Wisata Batam – Destinasi ini berlokasi di Kepulauan Riau yang dekat dengan negara tetangga Singapura dan Malaysia. Sudah tidak asing jika Batam merupakan tempat transit perdagangan terbesar dari Singapura di Indonesia.

Wilayah Kepulauan Batam pun memiliki keindahan alam yang menakjubkan seperti wista bahari hingga wisata sejarahnya. Selain itu, kamu juga dapat berburu kuliner laut segar dengan olahan hidangan khas melayu yang lezat. Di Batam juga terdapat banyak resort dan penginapan menarik di sekitar kawasan pantai.

Cocok bagi kamu yang mencari tempat untuk liburan keluarga atau sekedar menenangkan diri dengan suasana yang lebih intim. Apa saja rekomendasi wisata Batam yang bisa kamu kunjungi ketika berlibur ke Batam? Berikut daftarnya.

 

Credit: Kompas Regional

Jembatan Barelang

Meskipun hanya sebuah jembatan, jangan meremehkan tempat yang dijadikan sebagai salah satu objek wisata populer ini di Batam. Landscape jembatan ini sangat indah, terutama pada malam hari. Terdapat 6 jembatan yang menghubungkan Kota Batam dengan Pulau Rempang dan Pulau Galang.

Jembatan Balerang merupakan satu yang paling ikonik di kota ini. Kemegahan jembatan dengan lampu-lampu jembatan yang temaram membuat tempat ini menjadi salah satu spot foto terpopuler di Batam. Kamu butuh waktu sekitar 30 menit untuk sampai ke tempat ini dari titik keberangkatan Bandara Hang Nadim Batam.

 

Credit: Pantainesia

Pantai Melayu

Terdapat banyak pantai yang bisa kamu kunjungi di Batam, salah satu yang terbaik di antaranya adalah Pantai Melayu yang berlokasi di Batu Besar, Nongsa, Batam. Letaknya sekitar 7 kilometer dari Bandara Hang Nadim Batam.

Di kawasan ini terdapat banyak resort yang dapat kamu pilih sebagai tempat menginap yang nyaman dan strategis dari Pulau Rempang. Kamu juga bisa menikmati suasana tropis yang menenangkan dengan panorama laut biru dengan ombak yang cenderung tidak terlalu besar.

Banyak pepohonan khas pantai yang ada di sekitar pesisir pantai untuk menjadi tempat kamu berteduh sembari bersantai menikmati suasana dan angin pantai.

 

Credit: Pantainesia

Pantai Ocarina

Cari pantai yang dekat dengan Bandara Hang Nadim dan pusat Kota Batam? Pantai Ocarina bisa menjadi pilihan yang tepat karena hanya butuh waktu sekitar 30-40 menit saja untuk sampai ke lokasi. Selain itu, pantai juga juga dekat dengan Pelabuhan Batam Center.

Kamu bisa melihat banyak kapal yang hilir mudik dari dan menuju negara tetangga, Singapura. Bukan sekedar pantai saja, di tempat ini banyak aktivitas menarik untuk hiburan keluarga bersama buah hati. Ada juga gazebo sebagai tempat untuk menikmati suasana pantai ala piknik di pantai.

 

Credit: Koran Memo

Kawasan Welcome to Batam

Kawasan “Welcome To Batam’ merupakan salah satu ikon utama kota ini untuk menyambut wisatawan atau pendatang. Lokasinya strategis dekat dengan berbagai pusat berpelanjaan dan fasilitas umum. Banyak wisatawan yang singgah ke kawasan ini untuk sekedar mengabadikan foto dengan latar khas Batam.

 

Credit: Phinemo

Pulau Ranoh

Tempat berikutnya terbilang cukup jauh dari pusat Kota Batam, yakni di bagian ujung Pulau Batam. Untuk sampai ke pulau ini, kamu perlu menyeberang menggunakan kapal kecil dari Jembatan 6 Balerang. Begitu sampai, kamu akan disuguhkan dengan pemandangan khas pulau tropis.

Hamparan pantai berpasir putih dengan jajaran pepohonan kelapa yang menjulang tinggi disertai angin sepoi-sepoi yang menenangkan pasti membuat liburanmu lebih refreshing.

 

Credit: iNews Portal

Ex-Camp Vietnam

Tidak hanya wisata alam saja yang dapat kamu temukan di Batam. Terdapat sebuah kawasan wisata unik yang masih dalam kawasan Jembatan 6 Balerang. Tempat wisata ini dikenal dengan nama Ex-Camp Vietnam. Pada tahun 1970-an, tempat ini merupakan sebuah kawasan pengungsian penduduk Vietnam untuk menghindari perang.

Warga Vietnam pada masa itu berbondong-bondong mencari suaka untuk mengungsi dan Pulau Galang menjadi tujuan utama. Akhirnya selama masa perang berlangsung, mereka mengungsi di kawasan ini dan kemudian kembali ke Vietnam setelah perang usai.

 

Credit: Agoda

KTM Resort

Penginapan ini cukup populer di kalangan wisatawan atau pengujung yang datang ke Batam. Tempat ini juga sering menjadi pilihan warga Batam dan Singapura untuk berlibur melepas penat.

Tidak hanya nyaman dengan pemandangan tropis yang indah, kamu juga bisa menikmati kuliner laut segar dengan berbagai olahan. Tempat yang sangat cocok sebagai pilihan liburan keluarga bersama buah hati.

 

Credit: Tribun Batam

Taman Rusa Sekupang

Sekitar 15 menit dari pusat kota, terdapat sebuah tempat wisata alam yang menarik, yaitu Taman Rusa Sekupang. Suasana di kawasan ini membuat kamu seakan sedang berada di Australia yang khas dengan binatang satu ini.

Tempat ini sangat cocok untuk mengajak sang buah hati untuk berlibur akhir pekan. Kamu bisa mengajak buah hati untuk bermain sekaligus mengedukasi.

 

Credit: Tripadvisor

Wisata Kuliner Piayu Laut

Nah, bagi kamu yang gemar berburu kuliner, kamu wajib datang ke Wisata Kuliner Piayu Laut. Terdapat banyak hidangan atau olahan makanan laut segar seperti ikan, cumi, udang, dan sejenisnya. Kamu juga bisa menemukan hidangan Gonggong yang merupakan makanan laut khas Batam yang hanya dapat kamu temukan di Kepulauan Riau saja.

Sayang sekali bukan jika kamu lewatkan? Tidak hanya makanan laut biasa saja yang ada di sini, banyak juga jenis makanan laut khas Melayu yang sulit kamu dapatkan di kota lain. Selain itu, kamu juga akan ditawarkan sensari makan di atas laut dengan pemandangan yang tentunya anti-mainstream.

 

Credit: Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam

Kebun Jambu Marina

Salah satu tujuan wisata utama untuk berlibur bersama keluarga di Batam adalah Kebun Jambu Marina yang terletak di Sekupang. Kamu bisa membeli jambu dengan memetik langsung dari pohonnya sehingga jambu yang kamu beli masih segar.

Hanya saja kamu tidak boleh memetik sendiri untuk menjaga pepohonan jambu di sini agar tidak sengaja dirusak oleh pengujung. Pemandangan di tempat ini pun cukup indah dengan view hijau persawahan.

 

Baca Juga:
Romantis! Ini Nih 10 Tempat Honeymoon Pilihan Terbaik di Indonesia
Nggak Cuma Mandalika, Wisata Sembalun Surganya Panorama di Lombok

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali