nasional indonesia, seperti Pahlawan Revolusi Ahmad Yani dan Sarwo Edhie Wibowo, mertua mantan Presiden SBY, selain menjadi kabupaten dari kelahiran tokoh nasional, purwojo juga menyimpan destinasi wisata yang mengagumkan.

Di balik nyamannya kota Purworejo, ternyata kota ini menyimpan keelokan alam yang tak kalah bagus dari kabupaten tetangga yaitu kebumen dan kulon progo. Nah bagi kamu yang memiliki agenda untuk berlibur di Purworejo ini, kamu bisa kunjungi langsung Tempat Wisata di Purworejo di bawah berikut.

Baca Juga: Telaga Mardada Dieng Wonosobo Dieng Terlus & Terindah

Pantai Jatimalang

tempat wisata di purworejo

Potret patung raksasa di Pantai Jati Malang

Berbeda dengan pantai yang berada di Gunung Kidul atau Wonosari yang umumnya memiliki pasir putih dan di kelilingi perbukitan, Pantai Jatimalang ini memiliki pasir hitam, tempat yang luas tanpa di kelilingi perbukitan, berbanding terbalik bukan dengan pantai di gunung kidul.

Pantai ini memiliki sedikit kemiripan dengan beberapa pantai di daerah Bantul dan Kulon Progo, selain itu wisata pantai ini juga hanya berjarak 18 km saja dari pusat kota. Ada beberapa wahana atau fasilitas bermain yang bisa kalian coba di pantai ini, seperti kolam renang, ATV, hingga menaiki Flying Fox.

Pantai Ketawang

tempat wisata di purworejo

Kesejukan di pantai Ketawang

Jika pantai jatimalang jadi favorit wisatawan lokal, nah untuk kamu yang mencari tempat wisata alam yang masih asri alami, kamu bisa kunjungi Pantai Ketawang yang berada di desa ketawang, kecamatan grabag dengan jarak 22 km dari pusat kota.

Di pantai ini kamu masih bisa merasakan kealamian sebuah pantai yang masih jarang di kunjungi, suasana yang sejuk dan belum adanya sampah plastik, membuat panorama alam pantai ketawang patut kamu kunjungi.

Goa Seplawan

tempat wisata di purworejo

Salah satu goa bersejarah di Goa Seplawan

Nggak hanya pantai saja, Purworejo juga memiliki sebuah goa alami yang juga menjadi salah satu daya tarik wisatawan. Goa Seplawan ini terletak di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, 20 km dari pusat kota.

Goa dengan panjang lorong 700 meter dan lebar sekitar 16 meter ini, bisa kalian kunjungi dan jelajahi perut bumi, sembari pandangi langit-langit goa yang indah dengan ornamen alaminya. Nah untuk di luar goa ada sebuah hutan pinus yang bisa kamu gunakan untuk istirahat, setelah capek jelajahi goa seplawan.

Curug Silangit

tempat wisata di purworejo

Masih Terlihat asri yang Curug Silangit

Selain pantai dan juga goa ternyata Purworejo juga menyimpan air terjun atau curug yang indah loh, curug tersebut bernama curug silangit dan terletak di Desa Somongari, Kecamatan Kaligesing, air terjun ini memiliki ketinggian 50 Meter yang terbagi dalam 3 tingkatan, untuk tingkatana pertama 30 meter dan untuk tingkatan 1 dan 2 masing-masing 10 meter. Di bawah air terjun terdapat kedung atau kolam yang sangat dalam.

Curug Muncar

tempat wisata di purworejo

Potret indah di curug Muncar

Sangat cocok bagi yang suka menjelajah wisata alam yang masih alamai, curug muncar menanti untuk kamu kunjungi di Desa Kaliwungu, Kecamtana Bruno, sekitar 1 jam dari pusat kota. Di ketinggian 900 meter dari permukaan laut, di sinilah kamu temukan curug muncar yang memiliki ketinggian 40 meter.

Nah untuk mencapai curug ini kamu perlu trekking selama kurang lebih 30 menit, namun selama jalur trekking kamu akan di suguhkan panorama alam kota purworejo yang indah nan alami.

Puncak Bukit Geger Menjangan

tempat wisata di purworejo

Panorama alam indah dari atas Puncak Bukit geger

Nah kalau kamu ingin keindahan puncak bukit dengan panorama lanskap kota Purworejo di bawah kakimu, kalian bisa menemukannya di puncak bukit geger menjangan, bukit ini juga tak jauh dari pusat kota.

Untuk mencapai puncak kamu mesti melewati ratusan anak tangga terlebih dulu, nah sesampainya di puncak kamu akan menemukan sebuah pendopo yang berfungsi sebagai gardu pandang.

Hutan Wisata Kusumo Asri

tempat wisata di purworejo

Mirip hutan pinus mangunan di Bantul

Buat kalian yang ingin menikmati keindahan alam purworejo kamu bisa kunjungi hutan wisata ini. Selain hutan pinus yang seru untuk kamu jelajahi. Kawasan ini juga memiliki banyak fasilitas seru loh, seperti bumi perkemahan, wahana outbond, hingga kebun binatang mini, wisata hutan ini terletak di Desa Mayungsari, Kecamatan Bener, Purworejo.

Museum Tosan Aji

tempat wisata di purworejo

Salah satu koleksi dari museum tosan aji

Bagi kalian yang menyukai benda-benda pusaka, kalian bisa kunjungi wisata sejarah di museum tosan aji yang terletak di selatan alun-alun purworejo ini. Museum tosan aji ini juga sering di sebut sebagai museum pusakakarna karna, rata-rata koleksinya berupa benda-benda pusaka yang di anggap memiliki kekuatan gaib, selain itu ada beberapa koleksi lainya seperti: gamelan, prasati, arca, dan fosil. Nah itulah tadi sedikit informasi tentang tempat wisata di purworejo yang wajib kamu eksplorasi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda