Danau Baratan Bedugul

Destinasi Bali Tiket Masuk Rp15.000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Wisata Danau Beratan Bedugul

Bedugul Bali adalah sebuah daerah pegunungan yang mempunyai udara yang sejuk, dengan pemandangan yang indah dari danau Beratan bedugul.

Hal itu membuat daerah ini menjadi tempat wisata yang menarik dan terkenal yang wajib dikunjungi di Bali.

Tempat wisata Bedugul terletak di dataran tinggi, di tempat wisata ini terdapat Danau Beratan Bedugul. Danau Beratan Bedugul terletak di ketinggian 1250 meter diatas permukaan laut.

Karena terletak didaerah dataran tinggi, maka Bedugul memiliki udara yang sejuk dan suhu berada di kisaran 17 hingga 25 derajat celcius.

Bedugul juga menjadi salah satu tujuan wisata yang terbaik di pulau Dewata yang dikunjungi oleh ribuan wisatawan baik lokal maupun internasional.

Selain karena keindahan dari pemandangan yang disuguhkan, di kawasan wisata Bedugul Tabanan ini ada beberapa tempat liburan yang bisa kamu pilih untuk dikunjungi.

Di antaranya adalah Objek wisata Pura Ulun Danu Danau Beratan. Menyuguhkan sebuah wisata unik dari Pura yang berada di tengah danau yang menjadi ikon tempat wisata di Bali.

Kemudian kamu juga bisa berkunjung dan menikmati udara segar di Bedugul Kebun Raya Bali, botanical garden terluas di Indonesia.

Selain itu, kamu yang ingin berwisata belanja juga bisa mengunjungi Joger Luwus, tempat membeli oleh-oleh khas pulau Bali, dan juga Pasar Tradisional Candi Kuning.

Untuk kamu yang suka dengan wisata berkebun buah, di sini kamu juga bisa berkunjung ke Kebun Strawberry.

 

Sejarah Wisata Danau Beratan Bedugul

Asal nama Bedugul dari kata “bedug” dan “kul-kul”, dua kata tersebut merupakan dua buah alat yang menghasilkan bunyi-bunyian.

Bedug merupakan alat musik khas umat muslim dan diletakkan juga di masjid-masjid, sedangkan Kul-kul adalah kentongan yang digunakan sebagai tanda untuk komunikasi masyarakat Bali.

Dan di kawasan ini ada sebuah masjid berdiri di pinggir jalan, perpaduan dua kata dari dua budaya berbeda ini, merupakan akuluturasi budaya yang sudah terjaga baik di Bali.

Ada versi lain juga yang muncul asal dari kata Bedugul tersebut muncul ketika ada seorang raja mandi di danau Beratan, kemudian dilihat oleh warga sekitar dan mengatakan “bedogol raja kelihatan” sehingga kata bedogol tersebut sekarang menjadi Bedugul.

Pura Ulun Danu di Danau Beratan Bedugul tersebut dari urain sejarah dalam lontar Babad Mengwi, bahwa di kawasan ini terdapat dua peninggalan sejarah yaitu sarkopagus dan juga papan batu yang berasal dari jaman Megalitikum, sehingga terbilang sudah cukup kuno dan tua, berasal dari tahun 500 SM.

Jadi tempat ini sudah digunakan sebagai tempat melakukan ritual sejak jaman megalitikum. Kedua artefak tersebut sekarang diletakkan di dalam pura.

Kalau sejarah keberadaan pura Ulun Danu dikaitkan dengan nama Bedugul rentang waktunya sangat jauh, perbandingannya jaman Megalitikum dengan masuknya Islam ke Bali kalau dikaitkan dengan kata “bedug” pada nama Bedugul.

Lokasi Wisata Danau Beratan Bedugul

Lokasi kawasan wisata di Bali ini terletak di desa Candikuning, kecamatan Baturiti, kabupaten Tabanan, terletak kira-kira 54 km dari Kota Denpasar.

Untuk sampai di kawasan Danau Beratan tidaklah sulit, dikarenakan letaknya ada di pinggir jalan. Jalan tersebut merupakan penghubung Kabupaten Tabanan dengan Kabupaten Buleleng.

Danau Beratan terletak di Jalan Raya Candi Kuning, Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali.

Jika kamu datang dari arah tempat wisata Kuta, waktu yang dibutuhkan untuk sampai di lokasi danau kira-kira 2 jam atau berjarak kurang lebih 60 km.

Waktu yang ditempuh lumayan cukup lama karena jalan yang harus dilalui dari Kuta ke danau hanya dua rute yang berlawanan. Disamping itu, lokasi dimana Danau Beratan Bedugul berada merupakan area pegunungan sehingga medan jalan cukup menanjak.

 

Harga Tiket Masuk Wisata Danau Beratan Bedugul

Untuk pengunjung yang datang hanya sekedar ingin menikmati panorama Danau Beratan Bedugul bisa berhenti ditepi Jalan Raya Candi Kuning.

Dari pinggir Jalan Raya Candi Kuning, panorama keindahan danau sudah sangat jelas terlihat tanpa harus masuk ke lokasi utamanya dan tentunya gratis, karena tidak perlu membayar tiket masuk.

Tapi, untuk kamu yang ingin menikmati keindahan panorama secara langsung dan masuk ke kawasan pura Ulun Danu Bratan.

Tiket masuk yang harus kamu bayar adalah sebesar Rp 20.000 [er orang dan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 5.000 per mobil.

Sedangkan untuk kamu yang ingin mengunjungi Kebun Raya Bedugul, ditetapkan tarif tiket masuk yang dibedakan berdasarkan tujuan kunjungan serta siapa yang berkunjung.

Untuk wisatawan lokal yang ingin berkunjung, kamu hanya perlu membayar sebesar Rp 9.000, sementara untuk wisatawan asing harus membayar sebesar Rp 17.000.

Kemudian untuk parkir kendaraan, dibedakan menjadi tiga tipe kendaraan, yaitu sebesar Rp 3.000 untuk parkir kendaraan roda dua.

Harga Rp 6.000 untuk parkir mobil, dan untuk parkir bus, truk atau kendaraan lain beroda 6 akan dikenakan biaya sebesar Rp 11.000.

Fasilitas di Wisata Danau Beratan Bedugul

Di sepanjang jalan menuju Kebun Raya Bali dan Danau Beratan Bedugul, banyak dibangun penginapan dan restoran.

Restoran tersebut menyediakan menu masakan Indonesia, seafood dan menu International. Harga makanan sangat bervariasi.

Pedagang makanan kecil dan pedagang acung juga terdapat di pinggir jalan di tepi danau Beratan Bedugul.

Dimasing-masing tempat wisata juga sudah sangat lengkap untuk berbagai macam fasilitas umum yang disediakan. Seperti tempat parkir, dan toilet umum.

 

Aktivitas di Wisata Danau Beratan Bedugul

Seperti disebutkan diawal, Bedugul merupakan kawasan wisata yang memiliki banyak pilihan wisata yang bisa kamu kunjungi.

Jadi jika kamu berkunjung ke Bedugul kamu bisa memilih wisata dan aktivitas seperti apa yang ingin kamu lakukan. Beberapa pilihan di antaranya adalah

Bedugul Kebun Raya Bali

Terkadang objek wisata Kebun Raya Bali, karena lokasinya berada di Bedugul, maka sering disebut dengan nama Kebun Raya Bedugul atau Kebun Raya Eka Karya Tabanan.

Bedugul Kebun Raya Bali, salah satu hutan lindung di Bali, berfungsi sebagai paru – paru udara. Tempat wisata Bedugul Kebun Raya Bali, udaranya sangat sejuk dan sangat cocok untuk tempat piknik keluarga.

Ada beberapa spot menarik di Kebun Raya Bali di Bedugul Tabanan seperti Candi Bentar, Ramayana Boulevard, Kumbakarna Laga Statue, Roses Garden, Lake Beratan View, Usada Café, Traditional Balinese house.

Di botanical garden Bedugul, terdapat aktivitas petualangan yang sangat disukai wisatawan mancanegara terutama anak-anak. Nama aktivitasnya adalah Bali Treetop.

Pura Ulun Danau Beratan Bedugul

Obyek wisata yang letaknya berdampingan dengan Kebun Raya Bedugul, adalah Danau Beratan. Danau Beratan masuk dalam wilayah Desa Candi Kuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

Dari lokasi botanical garden Bedugul, kamu hanya perlu 10 menit menggunakan kendaraan bermotor untuk sampai di lokasi tempat wisata Danau Beratan Bedugul.

Di tengah danau Beratan bedugul terdapat sebuah pura yang disebut Pura Ulun Danu, tempat pemujaan Sang Hyang Dewi Danu sebagai pemberi kesuburan. Di sekitar lokasi danau Beratan bedugul sering digunakan sebagai lokasi foto pre wedding di Bali.

Sama seperti di botanical garden Bedugul, suhu udara di tempat wisata Danau Beratan juga sangat sejuk di siang hari.

Kamu juga dapat menikmati wisata keliling danau Beratan dengan menyewa kapal boat atau sampan tradisional untuk mengelilingi danau Beratan.

Pasar Tradisional Candi Kuning

Di pasar tradisional Candi Kuning Bedugul, tersedia bermacam-macam sayuran segar seperti wortel, sayur ijo, kembang kol dan tomat.

Ada juga buah strawberry, salak, jeruk dan markisa segar hasil panen dari penduduk setempat. Banyak juga pedagang jagung manis rebus, yang mantap dinikmati dengan dinginnya udara pegunungan. Barang kerajinan khas Bali seperti ukir – ukiran, baju Bali, kain pantai juga banyak dijual di pasar ini.

Wisata Kebun Strawberry Bedugul

Tempat wisata kebun strawberry Bedugul lebih terkenal dengan nama, Bali Strawberry Farm & Restaurant.

Daya tarik dari objek wisata kebun strawberry yang membuat wisatawan suka mengunjungi tempat wisata ini. Karena wisatawan diperbolehkan memetik langsung buah strawberry segar.

Membeli Oleh-Oleh Joger

Joger tidak hanya berada di tempat wisata Kuta Bali, namun Joger Bali juga ada di Luwus Bedugul Tabanan.

Karena lokasinya satu arah dengan tempat wisata kebun raya Bedugul. Maka tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Joger Luwus Tabanan.

Jam Operasional Wisata Danau Beratan Bedugul

Untuk jam operasional tiap tempat wisata memiliki jam operasionalnya sendiri-sendiri, seperti untuk Kebun Raya Bedugul. Kamu bisa mulai mengunjunginya pada pukul 08.00 sampai dengan 18.00 WITA.

Sedangkan untuk Pura Ulun Danau Beratan Bedugul, kamu bisa mengunjunginya kapan saja karena jam operasionalnya 24 jam.

Beda lagi dengan objek wisata lain seperti Pasar Tradisional Candi Kunig, Wisata Kebun Strawberry dan juga Jogger.

 

Kesimpulan 

Pada dasarnya wisata Bedugul Tabanan Bali ini merupakan sebuah kawasan yang menyuguhkan keindahan panorama yang begitu sangat menyejukkan dan membuat nyaman.

Berbagai pilihan wisata yang ada di kawasan ini semua menjadi favorit masing-masing wisatawan dengan berbagai selera yang berbeda berdasarkan aktivitas wisata yang ingin mereka lakukan.

Jadi, saat kamu memutuskan untuk mengunjungi kawasan wisata Bedugul, kamu harus terlebih dahulu mengetahui wisata. Dan aktivitas seperti apa yang ingin kamu lakukan untuk menikmati keindahan panorama Bedugul.

Agar liburanmu menjadi salah satu pengalaman yang selain menyenangkan juga menjadi pengalaman yang berkesan dan tidak akan terlupakan.

Jika kamu tertarik mengunjungi semua tempat wisata di Bedugul, dan tidak ingin repot, kamu bisa langsung menghubungi Labiru Tour.

Bisa dijamin liburanmu akan menjadi liburan yang mudah dan menyenangkan. Jadi tunggu apa lagi? Bedugul menantimu untuk berkunjung.

Paket Wisata di Bali

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Bali