Wisata di Cirebon – Cirebon adalah kota yang terletak di pesisir utara pulau Jawa. Wilayah yang menjadi perbatasan antara Jawa Tengah dengan Jawa Barat ini adalah salah satu kota penting dalam di pulau Jawa. Terlihat dari setiap musim lebaran tiba, kota ini selalu dilintasi oleh pemudik yang hendak menuju ke kota-kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur. Lalu selain, menjadi kota persinggahan, Cirebon juga mempunyai obyek wisata yang layak untuk dikunjungi. 

Lalu apa saja sih destinasi wisata di Cirebon ? Yuk simak ulasan Labiru berikut ini

Taman Gua Sunyaragi, Wisata di Cirebon

Taman Gua Sunyaragi terletak di jalan Brigjen Darsono, Kelurahan Sunyaragi, Cirebon. Taman ini merupakan bangunan cagar budaya yang berada di lahan seluas 1,5 hektar. Bangunan ini didirikan oleh Pangeran Arya Carbon pada tahun 1703. Pada eranya dulu, tempat ini digunakan sebagai tempat bertapa atau beristirahat bagi keluarga para penguasa Cirebon.

Taman Gua Sunyaragi, Wisata di Cirebon

Secara keseluruhan, terdapat 18 bangunan kuno di seluruh kawasan ini dengan arsitektur campuran Indonesia Klasik dan unsur China. Tempat ini sangat tepat untuk dijadikan sebagai tempat hunting foto karena ornamen – ornamen yang berada di seluruh bangunan begitu eksotis.

Keraton Kasepuhan, Wisata di Cirebon

Bukanya hanya Yogyakarta dan Solo yang mempunyai keraton. Cirebon juga mempunyai keraton yang terletak di Jalan Jagasatru, Cirebon. Keraton Kasepuhan ini aslinya bernama Keraton Pakungwati sesuai dengan gelar yang disandang oleh pendiri bangunan ini yaitu Pangeran Mas Mochammad Arifin II dengan gelar Panembangan Pakungwati II. Keraton ini didirikan oleh beliau pada tahun 1529.

Keraton Kasepuhan, Wisata di Cirebon

Keraton Kasepuhan ini sangat kental dengan kebudayaan Cirebon dan suasana Cirebon tempo dulu. Saat memasuki wilayah keraton ini kamu akan merasakan suasana Cirebon pada jaman dahulu. Banyak ornamen-ornamen bangunan yang terpengaruhi banyak budaya luar seperti India, Cina Arab, dan Eropa, tapi anda tetap bisa merasakan Kebudayaan Jawa dan Sunda yang masih begitu kental.

Batik Trusmi, Wisata di Cirebon

Batik Trusmi, Wisata di Cirebon

Bila kamu adalah seorang kolektor batik kamu harus mampir ke tempat wisata di Cirebon yang satu ini. Kerajinan Batik Trusmi terletak di Desa Trusmi, Trusmi Kulon, Plered. Di tempat ini kamu dapat menemukan batik pesisir dan batik keraton. Beberapa desain batik yang masih dikerjakan oleh warga Trusmi adalah Mega Mendung, Patran Keris, Paksinaga Liman, Patran Kangkung, Singa Bayong, Singa Payung, dan masih banyak lagi desain lainnya. 

Keraton Kanoman, Wisata di Cirebon

Keraton Kanoman

Satu lagi keraton yang ada di Cirebon. Yaitu Keraton Kanoman yang terletak di Kampung Kanoman Jl. Winaon, Kelurahan Lemah Wungkuk. Pada awalnya berdiri pada tahun 1588 keraton ini menjadi pusat dari peradaban Kesultanan Cirebon sebelum terpecahnya menjadi Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, Keraton Keprabon, dan Keraton Kanoman. Keraton Kanoman didirikan oleh Pangeran Badridin dan Pangeran Kertawijaya.

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Masjid Agung Sang Cipta Rasa

Di dekat Keraton Kasepuhan terdapat sebuah bangunan masjid kuno, yaitu Masjid Agung Sang Cipta Rasa. Masjid yang pada mulanya bernama Masjid Pakungwati ini berada di Jalan RA Kartini, Kecamatan Kejaksan, atau tepatnya berada di dalam komplek Keraton Kasepuhan. Masjid ini didirikan oleh para wali songo pada masa pemerintahan Sunan Gunung. Masjid ini telah menjadi ikon kota Cirebon. Terdapat 9 pintu di masjid ini yang melambangkan Wali Songo.

.

Naah, jadi itu tadi wisata yang bisa kamu singgahi saat lewat kota Cirebon ini. Selain bisa istirahat ketika mudik, kamu juga bisa bersenang – senang di wisata tersebut, Selamat Liburan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda