Paket Liburan BandungLiburan adalah cara yang paling menyenangkan untuk melepaskan diri dari rutinitas sehari-hari. Mau menikmati liburan yang berbeda dan sekaligus mempelajari budaya Indonesia?

Bandung adalah tempat yang harus dikunjungi. Kota ini sangat kaya akan budaya Jawa Barat. Namun, liburan ke tempat seperti itu mungkin akan membosankan. 

Oleh karena itu, berikut rekomendasi tempat wisata di Bandung agar dapat belajar tentang budaya tanpa bosan. Baca selengkapnya di bawah ini yuk!

Saung Angklung Udjo

Credit : Kompas

Salah satu dari kamu mungkin pernah mengunjungi tempat wisata Bandung ini saat kecil. Anak-anak sering mengunjungi tempat ini selama liburan sekolah. 

Tapi jangan khawatir, semua orang bisa datang ke sini. Tempat ini penuh dengan pengunjung lokal dan asing. Selain mengajarkan tentang angklung, Saung Angklung Udjo mengajarkan kesenian Jawa Barat lainnya. Seperti wayang golek.

Kamu dapat menyaksikan pertunjukan wayang golek sambil bermain angklung bersama wisatawan lainnya. Tempat wisata ini berada di Jalan Padasuka No. 118, Pasirlayung, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Berminat ke sini? Saung Angklung Udjo buka setiap hari mulai pukul 09.00 hingga 16.00 WIB.

Kampung Adat Cireundeu

Credit: TelusuRI

Indonesia memiliki kebudayaan khas dan unik. Salah satunya adalah berada di Kampung Adat Cireundeu. 

Tempat ini sangat cocok untuk mereka yang ingin mempelajari adat Cireundeu yang sudah ada sejak lama. Beberapa tradisi unik penduduk lokal termasuk singkong sebagai makanan pokok. 

Keyakinan Sunda Wiwitan yang mereka pegang teguh, puncak salam atau tempat meditasi sebagai cara untuk menunjukkan rasa syukut kepada alam. Juga pintu samping rumah yang menghadap ke timur.

Kamu dapat mengunjungi Kampung Adat Cireundeu untuk menyaksikan keunikan budayanya.  Terletak di Jalan Cirendeu, Leuwigajah, Cimahi Selatan, Cimahi, Jawa Barat.

Jika beruntung, kamu juga dapat melihat seni tradisional seperti gondang, karinding, dan angklung buncis. Bikin penasaran, kan?

Baca Juga: Wisata ala Pedesaan dengan Sentuhan Modern di Dusun Bambu Bandung

Taman Budaya Jawa Barat

Credit: Satu Harapan

Obyek wisata selanjutnya yaitu Taman budaya Jawa Barat. ini berada di Jalan Bukit Dago Utara No. 53, Dago, Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat. 

Tempat ini menampilkan banyak budaya, di antaranya Tari Jaipong, Angklung, Wayang Golek, Kuda Lumping, Pantun Bubun, Sandiwara, dan banyak lagi.

Tempat ini memiliki galeri pameran untuk lomba, diskusi, dan pameran seni. Selain itu, dapat menikmati makanan khas Jawa Barat sambil menikmati suasana Kota Bandung.

Museum Sri Baduga

Credit: Geotourism Guide

Selanjutnya kamu bisa mendatangi Museum Sri Baduga. Museum Sri Baduga menyimpan banyak barang dari zaman prasejarah hingga kolonial. 

Lantai satu bangunan menampilkan arca, replika gua, dan sisa-sisa kerajaan Pajajaran masa lalu. Barang tradisional, alat musik khas Jawa Barat, dan permainan dapat ditemukan di lantai dua.

Lantai ketiga adalah tempat yang paling unik. Sebab di sana akan menemukan koleksi seni seperti lukisan, senjata, dan perhiasan yang sangat berharga. 

Oleh karena itu, keamanan sangat ketat. Tempat wisata di Kota Bandung dapat dikunjungi setiap hari kecuali pada hari Senin. Dibuka mulai pukul 08.00 WIB. Lokasinya di Jalan BKR No. 185, Pelindung Hewan, Astanaanyar, Kota Bandung, Jawa Barat.

Kampung Adat Cikondang

Credit: detikNews

Kampung Adat Cikondang terletak di Desa Lamajang, Kabupaten Pangalengan, Provinsi Jawa Barat. Kampung ini adalah rumah yang berusia 200 tahun bagi orang Sunda. Rumah-rumah Kampung Adat Cikondang terbuat dari bambu, kayu, dan ijuk, dan penduduknya tidak perlu menggunakan paku. Mereka hanya menggunakan tali ijuk sebagai pengait.

Kampung ini tidak hanya memiliki rumah yang khas, tetapi juga tetap menjalankan tradisi tradisional mereka. Seperti yang dilakukan pada tanggal 15 Muharram. Untuk menyambut hari besar tersebut, orang-orang akan menumbuk beras menggunakan lesung. Dilakukan sejak jauh-jauh hari dan memasak masakan tradisional untuk upacara.

Suasana tradisionalnya sangat terasa. Mengunjungi tempat ini tidak hanya memberikan pengalaman yang menyenangkan, tetapi juga pengalaman yang bisa Anda pelajari dan simpan selamanya.

 

 

Jadi, apakah kamu tertarik mengunjungi tempat wisata budaya di Bandung? Bandung punya nilai budaya kaya dan unik yang sayang untuk dilewatkan. Suasana tradisionalnya sangat terasa. Kunjungan ke tempat ini tidak hanya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung