Tour Jogja – Jogja, dengan segala keindahan alam dan kekayaan budayanya, telah lama menjadi destinasi favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Kota ini juga menyajikan beragam pilihan tempat wisata yang ramah untuk anak-anak, menjadikannya destinasi liburan yang ideal untuk keluarga. 

Tempat-tempat wisata di Jogja yang ramah anak tidak hanya memberikan hiburan semata, tetapi juga mengedukasi anak-anak tentang keanekaragaman alam dan budaya. Berbagai museum interaktif, taman bermain, dan kebun binatang dapat mengajak mereka untuk belajar sambil bermain. 

Liburan bersama keluarga memberikan kesempatan bagi orang tua untuk mengajak anak-anak mengeksplorasi lingkungan sekitarnya. Berikut merupakan rekomendasi tempat wisata yang kids-friendly sebagai alternatif liburan bersama keluarga.

Taman Pintar

Credit : Gudeg Net

Taman Pintar adalah tempat yang cocok untuk berlibur bersama keluarga, di mana anak-anak bisa dengan leluasa memperdalam pemahaman mereka tentang materi-materi pelajaran di sekolah dengan menggunakan media yang mudah dipahami, sekaligus berekreasi.

Anak-anak dapat mencoba banyak wahana di mana mereka dapat bermain atau melakukan pengamatan langsung. Tak hanya itu, mereka juga dapat mengunjungi beberapa wahana, seperti Zona Peraga Sains dan Teknologi, Dino Adventure, Planetarium, Kreasi Batik, dan Kreasi Gerabah.

Lokasi Taman Pintar termasuk sangat mudah diakses karena berada di pusat kota, tepatnya di Jl. Panembahan Senopati No. 1-3, Kota Yogyakarta. Tiket masuk Taman Pintar memiliki harga yang bervariasi tergantung pada wahana yang ingin dinikmati, mulai dari Rp3.000 hingga Rp50.000 per orang.

Sindu Kusuma Edu Park

Credit : Joglo Wisata

Sindu Kusuma Edupark menawarkan berbagai wahana permainan dan edukasi yang akan memberikan pengalaman seru dan edukatif bagi pengunjung dengan segala usia. Di area seluas tujuh hektar ini, terdapat lebih dari 17 macam wahana permainan dan pengalaman edukasi.

Daya tarik dari tempat ini adalah Cakra Manggilingan yang merupakan bianglala tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 48 meter. Selain itu, ada juga wahana lainnya seperti Kora-Kora, Kopi Putar, Family Coaster, 8 Dimensi, dan lainnya.

SKE terletak di Jl. Magelang KM 3 (Jalan Jambon), Sinduadi, Mlati, Sleman. Kamu bisa memilih dari berbagai opsi tiket dengan fasilitas masing-masing, dengan rentang harga dari Rp30.000 hingga Rp80.000.

Baca juga: 7 Tempat Instagramable di Yogyakarta yang Wajib Kamu Kunjungi

Jogja Bay Waterpark

Credit : Traveloka

Jogja Bay merupakan salah satu waterpark terbesar di Asia Tenggara yang memiliki tema yang unik yaitu bajak laut. Destinasi ini berlokasi di Jalan Stadion Maguwoharjo, Depok, Maguwoharjo, Depok, Sleman.

Tempat ini cocok dikunjungi bersama keluarga karena disini anak-anak bisa bermain air dan juga terdapat wahana edukasi berupa sentuhan story telling yang menceritakan mengenai budaya di Yogyakarta dan bajak laut Eropa.

Jogja Bay Waterpark menawarkan 19 wahana permainan yang seru dengan harga tiket masuk hanya Rp100.000, baik untuk weekdays maupun weekend. Kamu juga bisa mengunjungi tempat wisata ini setiap harinya pada pukul 09.00-16.00 WIB.

Gembira Loka Zoo

Credit : Alodia Tour

Salah satu wisata keluarga yang paling banyak dikunjungi di kota Jogja adalah Gembira Loka Zoo. Akses menuju tempat ini sangatlah mudah, yaitu terletak di Jl. Kebun Raya No.2, Rejowinangun, Kotagede.

Gembira Loka Zoo menawarkan keindahan alam serta satwa yang beragam jenisnya. Tempat ini terbagi menjadi enam zona, yaitu Zona Burung, Zona Cakar, Zona Mamalia, Zona Petting Zoo, Zona Primata, dan Zona Reptil.

Harga tiket masuknya sebesar Rp60.000 saat weekdays dan Rp75.000 saat weekend. Jam operasionalnya yaitu dari pukul 08.00-16.00 WIB, tetapi jika kamu ingin berinteraksi dengan hewan di beberapa zona sebaiknya kamu mencari informasi terkait jam kunjungnya.

Chocolate Monggo Museum & Factory 

Credit : GenPI Jogja

Coklat Monggo Museum bisa menjadi pilihan alternatif kamu untuk berlibur bersama keluarga, karena disini ada paket creating dimana anak-anak bisa belajar langsung mengenai bagaimana cara membuat kepingan coklat.

Museum ini beralamatkan di Jl. Tugu Gentong, Sribitan, Kasihan, Bantul. Kamu bisa mengunjungi museum ini pada pukul 09.00 sampai 17.00 WIB. Harga tiket masuk museum yakni sebesar Rp40.000, tetapi untuk aktivitas creating sendiri dikenakan tarif Rp15.000

Semoga rekomendasi tempat wisata di atas dapat membantumu merencanakan liburan yang menyenangkan di Jogja bersama keluarga. Selamat berlibur!