Telaga Mardada Dieng Wonosobo– Bernama Danau Mardada dan di kenal sebagai danau terluas di dataran tinggi dieng, yaa telaga yang di kenal memiliki cakupan terluas ini ternyata memiliki pasokan air hanya dari satu sumber saja, yaitu air hujan. Jika musim kemarau datang apa yang terjadi? Ya benar danau kering air menyurut, meskipun begitu saat musim kemarau datang danau surut dasar danau memang terlihat, namun tidak bisa dilintasi karna adanya lumpur yang dalam di telaga mardada dieng wonosobo

telaga mardada dieng wonosobo

Potret wisatawan di Telaga Mardawa Mardada

Danau Mardada Dieng ini terletak tepatnya di Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara. Telaga mardada memiliki luas sekitar 25 hektare. Danau terbesar ini di kelilingi oleh dua bukit, yaitu bukit pangonan dan bukit semurup yang sebenarnya memiliki nama summer up karna tanah bukit ini berwarna merah dan seering terjadi kebakaran, tapi terjadi sedikit kesalahan pengucapan oleh masyarakat sekitar.

Baca Juga: Pantai Pacar Tulungagung Pesona Keindahan Tiada Tandingannya

telaga mardada dieng wonosobo

Suasana sejuk akan terasa bagi kamu yang menginjakkan kaki di telaga Mardada

Di kenal sebagai danau terluas, maka dari situ di ambil namanya “Mardada” yang merujuk pada “dada” yang mengandung makna lapang atau luas. “lapang dada/luas dada”

Pada sekitar tahun 1950 – 1998, kawasan daerah di sekitar telaga digunakan sebagai tempat pembibitan jamur oleh PT Dieng Jaya, namaun saat terjadi krisis ekonomi, tempat pembibitan ini di tutup. Namun hingga saat ini masih terdapat beberapa bangunan sisa dari tempat pembibitan.

Air telaga ini merupakan sumber air yang sangat penting bagi para petani sekitar. Lahan-lahan kentang yang banyak terdapat di sekitar telaga sangatlah bergantung pada debit air telaga ini.

Telaga Mardada di buka sebagai tempat wisata dan bisa kalian kaunjungi langsung. Wisata Telaga ini Buka Setiap hari mulai Pukul 07.00 Pagi WIN sampai dengan 16.00 Sore WIB, Untuk Harga Tiketnya cukup murah yaitu Rp 5.000,-/Orang.

Rute Perjalanan

Untuk rute perjalanan terbaik menuju tempat wisata ini melalui jalur utama Wonosobo-Dieng, dengan jarak sekitar 28 km. kalian bisa mencapainya dengan menempuh wasktu perjalanan sekitar 60 menit menggunakan kendaraan dari pusat kota wonosobo, jika kalian masih merasa bingung, bisa kalian gunakakan aplikasi Google Maps di ponsen kalian. “nah itulah ulasan tentang telaga mardada dieng wonosobo yang bisa kalian kunjungi.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda