Paket TourGunung Merapi, sang gunung berapi aktif di Yogyakarta, nggak cuma terkenal dengan kemegahannya, tapi juga dikelilingi wisata seru yang sayang untuk dilewatkan. Buat kamu yang pengen liburan seru dan berkesan di kaki Gunung Merapi, wajib banget simak rekomendasi wisata berikut ini!

Di sini, kamu bakalan menemukan berbagai macam wisata yang menarik, mulai dari wisata alam yang indah, wisata edukasi yang seru, sampai wisata budaya yang unik. Dijamin, kamu gak bakalan bosen deh selama liburan di daerah Merapi!

The World Landmark Merapi Park

credit: Merapi Park Yogyakarta

Saat berkunjung ke tempat ini, para pengunjung seolah berada dalam permainan monopoli, karena mereka akan berkeliling ke replika-replika landmark terkenal dari berbagai penjuru dunia. Ikon-ikon terkenal seperti Menara Pisa, Kincir Angin Belanda, Big Ben London, Eiffel Paris, dan sebagainya dapat ditemui oleh para pengunjung.

Alamat: Jl. Kaliurang KM. 22,5, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman

Harga Tiketnya yaitu Rp 35.000

Museum Gunung Merapi

Credit: Visiting Jogja

Bagi yang tertarik dengan sejarah dan fenomena alam, Museum Gunung Merapi adalah tempat yang tepat. Dengan koleksi artefak, foto, dan penjelasan yang disajikan, pengunjung dapat memahami lebih dalam tentang sejarah serta kompleksitas alam di sekitar Gunung Merapi.

Alamat: Jl. Kaliurang No.Km 22, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Sleman

Harga tiketnya yaitu Rp 5.000

Baca Juga: Kampung Flory, Wisata Edukatif dengan Suasana Pedesaan

Bunker Kaliadem

Credit: Travel Kompas

Bunker Kaliadem merupakan destinasi yang menarik untuk dipelajari terkait upaya mitigasi bencana di wilayah Gunung Merapi. Pengunjung dapat melihat langsung struktur tempat perlindungan yang dibangun untuk menjaga keselamatan warga saat terjadi erupsi Gunung Merapi.

Alamat: Kinarejo, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman,

Harga tiket yaitu Rp 4.000

Stonehenge Cangkringan

Credit: Gudeg.net

Stonehenge Cangkringan menawarkan pengalaman unik dengan formasi batu yang mirip dengan situs Stonehenge di Inggris. Di sini, pengunjung dapat menikmati keindahan alam sekitar sambil mengagumi keunikan formasi batu yang menarik perhatian.

Lokasi: Trutan, Kepuharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman
Biaya masuk Rp 15.000 buka hingga pukul 17.00 WIB

Bukit Kali Kuning

Credit: Bakpia Kukus Tugu Jogja

Bukit Kali Kuning menawarkan panorama alam yang memukau dari ketinggian. Pengunjung dapat menikmati pemandangan indah sekitar Gunung Merapi sambil merasakan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Spot ini cocok untuk menikmati matahari terbenam atau sekadar bersantai sambil menikmati keindahan alam.

Lokasi: Jl. Bebeng, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Kabupaten Sleman
Biaya: Rp 3.000 – Rp 5.000

Bukit Klangon

Credit: iNews Jateng

Bukit Klangon adalah destinasi lain yang menawarkan pemandangan spektakuler dari ketinggian. Di sini, pengunjung dapat menikmati panorama alam yang menakjubkan sekitar Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Keindahan alam yang memukau membuat bukit ini menjadi tempat favorit untuk menikmati sunrise atau sekadar bersantai menikmati alam.

Lokasi: Kalitengah Lor, Glagaharjo, Cangkringan, Kab. Sleman

Harga tiket: Rp 4.000- Rp 5.000 

Desa Wisata Ledok Sambi

Credit: Travel Kompas

Tempat wisata ini menghadirkan konsep piknik unik di pinggir sungai, di mana pengunjung dapat bersantai, bermain air, dan menikmati hidangan lezat sambil dikelilingi panorama alam pedesaan yang asri. Ledok Sambi juga menyediakan berbagai aktivitas seru lainnya, seperti mendirikan tenda, mengikuti kegiatan outbound, dan mencoba wahana flying fox. 

Lokasi: di Jl. Kaliurang Km 19,2 Desa Sambi, Kecamatan Pakembinangun, Kab. Sleman. 

Harga tiket masuknya sukarela dan buka setiap hari hingga pukul 16.30 WIB.

Makam Mbah Marijan

Credit: Travel Kompas

Museum ini menjadi tempat yang menarik untuk mempelajari lebih dalam tentang sejarah dan kehidupan Mbah Marijan Di sini, pengunjung dapat menjelajahi koleksi artefak, foto, dan barang-barang peninggalan Mbah Marijan yang digunakan untuk melindungi dan mengelola Gunung Merapi.

Alamat: Bendesari, Glagaharjo, Kec. Cangkringan, Kabupaten Sleman

Harga tiket masuknya yaitu Rp 4.000

Air Terjun Tlogo Muncar

Credit: Alamat Jogja

Air Terjun Tlogo Muncar menawarkan pengalaman yang menyegarkan di tengah alam yang indah. Pengunjung dapat menikmati keindahan air terjun yang mempesona sambil merasakan semilir angin dan suara gemericik air. Tempat ini cocok untuk piknik keluarga dan berekreasi.

Lokasi: Area Hutan, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman
Harga tiket masuknya yaitu Rp 8.000

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta