Wisata Melihat Paus di Indonesia- Tak perlu jauh-jauh  berwisata ke luar Negeri loh sobat, kalian bisa melihat jelas Paus yang begitu indah dan besarnya di lautan Indonesia, bahkan kalian bisa snorkeling bersama dengan para paus hewan mamalia laut yang besarnya bisa mencapai 20 ton.

Berikut tempat- tempat wisata untuk bisa meliaht paus di Indonesia ? Baca sampai akhir dan catat tempat-tempat yang akan kalian kunjungi.

Pantai Lovina Bali.

Wisata Melihat Paus di Indonesia Pantai Lovina Bali

Wisata Melihat Paus di Indonesia Pantai Lovina Bali ( Cr : Google )

Wisata Melihat Paus di Indonesia pertama berada di Bali, terkenal dengan jumlah pantai yang sangat banyak dan indah tapi tidak semua lautan di Bali bisa melihat pemandangan Paus serta lumba-lumba.

Untuk bisa melihat pemandangan hewan yang langka ini kalian bisa langsung mengunjungi Pantai Lovina Bali.

Lokasi Pantai Lovina Bali

Pantai Lovina terletak di desa Kalibukbuk, Kecamatan Buleleng, Kabupaten Buleleng, Bali. perjalanan dari Denpasar ke pantai Lovina menempuh jarak 81 Km atau sekitar 2 jam 31 menit, kalau kamu berangkat dari bandara Ngurah Rai harus menempuh jarak 91 Km atau 2 jam 45 Menit.

Untuk memudahkan kalian menuju ke lokasi  bisa menggunakan jasa sopir yang akan membawa kalian ke Lokasi. Namun ada baiknya sebelum kalian merencanakan liburan untuk melihat paus di pantai Lovina, kalian bisa menggunakan Jasa Tour Travel & Even terpercaya agar liburan kalian menyenangkan dan mudah.

Kalian Bisa cek  di sini : https://www.google.com/maps/place/Lovina+Beach/@-8.1609538,115.0188036,16z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x2dd19b40a35dbf07:0x7500ee0f7e30527c!8m2!3d-8.161141!4d115.0243566

Waktu yang tepat untuk Melihat Paus

 

Ikan Paus dan Lumba-luma Pantai Lovina Bali

Paus dan Lumba-Lumba Pantai Lovina Bali ( Cr : Google )

Untuk bisa menikmati pemandangan para Paus ataupun Lumba-lumba kalian tidak bisa berkunjung setiap hari ya sobat, kalian harus memperhatikan bulan dan juga jamnya agar ketika kalian samapi di lokasi kalian tidak kecewa karena tidak bisa melihat tujuan utama yah.

Pada Bulan April – Oktober adalah bulan yang tepat untuk kalian  bisa  melihat Paus dan lumba- lumba, bukan hanya itu saja kalian harus sudah berada di lokasi sebelum jam 6 Pagi, karena paus dan lumba-lumba akan muncul pada pukul 6 sampai 8 pagi.

Bulan  Juni, Juli dan Agustus didominasi oleh wisatawan Eropa dan Tiongkok. Sedangkan pada bulan Juni dan Desember wisatawan didominasi oleh wisatawan Lokal karena pada bulan tersebut waktu libur Sekolah sehingga pantai Lovina akan sangat ramai pengunjung.

Harga Tiket 

 

 Paus

Paus Lovina Bali ( Cr : Google )

Tiket masuk Pantai Lovina kalian Tidak akan dikenakan Biaya atau dengan kata lain  Geratis, pantai Lovina Buka 24 jam, kalian bisa menikmati pemandangan kapanpun kalian inginkan. jika kalian ingin melihat lebih dekat para  Paus dan Lumba-lumba kalian bisa menyewa kapal nelayan dengan biaya Rp.150.000/ orang dengan kapasits 5 orang dan batas pemakain selama 2 jam.

2.Pantai Botubarani, Gorontalo.

 

Pantai Botubarani, Gorontalo


Pantai Botubarani, Gorontalo ( Cr : Google )

Tempat Wisata Melihat Paus di Indonesia ke dua adalah Pantai Botubarani Gorontalo Indonesia, Sekian banyak lautan Indonesia  Pantai Botubarani Gorontalo merupakan salah satu tempat paling disenangi para Paus,  kalian bisa dengan sangat jelas dan mudah melihat para paus.

Jarak yang perlu kalian tempuh menuju Pantai Botubarani Gorontalo jika kalian dari pusat kota Gorontalo, kalian dapat menempuh jarak 12 kilometer atau setara dengan 25 menit bisa menggunakan motor ataupun mobil Cukup dekat bukan ? 


silakan cek lokasi disini ya sobat : https://www.google.com/maps/place/Wisata+Hiu+Paus+Botubarani/@0.4746294,123.0989604,17z/data=!3m1!4b1!4m5!3m4!1s0x327f2b1ebb06a7ad:0x6e207bf0624d792f!8m2!3d0.4746294!4d123.1011491 

Waktu yang tepat untuk Melihat Hiu Paus

 

Paus tutul

konvensi ikan paus Gorontalo – Wisata Melihat Paus di Indonesia( Cr : Google )

Hewan dengan nama latin Rhincodon typus ini sesekali menampakan diri di Berau Kalimantan, serta di Teluk Candrawasih provinsi Papua Indonesia. Pantai Botubarani Gorontalo paling mudah untuk diakses para wisatawan.

Untuk Bisa melihat Hiu Paus ini kalian tidak bisa sembarangan waktu ya sobat, kalian harus memperhatian bulan dan jamnya juga agar perjalanan kalian untuk melihat Hiu Paus tidak menjadi sia-sia begitu saja.

Menurut Studi Hiu Paus tidak singgah di pantai ini pada bulan April, Agustus dan November. Waktu Singgah terlama Hiu Paus yaitu bulan februari, Mei dan Juni. Selain bulan tersebut waktu singgah Hiu Paus sangat singkat mungkin hanya sekitar 2 hari saja.

Tak hanya memperhatikan bulannya ya sobat, untuk bisa melihat Hiu Paus kalian harus memperhatikan jamnya juga loh. Waktu yang sangat cocok yaitu di pagi hari sekitar jam 7 pagi sampai jam 10 pagi.

Jadi  Untuk bisa melihat Hiu Paus Kalian Harus sudah berada di lokasi jam 7 sampai jam 10 pagi, karena pada waktu tersebut Para hiu Paus sedang mencari perburuan untuk makan pagi mereka. 

Harga Tiket  Wisata Melihat Paus

snorkeling paus Tutul

snorkeling paus Tutul ( Cr : Google )

Harga Tiket masuk Wisata Pantai Botubarani Gorontalo Indonesia sebesar Rp. 25.000. Untuk bisa melihat Hiu Paus dengan jelas kalian Wajib menyewa kapal nelayan sebesar Rp.100.000, dan Makanan Paus per Bungkus Rp.20.000.

Jika kalian menginginkan pengalman yang paling berharga yang tidak akan pernah terlupakan kalian bisa snorkeling bermain bersama dengan Hiu Paus, Kalian cukup menyewa perlengkapan snorkeling sebesar Rp.25.000.

Baca juga :

5 Wisata Alam di Tabanan Bali, Bikin Pikiranmu Fresh Lagi!

7 Hotel Mewah di Uluwatu Bali Berdasarkan Rating dan Review di Google 2022, Cocok untuk Rekomendasi menginapmu

Liburan Hemat Dengan Paket Custom Tour Bali 4 HARI 3 MALAM

3.Perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

perairan Talisayan, Kabupaten Berau, Kalimantan Timur
( Cr : Google )

Tempat wisata Melihat Paus di Indonesia ke 3 yaitu Perairan Talisayan Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.  jenis Paus di dominasi oleh paus tutul.Bukan hanya melihat Hiu saja, kalian  bisa snorkeling  dan Paus Tutul bersama dengan para Hiu yang beratnya bisa mencapai 1 ton.  Namun kalian tetap  harus mematuhi aturan di antaranya jaga jarak dan hindari kontak langsung dengan Hiu tutul ini.

Lokasi 

Dari Airport Kaliman , Teluk Bayur, Berau Kalimantan Timur  menuju ke kecamatan  Talisayan tempat Habitat hiu tutul membutuh waktu 4 Hari 35 menit atau sekitar 173 kilometer   perjalanan yang cukup jauh jika dibandingkan dengan yang lainnya.

 

cek Lokasi di sini :  https://goo.gl/maps/1ZqaTq1yN4iW21Z89

Waktu yang tepat untuk Melihat Hiu Paus

 

snorkeling Paus Tutul

snorkeling Paus Tutul (Cr : Google )

Hiu Tutul merupakan hewan pemakan Plangton sehingga ketika kalian ingin melihatnya kalian harus mendekat ke keramba nelayan di laut. Jika ingin melihat langsung hiu tutul sebaiknya kalian sudah tiba di lokasi subuh atau sekitar jam 5 pagi karena saat siang hari hari kalian akan sulit melihat hiu tutul.

Harga Tiket

Untuk bisa melihat hiu tutul dari Talisayan kalian harus menyewa perahu nelayan yang mana untuk satu perahu dikenakan tarif Rp. 1 Jt dengan kapasitas 10 orang. Kalian juga bisa memberi makan langsung hiu tutul menggunakan iklan kecil yang dapat kalian beli dari keramba nelayan.

4.Teluk Cendrawasih Papua.

Pantai Candrawasih Papua

Pantai Candrawasih Papua ( Cr : Google )

Tempat wisata Melihat Paus di Indonesia terakhir berada di papu. Umumnya  Paus berkumpul di Desa kwatisore di sepanjang semenanjung di tepi barat daya teluk. Di tempat inilah menjadi salah satu tempat yang di gunakan sebagai Konservasi Hiu Paus. bahkan ada Conservation Internasional and World Wildlife Fund ( WWF ).

Seetiap harinya WWF mengamati dan mempelajari para hiu paus dengan rinci. WWF bekerjasama dengan pemantau dari pemerintah Indonesia untuk sama-sama bertanggung jawab mengembangkan strategi pariwisata dan kode etik untuk kegiatan yang melibatkan hiu paus.

Snorkeling bersama hewan laut terbesar menjadi pengalaman yang sangat tak terlupakan bukan? Yah kalian bisa banget merasakan sensasi bermain bersama dengan Hiu paus yang beratnya bisa mencapai 20 toh dan berusia ratusan tahun di Taman Nasional Teluk Cendrawasih Papua.

Meski kalian bisa bermain bersama dengan hiu paus bukan berarti kalian bisa seenaknya sobat, ada beberapa aturan yg harus kalian ikuti jika ingin bermain bersama hewan terbesar menjadi aman yah.

Aturan yang harus kamu tetapi yaitu, kamu tidak boleh memegang sirip ikan, tidak boleh terlalu dekat jadi harus tetap jaga jarak yah sobat hem udah kaya sosial distancing aja nih ya hehehehe. kalian juga tidak di perbolehkan menaiki badan hiu paus ya sobat.

Kenapa sih ko harus jaga jarak bahkan tidak boleh menyentuhnya? hem Perlu kalian ketahui sobat, kulit ikan paus memiliki tekstur yang sangat tebal dan teksturnya seperti amplas yang kasar. Sehingga kalian harus menjaga jarak agak kalian tidak terluka oleh kulitnya yah.

Selain kulitnya yang kasar seperti amplas, alasan mengapa kamu harus jaga jarak dengan si dia, eh si dia yang mana nih min? Hem sabar-sbaar sobat, maksud mimin jaga jarak sama si paus ya. Alsannya agar kita menjaga kenyamanannya supaya mereka tidak merasa terganggu dan tidak menyerang kalian.

Jadi bukan cuma manusia aja loh yang butuh kenyamanan, tapi hewan pun butuh kenyamanan ya sobat.Buktinya nih yah para hiu paus ini bersikap ramah kepada para nelayan yang senang memberi makan ikan – ikan kecil untuk para hiu paus.

Lokasi 

Pantai Candrawasih Papua

Pantai Candrawasih Papua ( Cr : Google )

Terletak di lautan timur Indonesia yang tersebar di Kabupaten Teluk Wondama, Provinsi Papu Barat hingga Kabupaten Nabie di Provinsi Papua. Akses untuk kalian berkunjung ke Taman Nasional teluk Candrawasih cukup mudah.

Kalo kalian wisatawan luar papua, kalian bisa melakukan perjalanan dengan jalur udara sehingga kalian bisa tiba di bandara ke lokasi tujuan. lalu kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan maskapai penerbangan menuju Nabire atau Manokwari.

 

Ada 2 akses yang bisa kalian pilih untuk bisa berkunjung ke destinasi wisata  Cendrawasih, yaitu melalui jalur Manokwari atau Nabire. Jika melewati jalur Manokwari kalian harus ke lokasi taman nasional menggunakan longboat  5,5 jam perjalanan atau jarak tempuh 95 kilometer

 

Jik kalian melalui Bandara Nabire menuju Teluk Cendrawasih menggunakan perahu motor  jaraknya sekitar 38 Km atau sekitar  3 jam perjalanan.

cek lokasi dini : https://goo.gl/maps/8DKxmPycoLRfT1nK7 

Waktu yang tepat untuk Melihat Hiu Paus

Untuk bisa melihat paus bisa kapan saja, Karena disini merupakan tempat Konservasi hiu paus. Namun kalian tidak bisa berlama-lama menyelam, dalam satu hari pengunjung  yang berenang bersama hiu paus  jumlahnya terbatas dan hanya sebentar. 

Konvensi Ikan Paus

Konvensi Ikan Paus ( Cr : Google )

Harga Tiket

Untuk bisa menikmati Pemandangan Paus, kalian harus mengeluarkan biaya lebih banyak terlebih jika kalian berasal dari luar papu. Nah demikian rekomendai tempat wisata melihat paus di Indonesia yang bisa kalian kunjungi ya sobat.

Tak perlu risau, kalian bisa bersama- sama berkunjung ke wisata meliahat paus indonesia bersama dengan Labiru Tour. Kalian cukup konsultasikan pada tim kami tujuan wisata mana yang akan sobat kunjungi, sisahnya biarkan Tim kami yang mengaturnya.

 

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda