Semenjak populernya film Laskar Pelangi yang berhasil mengeksplor habis keindahan pulau Belitung. Membuat Keindahan wisata di Bangka, saudara satu provinsi Belitung ini seakan tenggelam. Sebenarnya keindahan seperti apa sih yang ada di wisata di Bangka ?

Berikut ulasan tentang wisata di Bangka yang harus kamu ketahui

Pantai Pasir Padi | Sunset Terindah Wisata di Bangka

Di Bangka, kamu juga bisa menyaksikan matahari tenggelam yang cantik. Pantai Pasir Padi adalah tempatnya. Keunikan lain Pantai Pasir Padi adalah struktur pantainya yang begitu landai. Pasir pantainya pun begitu lembut dan halus di kaki. Tentu tempat yang nyaman untuk merebahkan badan di atas pasirnya. Pohon-pohon kelapa di sepanjang pantai menjadi pelengkap suasana.

wisata di bangka

Pantai Pasir Padi

Pantai Pasir Padi pun mudah dicapai, karena hanya berjarak sekitar 7 Kilometer dari Pangkalpinang. Di pantainya juga sudah terdapat hotel dan penginapan. Ada juga restoran atau rumah makan yang menyediakan aneka macam hidangan yang  lezat. Lengkap !

Pantai Parai Tenggiri | Sunrise Terindah Wisata di Bangka

Selain pantai Pasir Padi, Bangka juga memiliki pantai yang tak kalah indahnya. Tak jauh dari kota Pangkal Pinang, tepatnya di kota Sungailiat terdapat pantai yang cukup populer di Bangka. Pantai Parai Tenggiri namanya.

wisata pantai di bangka

Pantai Parai Tenggiri

Disarankan berangkat subuh dari Kota Pangkalpinang, agar bisa menyaksikan sunrise dari Pantai Parai Tenggiri yang terkenal indah. Untuk jarak tempuh, Pantai Parai Tenggiri dapat dicapai dengan waktu 40 menit dari kota Pangkalpinang dengan kendaraan pribadi atau sewaan.

Setelah menyaksikan matahari terbit, manjakan diri dengan bermain pasir atau sekedar main air di bibir pantai. Banyak fasilitas yang tersedia di pantai ini, seperti speedboat, jet ski, Kolam renang, hingga restoran. Intinya tidak kalah indah dan lengkap dengan pantai di daerah Bali.

Pesanggrahan Menumbing | Wisata di Bangka Tempat Perasingan Bung Karso & Bung Hatta

Pulau Bangka ternyata pernah menjadi saksi bisu perjuangan Indonesia di masa lalu. Di Kota Muntok terdapat sebuah pesanggrahan Menumbing yang pernah menjadi tempat pengasingan tokoh proklamasi, Bung Karno dan Bung Hatta.

wisata di bangka wisata sejarah

Pesanggrahan Menumbing  

Semua sejarah tentang pengasingan ini bisa kamu baca dari surat-surat dan foto-foto yang  terpajang di ruang kerja Bung Karno. Mulai dari tulisan Ali Sastroamidjojo untuk Bung Hatta, foto-foto pemimpin bangsa Indonesia yang pernah diasingkan di Pulau Bangka, dan juga tulisan-tulisan tentang kontribusi terhadap pembangunan di Bangka yang sudah mereka lakukan selama di Menumbing.

Secara geografis, Pesanggrahan Menumbing berjarak sekitar 15 Kilometer dari kota Muntok. Kalau dari kota Pangkalpinang bisa menghabiskan waktu sekitar tiga jam perjalanan. Usahakan untuk berangkat pagi menuju Pesanggrahan Menumbing agar bisa pergi menuju destinasi lainnya di tempat lain.

Pantai Teluk Limau

Tak jauh dari  Pantai Parai Tenggiri, ada lagi pantai yang tak kalah keren. Pantai Teluk Limau namanya. Bila pantai Parai Tenggiri terkenal dengan sunrisenya yang indah, pantai Teluk Limau terkenal memiliki sunset yang ciamik.

pantai indah di bangka

Pantai Teluk Limau

Berada di antara Pantai Parai Tenggiri dan Pantai Matras, Pantai Teluk Limau juga menyajikan pemandangan indah khas dengan batuan granit berukuran besar. Adapun pantai ini tidak terlalu luas, namun tidak sedikit wisatawan datang kemari, khususnya untuk melihat sunset.

Jika ingin berburu sunset, kamu dapat sambil menikmati keindahan Pantai Teluk Limau atau sekedar berfoto dengan latar batuan granit raksasa. Pantai Teluk Limau dapat ditempuh dengan waktu sekitar 15 menit Dari pusat Kota Sungailiat. Pastikan Anda tiba lebih awal ke pantai sebelum sunset tiba, atau menyesal nantinya.

 

Nah gimana nggak kalah indahnya dengan pantai yang ada di Belitung. Mau liburan ke Bangka – Belitung ?  Yuk Buruan pesan paket wisatanya di web Labiru. Reservasi dan bantuan bisa hubungi CS kami di 0823-1405-7888 🙂

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda