Wisata KlatenUmbul Ponggok adalah salah satu wisata air di klaten yang sedang naik daun akhir-akhir ini, masih bingung dengan apa itu umbul? Tenang saya dari labirutour memberi inforamasi tentang umbul yang ada di klaten baca artikel ini sampai selesai.

Umbul merupakan sebuah sebutan untuk sumber mata air alami yang masih jernih dan bersih , umbul biasanya terdapat di tempat yang masih sangat asri atau tempat yang memiliki banyak pepohonan. Nah mau tau wisata umbul di klaten yang tak kalah dari umbul ponggo, berikut wisata alam umpul di klaten:

Baca Juga: Wisata Little Green Canyon di Banten

Umbul Geneng yang masih rutin di gunakan untuk acara melasti umat hindu.

wisata umbul di klaten

Spot foto unik di Umbul Geneng

Umbul geneng terletak di desa geneng kecamatan kebonarum, kabupaten klaten ini menjadi lokasi yang yang rutin untuk di jadikan tempat malesti bagi penganut agama hindu.

Upacara malesti merupakan acara pengambilan air suci, di sumber mata air. Yang di percaya sebagai tempat pentirtataan untuk mensucikan diri bagi umat hindu.

Umbul Tirtamulyani, umbul wedhok dengan pesona patung Budha.

wisata umbul di klaten

Potret patung Budha di tengah Umbul

Wisata umbul pertama yang kita bahas ini bernama umbul tirtamulyani, atau yang sering di sebut masyarakat sekitar sebagai umbul wedhok, mengapa di sebut umbul wedhok? Dari kata wedhok kamu bisa tau mengapa wisata ini di juluki umbul wedhok oleh masyarakat sekitar, kata wedhok dalam bahasa indonesia berarti perempuan.

Nah dari nama itu tentu umbul ini dulunya di gunakan kusus untuk wanita saja, daya tarik wisata ini adalah terdapat patung budha di tengah tengah umbulnya, dan juga air di umbul ini sangat jernih.

Umbul Tirtamulyo, umbul lanang yang kedalamannya gak kira-kira buat yang tingginya pas-pasan.

wisata umbul di klaten

Suasana berenang di Umbul Tirtomulyo

Wisata yang masih berada di daerah pluneng, kecamatam kebonarum, kabupaten klaten. umbul wedhok sekarang umbul lanang, kebalikan dari umbul wedhok, lanang dalam bahasa indonesia berarti pria, jelas umbul ini pasti dulunya di gunakan oleh laki-laki,

Daya tarik umbul ini adalah airnya yang sangat jernih, tapi saya ingatkan bagi yang ingin berenang jangan asal terjun, ketingiian air ini sekitar 5-7 meter, bahaya buat yang nggak bisa rennang, etss tapi tenang ada kolam kecil di dekat umbul itu, yang hanya memiliki ketinggian 1 meter saja cocok buat yang gak bisa renang

Jangan lewatkan umbul brintik yang tak kalah indah dan menawan.

wisata umbul di klaten

Potret wisatawan yang berkunjung di Umbul Brintik

Umbul yang terletak di desa brintik kecamatan kebonarum, kabupaten klaten ini masih jarang di ketahui orang, tapi jangan salah bukan berarti jelek karna belum terkenal, tapi sebaliknya wisata ini sangat indah tak kalah dari umbul lainnya.

Wisata umbul ini memiliki air yang jerih, kejernihan air itu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisata ini.

Umbul Brondong tengah sawah yang anti mainstream.

wisata umbul di klaten

Suasana di Umbul Brondong

Wisata yang terletak di desa ngrundul kecamatan kebonarum, kabupaten klaten, lokasi yang berada di tengah sawah, memang cukup menarik, karna kamu yang akan mencapai lokasi harus melewati sawah-sawah, daya tarik wisata ini adalah kesejukan dan suasana asri yang sanagat pekat terasa di tempat wisata umbul brondong ini.

Nah itulah 5 wisata umbul di klaten yang tak kalah keren dari umbul ponggok.

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali