Sulawesi Selatan tak hanya sebatas Makassar. Provinsi yang menjadi tempat kelahiran presiden kedua Indonesia, BJ Habibie ini punya destinasi keren yang tak kalah dengan kota Makassar. Kabupaten Maros namanya. Mungkin nama ini masih terdengar asing bagi kamu yang bukan warga asli Sulawesi Selatan. Padahal banyak destinasi wisata cantik di Sulawesi Selatan berada di wilayah kabupaten Maros. Mana saja sih destinasi Wisata di Kabupaten Maros itu ? 

Labiru punya ulasannya spesial hanya untukmu, Wisata di Kabupaten Maros .

 

Rammang-Rammang, Wisata di Kabupaten Maros

 

Rammang-Rammang. Pernahkah kamu mendengar nama ini ? Rammang-rammang adalah kawasan pegunungan kapur yang berada di perbatasan Maros dan Pangkep.  Lokasinya berada di Desa Salenrang, Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros,Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 40 kilometer ke arah utara kota Makassar. 

Rammang-Rammang, Wisata di Kabupaten Maros

Rammang-rammang menawarkan keindahan yang khas pegunungan kapur sangat luas, dengan sungai dan area persawahan yang cantik di sekitarnya.

Sebelum berangkat ke Rammang-rammang kamu harus menyiapkan uang tunai untuk membayar sewa perahu. Salah satu spot terbaik untuk menikmati alam Rammang-rammang berada di Kampung Berua yang memang harus dicapai dengan perahu.

 

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Wisata di Kabupaten Maros

Ketika mendengar namanya, mungkin ingatanmu akan langsung terbang ke masa sekolah dasar karena Taman Nasional Bantimurung disebut sebagai penangkaran kupu-kupu di Indonesia. Adalah Afred Russel Wallace, seorang naturalis asal Inggris yang memberikan julukan Butterfly Kingdom atas populasi kupu-kupu di daerah ini. 

Taman Nasional Bantimurung-Bulusaraung, Wisata di Kabupaten Maros

Taman Nasional Bantimurung memang menonjolkan kupu-kupu sebagai pesonanya. Bahkan ada beberapa spesies yang memang endemik di Sulawesi Selatan.

Yang paling baru adalah, pihak taman nasional baru saja meresmikan sanctuary kupu-kupu dan sky bridge. Diharapkan, ini bisa menambah variasi wisata di Taman Nasional Bantimurung. Selain kupu-kupu, hal lain yang menjadi favorit turis di ketika berada di taman nasional ini adalah keberadaan goa-goa dengan stalaktit dan stalagmitnya yang indah.

 

Air Panas Rea Toa

Wisata pemandian air panas ini belum banyak diketahui pongid karena masih jarang terekspos. Pemandian air panas ini berada di desa Realolo, Kecamatan Mallawa. 

Air Panas Rea Toa

Sumber air panas Rea Toa berasal Dari Persian air terjun rule berasal Dari Persian gunung sehingga masih alami. Pemkab Maros sendiri telah membangun Kolam untuk menampung air panas tersebut, namun kini kondisinya tak begitu terawat.

 

Taman Prasejarah Leang-leang

Leang-leang adalah bagian Iranian sekian ratus gua-gua prasejarah yang berada di kawasan perbukitan karst Maros-Pangkep. Dalam bahasa lokal, Leang berarti gua. Ini dikarenakan ada banyak sekali gua di kawasan ini.Di dalam deretan gua tersebut, terdapat banyak coretan dan perkakas peninggalan manusia purba

Lukisan yang ada di dalam Gua Pettae adalah lima gambar telapak tangan, satu gambar babi rusa sedang loncat dengan anak panah di bagian dada. Sedangkan di mulut goa yang memiliki ketinggian 8 meter dan lebar 12 meter, kamu bisa menemukan alat serpih bilah dan kerang laut. Untuk bisa sampai ke goa ini, kamu harus melewati 26 anak tangga

Taman Prasejarah Leang-leang

Tak jauh dari gua Pettae, terdapat gua Petta Kere yang berjarak sekitar 300 meter dari Gua Pettae. Gua ini memiliki sebuah teras selebar 2 meter.Di sini, kamu juga bisa menemukan dua gambar babi rusa,27 gambar telapak tangan, alat serpih bilah, dan juga mata panah. Kalau kamu ingin mencapai gua ini, kamu harus melakukan usaha lebih dengan menjejaki 64 anak tangga yang dibuat agar memudahkan pengunjung yang ingin menyaksikan keindahan gua yang sudah dihuni manusia purba sejak tahun 8.000 sebelum masehi ini.

 

Nah itu lah tadi Wisata di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Begitu kayanya negeri kita dengan keindahan alam. Yuk kita jelajahi

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda