Tour Karimunjawa – Karimunjawa, wilayah kepulauan yang terletak di utara Pulau Jawa, secara administratif termasuk kecamatan di Kabupaten Jepara. Jaraknya sekitar 45 mil arah barat laut dari Kota Jepara. Pulau Karimunjawa memiliki banyak pesona wisata yang memikat.

Selama masa penjajahan Belanda, Karimunjawa dikenal sebagai “Caribbean van Java“, menggambarkan keindahan alam yang mirip dengan Karibia. Terkenal dengan pesona alamnya, Karimunjawa menawarkan pemandangan lautan yang menawan dengan air biru jernih dan pasir pantai putih berkilau.

Waktu terbaik untuk mengunjungi Karimunjawa adalah selama musim kemarau, yaitu pada bulan Maret, April, Oktober, dan November. Bersiaplah menjelajahi surga kecil ini yang wajib dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup!

Taman Nasional Karimunjawa

Credit: Kompas

Taman Nasional Karimunjawa merupakan cagar alam laut yang kaya akan potensi wisata alam bawah laut seperti terumbu karang, karang lunak, kerang merah, penyu hijau, penyu sisik dan ikan hias.

Selain itu, terdapat satwa langka seperti Bangau Tong-Tong, Bangau Abu-Abu, Elang Laut Perut Putih dan Wedi-Wedi. Wisatawan juga dapat menjelajahi berbagai pantai dengan batu karang dan kehidupan bawah laut yang eksotis serta mengelilingi kawasan hutan bakau.

Pantai Pancuran

Credit: Tripadvisor

Pantai Pancuran merupakan pantai pasir putih dengan keindahan alam yang memikat. Sehingga pantai ini seringkali dijadikan destinasi para wisatawan untuk hunting sunrise.

Selain itu, wisatawan dapat menikmati fasilitas di Pantai Pancuran seperti mengunjungi Pancuran Bridge dan menikmati panorama alam sambil nongkrong santai di Café Pancuran Beach.

Pantai Tanjung Gelam

Credit: Kompas

Pantai Tanjung Gelam memiliki kesamaan dengan pantai-pantai lainnya di Karimunjawa, yakni keindahan sunset di sore hari yang cerah. Keindahan sunset di Pantai Tanjung Gelam berada di semenanjung atau daratan yang menjorok laut.

Tidak perlu khawatir, Pantai Tanjung Gelam memiliki perairan dangkal dengan ombak yang tenang, sehingga para wisatawan dapat bermain air dan berenang di bibir pantai.

Pantai Batu Topeng

Credit: Tribun

Pantai Batu Topeng merupakan pantai yang letaknya bersebelahan dengan Pantai Tanjung Gelam. Keunggulan Pantai Batu Topeng terletak pada pasir putih yang indah, sehingga tak heran jika pantai ini dipadati oleh wisatawan untuk menyaksikan sunset.

Anda bisa mencapai Pantai Batu Topeng melalui jalur darat maupun jalur laut. Dalam menunjang aktivitas wisata, penduduk lokal di sekitar pantai ini menyediakan fasilitas pendukung seperti beberapa warung makan dan minum untuk melepas suntuk. 

Pulau Cemara Kecil

Credit: TribunWiki

Pulau Cemara Kecil menjadi pulau dengan luas 1.5 hektar yang menjadi andalan saat liburan di Karimunjawa. Sesuai dengan namanya, pulau ini memiliki pohon cemara yang tidak berpenghuni sehingga kemurnian ekosistem pantai masih sangat terjaga.

Aktivitas yang dapat dilakukan di pulau ini adalah snorkeling untuk melihat keindahan bawah laut yang menawan dan kehidupan ikan-ikan hias yang super eksotis. Para wisatawan diharapkan untuk menjaga kebersihan dan mengabadikan momen terbaik mereka.

Pulau Menjangan Kecil

credit: tribunnewswiki

Pulau Menjangan Kecil menjadi salah satu destinasi favorit wisatawan selama berlibur di Karimunjawa. Pasalnya, wisatawan dapat masuk ke dalam permukaan kolam penangkaran hiu, lho.

Tak hanya itu saja, wisatawan juga dapat menikmati keindahan sunset pada sisi barat pulau ini. Pulau ini memiliki pasir pantai putih dengan ombak yang tidak terlalu besar, sehingga wisatawan dapat bermain air pada bibir pantai. Mereka menarifkan Rp30.000 per orang untuk masuk ke pulau ini.

Pulau Cilik 

Credit: idntimes

Pulau cilik merupakan bagian dari 27 pulau kecil di Karimunjawa yang menjadi destinasi wajib bagi para wisatawan. Bagaimana tidak, jika suguhan panorama keindahan laut biru yang jernih dan pasir yang putih terlihat sangat sempurna.

Kesempurnaannya akan bertambah jika sekelompok angelfish atau ikan layaran menampakkan diri ke permukaan. Uniknya, Pulau Cilik memiliki terumbu karang berwarna-warni dan serumpun anemon laut yang tumbuh subur.  

Pulau Geleang

Credit: inibaru

Pulau Geleang merupakan pulau dengan luas berkisar 24 hektar yang terletak di barat daya Karimunjawa. Aktivitas yang dapat dilakukan oleh para wisatawan di pulau ini adalah rekreasi, permainan bola kaki, permainan voli pantai, sunbathing dan snorkeling.

Wisatawan dapat mencapai Pulau Geleang hanya melalui jalur laut menggunakan perahu dengan waktu tempuh sekitar 45 – 60 menit. Meskipun tidak ada tarif tiket masuk, disarankan untuk membawa logistik yang cukup karena minimnya rumah makan.

Dengan keindahan alamnya yang menakjubkan, Karimunjawa menawarkan pengalaman wisata yang tak terlupakan. Jelajahi pesona wisata Karimunjawa dan rasakan keajaiban alamnya yang memikat.

Paket Wisata di Karimunjawa

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Karimunjawa
Tour Karimunjawa 4H3M
4 Hari 3 Malam
Karimunjawa
Tour Karimunjawa 3H2M
3 Hari 2 Malam
Karimunjawa