Wisata kuliner di pontianak– Kuliner memang bisa menjadi magnet bagi para wisatawan. Jogja, Bandung, atau Bali misalnya – masuk dalam jajaran kota – kota tujuan wisata populer juga karna kenimatan kulinernya. ada  legi loh yang nikmat yaitu wisata kuliner di pontianak yang rasanya mantab sekali.

Setelah mengupas kuliner dari berbagai kota di pulau jawa, kali ini saya ingin ajak kalian melipir ke pulau kalimantan. Menengok kuliner pontianak yang kabarnya terkenal lezatnya, nah penasaran ada kuliner apa saja di sana, simak artikel di bawah berikut tentang wisata kuliner di pontianak.

Baca Juga: Recommended nih wusata di Indramayu yang sangat populer

Bubur Pedas

wisata kuliner di pontianak

Resep rahasia makanan khas ini menggunakan pucuk daun pakis

Bubur pedas adalah salah satu kuliner terpopuler dari kota pontianak. Kuliner satu ini terbilang spesial karna menggunakan bahan-bahan unik antar lain, pucuk daun pakis, daun lengkuas, dan daun-daun rempah lainya.

Rasa bubur inipun sangat kaya karena kamu bisa menemukan kangkung, daun kesum, serta kacang goreng, dan teri sebagai taburan di atasnya hmm lezat kan.

Burung Punai

wisata kuliner di pontianak

Lauk yang terbuat dari burung punai, burung yang mirip merpati

Burung Punai adalah jenis burung yang mirip dengan burung merpati, berwarnna hijau dan berparuh kemerahan, burung-burung tersebut di tangkap dengan cara di jaring dan banyak di temukan di sekitaran pontianak dan mempawah.

Nah burung ponai biasanya di olah dengan cara di bakar maupun di goreng, tekstur daging burung punai yang gurih dan lembut terasa lezat di santap, sehingga bagi kamu siapapun yang berkunjung ke pontianak wajib coba makanan khas pontianak ini.

Sotong Pangkong

wisata kuliner di pontianak

Makanan khas Pontianak yang biasanya di buat saat hari lrbaran umat muslim

Sotong pangkong adalah salah satu makanan khas pontianak yang muncul saat bulan ramadhan, sotong pakong terbuat dari cumi yang dikeringkan lalu di masak dengan cara di panggang, setelah di panggang cumi akan di pukul agar dagingnya lebih empuk, sotong ini biasanya di sajikan dengan dengan kuah kacacang, nah penasaran kan bisa kalian coba nih pas liburan ke pontianak di bulan ramadhan.

Lek Tau Suan

wisata kuliner di pontianak

Makanan dangan nahan pokok botiran kacang ijo

Makanan yang terbuat dari kacang hijau kupas, sesuai namanya lek tau suan sendiri berasal dari bahasa tionghoa yang berarti butiran mutiara kacang hijau. Lek tau suan dimasak dengan campuran kuah kental bening terbuat dari campran tepung tapioka, gula pasir, dan daun pandan, makanan ini di sajikan dengan gorengan cakwe, wahh mantap nih wajib di cicipi.

Mie Tiaw

wisata kuliner di pontianak

Ini dia salah satu makanan khas pontianak paling populer

Tak lengkap rasaya jika liburan ke pontianak tak mampir ke jalan pattimura untuk menyantap sepiring mie tiaw apollo. Di tempat ini tersedia mie tiaw goreng atau siram yang pastinya lezat di santap, mie tiaw gurih di tambah daging sapi, jeroan, telur, daun sawi, dan toge, di jamin bikin ketagihan,

Es Krim Petrus

wisata kuliner di pontianak

Ini dia Es yang di hidangkan dengan kelapa muda

Es krim ini memang sudah populer di pontianak maupun di kalangan wisatawan, es krim ini di buat secara homemade dan tersedia banyak rasa seperti coklat, vanila, strawberry, durian, campedak, hingga nangka. Dalam seporsi es krim terdapat pula bahan campuran lain seperti kacang merah, cincau hitam, agar-agar, dan lelehan coklat, nah seger banget kan cocok di minum pas terik panas.

Chai Kue

wisata kuliner di pontianak

Makanan khas pontianak yang terbilang tradisional

Chai Kue makanan khas pontianak dan tergolong kue tradisional. Chai berarti sayur jadi memang kue ini berisi sayur-sayuran, kua yang berbentuk pastel ini biasanya di olah dengan cara di kukus, tapi kue ini juga bisa di olah dengan cara di goreng juga loh unikkan.

Pangkang

Terbuat dari bahan beras dan ketan yang di jadikan satu di tambah gula jawa

Jangan ragu untuk menjajal salah satu kuliner khas pontianak ini. Pangkang terbuat dari beras ketan yang di dalamnya berisi ebi, pangkang kemudian di bungkus deengan daun pisang hingga membentuk kerucut dan di ikat dengan bambu kemudian di bakar, biasanya pangkang di sajikan dengan sambal, dan dimanakan pas masih hangat mantap pasti.

Es Lidah Buaya

wisata kuliner di pontianak

Siapa yang suka dengan tanaman lidah buaya, segar lo

Pontianak menjadikan lidah buaya sebagai salah satu komuditas andalannya , tak heran jika kamu menemukan makanan yang terbuat dari bahan dasar lidah buaya, nah salah satunyaa es lidah buaya ini yang laris di beli masyarakat pontianak. Nah es ini jadi bahasan terahir saya tentang wisata kuliner di pontianak

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda