Maldivesnya Indonesia – Pulau ini merupakan salah satu destinasi utama yang banyak menjadi favorit wisatawan di Indonesia. Tempat ini juga sering dikenal sebagai Maldives-nya Indonesia. Bukan tanpa alasan, perairan yang ada di pulau – pulau ini sangat jernih dan memiliki warna biru kristal yang menakjubkan.

Apalagi saat matahari menembus perairan menciptakan ilusi cermin yang membuat perairan berkilau dengan indahnya. Bagi kamu yang tinggal di seputaran Pulau Jawa, tidak perlu jauh-jauh ke Labuan Bajo ataupun Lombok, apalagi Maldives.

Kamu bisa ke Karimunjawa untuk menikmati suasana tropis bak di destinasi-destinasi teratas tersebut. Tempat ini tergolong private sehingga bagi kamu yang lebih menyukai susasana intim dan private, maka Karimunjawa akan menjadi tujuan wisata yang cocok untukmu.

 

Credit: LiburanYuk

Pantai Bobi / Pantai Bobby

Spot ini merupakan salah satu pantai di selatan Karimunjawa yang patut kamu kunjungi. Pantai ini memiliki pasir pantai putih yang eksotik. Kamu bisa menyusuri bibir pantai dengan panorama pegunungan yang indah.

Banyak juga warung di sekitar pantai yang dapat kamu singgahi untuk sekedar melepas dahaga dengan es kelapa muda yang segar. Selain itu, banyak pula spot foto yang bisa kamu abadikan dalam koleksi dokumentasimu.

Salah satu spot populer yang banyak diburu oleh pengujung pantai ini adalah spot ayunan tinggi yang menarik untuk kamu kunjungi.

 

Credit: InibaruId

Bukit Love / Monumen Karimunjawa

Bukit Love merupakan salah satu tempat ikonik yang juga dikenal dengan Monumen Karimunjawa, terdapat sebuah monumen bertuliskan “LOVE’ yang sangat ikonik di tempat ini. Tempat ini berlokasi tidak jauh dari Pantai Bobi, hanya memakan sekitar 15 menit waktu tempuh saja kamu sudah bisa sampai ke objek wisata yang satu ini.

Kawasan ini berada di atas bukit yang berhadapan langsung dengan panorama laut lepas dan hamparan pemandangan alam yang menakjubkan. Kamu dapat melihat pemandangan dari ketinggian dengan sudut pandang yang lebih luas.

Tempat ini juga populer sebagai salah satu spot matahari terbenam terbaik di Karimunjawa. Menariknya, kamu juga akan menemukan banyak spot foto dan cafe untuk sekedar menikmati suasana di tempat ini.

 

Credit: Pantainesia

Pantai Tanjung Gelam

Pantai ini terkenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menyaksikan matahari terbenam di Karimunjawa. Spot pantai ini ada tiga bagian, yaitu Pantai Tanjung Gelam, Sunset Beach, dan Pantai Batu Topeng. Kamu hanya perlu membayar biaya parkir satu kali saja dan kamu sudah bisa bebas menikmati ketiga pantai ini.

Ketiganya memiliki pesona tersendiri. Pantai ini berlokasi di bagian ujung utara pulau utama Karimunjawa. Suasananya yang tenang dengan daya tarik matahari terbenam yang eksotik sangat menenangkan. Cocok untuk menjadi tempat bersantai pada sore hari untuk melepas penat dan menenangkan diri.

 

Credit: Turisma Travel Services

Pantai Anora

Objek wisata ini merupakan salah satu pantai yang terletak di ujung timur Pulau Karimunjawa. Memiliki khas berpasir putih ini memiliki air biru kristal yang jernih dan sangat berkilau bak kristal saat terkena sinar matahari. Bahkan, dari permukaan pun kamu dapat melihat terumbu karang di bawah air dengan sangat jelas.

Sungguh pemandangan yang menakjubkan dan langka. Jika kamu tipe wisatawan yang tidak terlalu menyukai keramaian, maka pantai ini dapat menjadi salah satu pilihan terbaik. Pasalnya, pantai ini tergolong pantai yang masih jarang dikunjungi oleh wisatawan.

Kamu dapat menikmati suasana tenang dengan pemandangan laut lepas dari perbukitan yang menjorok langsung ke pantai, Bukit Anora namanya. Pesona matahari terbit di lokasi ini juga tidak patut kamu lewatkan.

 

Credit: Wisata Karimunjawa

Trekking Mangrove

Tertarik menikmati wisata bahari dengan cara yang berbeda? Kamu bisa melakukan trekking dengan menyusuri hutan magrove seluar 10.5 hektar yang dapat kamu tempuh sejauh 2 kilometer perjalanan. Tempat ini terletak dekat dengan Bandara Dewandaru Karimunjawa.

Cukup strategis untuk kamu kunjungi jika kamu berasal dari luar Karimunjawa. Sepanjang jalur trekking, kamu dapat menikmati eksotisnya pemandangan laut dan sesekali bersantai di rumah kayu yang tersedia di ujung jalur trekking. Datanglah pada pagi hari jika kamu ingin menikmati suasanan yang lebih tenang dan matahari belum terlalu terik.

 

Credit: TopiJelajah

Pulau Menjangan Kecil

Destinasi wisata ini sendiri terdapat dua, yaitu Menjangan Kecil dan Menjangan Besar. Pulau ini terkenal dengan keindahan wisata bawah lautnya yang menakjubkan. Terdapat banyak biota laut unik yang dapat kamu temukan di tempat ini. Tidak heran jika Menjangan Kecil menjadi salah satu spot utama bagi pecinta diving dan snorkeling.

Tidak hanya kamu dapat menemukan berbagai macam jenis terumbu karang yang cantik dan biota laut yang beragam, kamu juga dapat menemukan penangkaran hiu di pulau ini. Untuk memasuki pulau ini, kamu perlo merogoh kocek sebesar 20.000,- hingga 30.000,- per orang.

 

Credit: TribunWiki

Pulau Cemara Kecil

Ingin berlibur private bak di pulau pribadi? Jangan lewatkan pulau yang satu ini. Pulau ini merupakan sebuah pulau tak berpenghuni di Karimunjawa yang memiliki suasana tenang bak sedang berada di pulau pribadi. Kamu dapat mengunjungi pulau ini dengan menyeberang menggunakan perahu.

Sepanjang perjalanan menuju pulau ini, kamu akan disuguhkan pemandangan karang bawah laut dengan jelas di kedalaman sekitar 2 hingga 4 meter. Pulau ini juga tidak memiliki dermaga, jadi kamu harus berjalan kaki menuju daratan pulau.

Kamu tidak perlu khawatir karena perairan menuju pulau ini cukup dangkal dengan air laut yang cukup tenang. Pulau ini juga kerap menjadi persinggahan untuk makan siang saat wisatawan sedang mengeksplorasi pulau ke pulau.

Baca Juga:
Romantis! Ini Nih 10 Tempat Honeymoon Pilihan Terbaik di Indonesia
Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Semarang Baru Hits

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Lombok