Wisata Alam di Mentawai Sumatera– Sumatera barat memiliki luas wilayah yang besar, melihat dengan kondisi wilayah seperti itu, pihak pariwisata sumatera membuka berbagai macam objek wisata, kusus nya di sumatera barat, salah satunya adalah wisata alam di mentawai sumatera, yang memiliki banyak tempat wisata

Wisata alam di Mentawai sumatra ini terkenal melalui pantai-pantai yang menjadi destinasi surfer dunia, wisata Pulau Mentawai juga termasuk objek wisata alam, serta tidak terkecuali keunikan suku asli yang mendominasi kepulauan ini, Suku Mentawai.

Ada banyak wisata alam di Mentawai Sumatra Barat, dari banyaknya tempat wisata di Mentawai Sumatra barat ini, Saya akan rangkumkan wisata alam di Sumatra barat, berikut wisata alam di Mentawai Sumatera yang menakjubkan:

Wisata Pulau Sipora

Wisata Pulau Kecil Sipora

Wisata yang wajib di kunjungi saat berlibur di Sumatra barat, wisata ini terletak di Indonesia, Sumatra barat dan beralamat di Pulau Sipora, Kabupaten Mentawai, Provinsi Sumatera Barat

Meski berukuran kecil, pulau ini memiliki lokasi yang strategis sehingga setiap orang bisa mencapainya tanpa repot (terutama dengan perahu).

Lokasinya ada di antara Pulau Siberut dan Pulau Pagai dan menjadi letak ibu kota Kabupaten Mentawai yaitu Kota Tua Pejat.

Lembah Haru Sumatera Barat

Panorama di tempat wisata Lembah Haru Sumatera Barat

Menuju wisata ini memerlukan 1,5 jam dari Bukittinggi ke arah barat, meski melalui perjalanan yang sedikit lama itu, waktu yang kalian habiskan tidak akan sia-sia karena Anda akan disuguhkan suasana alam pegunungan dihiasi jejeran air terjun indah setinggi sekitar 100 meter.

Belum lagi tempatnya dilalui empat buah sungai yang jernih siap memanjakan mata Anda. Alamat wisata ini berada di Lembah, Tarantang, Kec. Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, dan sedikit informasi jam buka wisata ini mulai pukul 09:00-17:00 WIB, Buka setiap hari.

Pantai Gigi Hiu Lampung

Panorama di Lembah Haru Lampung

Pantai yang sangat unik, bagaimana tidak unik, pantai ini tidak memiliki pasir putih maupun hitam, tiadanya pasir putih maupun hitam, bukan masalah bagi wisata ini.

Meski tidak ada pasir, pantai ini menggantinya dengan batu karang yang terhampar luas dengan jumlah yang sangat banyak, yang tertata rapi dengan sendirinya

Wisata alam ini beralamat di Pekon Susuk, Kelumbayan, Tanggamus Regency, Lampung. Wisata ini memiliki keunikan jam buka yaitu 24 jam non stop setiap harinya.

Wisata Pulau Pagai

Panorama wisata di Pulau Pagai

Pulau Pagai terdiri dari Pagai utara dan selatan dan keduanya layak untuk dijelajahi. Biasanya Wisatawan datang ke Pulau Pagai Mentawai untuk menikmati alamnya,

Wisatawan juga bisa merasakan makanan khas masyarakat dari pulau pagai Mentawai ini, wisata Pagai juga cocok untuk pecinta alam atau mereka yang suka fotografi alam.

Alamat wisata ini berada di Pulau Pagai, Mentawai, Sumatera Barat, wisata ini juga memiliki jam buka yang sama seperti wisata pantai gigi hiu di atas.

Wisata Pulau Awera

Potret Pulau Awera, dari atas

Wisata alam di Mentawai Sumatra ini sangat cocok dengan kalin yang suka bermain air, ataupun berselancar karan ombak pantai di sini sangat mendukung,

Bukan hanya untuk bermain air dan berselancar, panorama di tempat wisata ini sangat indah, apalagi di sore hari saat matahari terbenam(SUNSET).

Wisata ini terletak di Pulau Awera, Kepulauan Mentawai, Mentawai, Sumatera Barat.

Air Terjun Paju Jurung

Wisata alam air terjun Paju Jurung

Selain wisata pantai, Mentawai juga memiliki tempat wisata air terjun yang tak kalah menarik, selain itu air tejun ini hanya berjarak 100 meter dari jalan raya.

Air Terjun Pujujurung mengalir deras dari atas tebing batu, suasana di sekitarnya sangat alami. Kupu-kupu dan burung beterbangan di sekitarnya.

Dermaga Tuapeijat

Penampilan Dermaga Tuapeijat

Jika kita menuju ibukota Kepulauan Mentawai Tuapeijat dari Kota Padang, maka daratan pertama yang dijumpai adalah Dermaga Tuapejat yang juga menjadi titik 0 km Tuapeijat. Selain tempat bersandarnya kapal-kapal, lokasi ini memiliki pemandangan yang indah.

Di seberang dermaga terdapat hamparan hutan mangrove. Di depan teluk yang tenang terlihat pulau yang cukup besar. Ikan-ikan kecil yang berkejaran akan terlihat di laut yang bening.

Nah itulah tempat wisata alam di mantawai Sumatera barat yang saya rekomendasikan, semoga bermanfaat bagi kalian ?

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda