Paket Wisata Bandung – Indonesia, negara yang kaya akan keindahan alam dan budayanya, memiliki banyak destinasi wisata yang menarik di berbagai daerah.

Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi tujuan wisatawan untuk berlibur, demi menikmati keindahan alam dan budaya Indonesia yang khas.

Banyak tempat-tempat wisata di Bandung yang bisa dikunjungi untuk berlibur, salah satunya adalah Dusun Bambu, sebuah tempat yang menggabungkan pesona pedesaan dengan sentuhan modern.

Dusun Bambu bukan hanya sekadar tempat wisata biasa, tetapi juga merupakan kompleks rekreasi yang menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan bagi pengunjung. Di kesempatan ini, yuk kita eksplor lebih dalam tentang keindahan dan keunikan Dusun Bambu! Jadi tetap perhatikan artikel ini sampai akhir ya!

Sejarah dan Konsep Dusun Bambu

Credit: Travel Kompas

Dusun Bambu merupakan proyek yang diinisiasi oleh keluarga Katamso, yang memiliki visi untuk menciptakan tempat wisata yang ramah lingkungan dan memberikan pengalaman autentik.

Dibuka pada tahun 2013, Dusun Bambu terletak di kawasan Bandung Utara dengan pemandangan alam yang menakjubkan, termasuk Danau Patenggang dan Gunung Burangrang.

Konsep Dusun Bambu dirancang dengan memadukan keelokan alam pedesaan dengan fasilitas modern.

Sebagian besar bangunan di sini menggunakan bambu sebagai bahan utama, memberikan sentuhan tradisional pada suasana keseluruhan. Dengan mengutamakan keberlanjutan dan ramah lingkungan, Dusun Bambu menjadi contoh bagaimana wisata bisa bersinergi dengan alam.

Daya Tarik Wisata Dusun Bambu

Arsitektur Unik dari Bambu

Credit: Arocki

Salah satu daya tarik utama Dusun Bambu adalah arsitektur bangunan yang dibuat dari bambu. Mulai dari rumah makan, paviliun, hingga villa, semuanya dirancang dengan kreativitas tinggi dan memanfaatkan kekuatan serta keindahan bambu sebagai bahan utama.

Kuliner Nusantara dengan Suasana Pedesaan

Credit: Tripadvisor

Dusun Bambu menawarkan berbagai pilihan kuliner Nusantara yang lezat. Di sini, kamu dapat menikmati hidangan khas Indonesia dalam suasana pedesaan yang tenang. Restoran di sini juga dikenal karena menyajikan makanan organik dan menggunakan bahan lokal.

Baca Juga: 3 Spot Liburan Seru & Estetik di Bandung

Taman Bambu dan Aktivitas Outdoor

Credit: Paket Wisata Bandung

Dusun Bambu memiliki taman hijau yang luas, dikelilingi oleh pepohonan dan tanaman bambu. Kamu dapat menikmati kegiatan outdoor seperti bersepeda, berjalan-jalan, atau sekadar bersantai di tepi danau.

Paviliun Acara dan Kegiatan Budaya

Dusun Bambu sering menjadi tuan rumah berbagai acara dan kegiatan budaya. Mulai dari pertunjukan seni tradisional hingga konser musik modern, tempat ini menawarkan pengalaman berbeda setiap kali pengunjung datang.

Penginapan Bergaya Bambu

Credit: Dirgantara Car Rental

Bagi kamu yang ingin menghabiskan lebih banyak waktu di Dusun Bambu, tersedia villa-villa bergaya bambu yang menawarkan kenyamanan tinggal sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Harga Tiket Masuk dan Jam Operasional

Harga tiket masuk Dusun Bambu di Bandung bervariasi tergantung hari dan musimnya:

Weekday (Senin-Jumat):

  • Dewasa: Rp20.000,00
  • Anak-anak (3-12 tahun): Rp10.000,00

Weekend (Sabtu-Minggu) dan Libur Nasional:

  • Dewasa: Rp30.000,00
  • Anak-anak (3-12 tahun): Rp15.000,00

Peak Season (Libur sekolah, Lebaran, Natal, Tahun Baru):

  • Dewasa: Rp40.000,00
  • Anak-anak (3-12 tahun): Rp20.000,00

Harga tiket sudah termasuk voucher senilai Rp10.000,00 yang dapat ditukarkan dengan makanan dan minuman (tidak termasuk Kopi Nusantara, Walini, dan produk ritel).

Jam operasional Dusun Bambu yaitu buka setiap hari dari pukul 09.00 – 20.00 WIB, namun aktivitas di tempat ini terhenti sampai pukul 17.30 WIB. 

Catatan: Harga tiket dan jam operasional dapat berubah sewaktu-waktu. Sebaiknya periksa informasi terbaru di website resmi Dusun Bambu sebelum berkunjung.

Tips Wisata ke Dusun Bambu

  1. Waktu Terbaik untuk Berkunjung
    Sebaiknya kunjungi Dusun Bambu saat cuaca cerah untuk menikmati pemandangan alam yang indah. Hindari hari-hari libur nasional untuk menghindari keramaian.
  2. Aktivitas Outdoor
    Jangan lewatkan kesempatan untuk mengeksplor taman hijau dan berbagai kegiatan outdoor. Bawa kamera untuk mengabadikan momen-momen seru.
  3. Cicipi Kuliner Lokal
    Cobalah berbagai hidangan lezat di restoran-restoran Dusun Bambu. Pastikan untuk mencicipi hidangan khas Sunda yang autentik.
  4. Paket Wisata Keluarga
    Dusun Bambu adalah tempat yang ramah keluarga. Ada paket wisata khusus untuk keluarga yang mencakup berbagai kegiatan untuk semua anggota keluarga.

Dusun Bambu di Bandung tidak hanya menjadi destinasi wisata populer, tetapi juga menjadi inspirasi untuk pengembangan tempat wisata berkelanjutan.

Dengan menyajikan kombinasi antara keindahan alam, arsitektur unik, dan fasilitas modern, Dusun Bambu berhasil menciptakan pengalaman wisata yang tak terlupakan bagi setiap pengunjung.

Jadi, jika kamu berencana untuk menghabiskan waktu di Bandung, jangan lupa untuk menyempatkan diri berkunjung ke Dusun Bambu dan merasakan pesonanya yang luar biasa.

Paket Wisata di Bandung

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bandung