Air Terjun Benang Kelambu

Destinasi Lombok Tiket Masuk Rp10,000 Adventure Level

Air Terjun Benang Kelambu memiliki keunikannya sendiri yang membedakannya dengan air terjun lain yang ada di Lombok. Seperti namanya, air terjun ini terlihat seperti kelambu yang terbentang.

Air yang terpancur juga tipis seperti benang, hal ini disebabkan tanaman yang tumbuh lebat menutupi aliran air sehingga air memancur dengan samar-samar dan tak sederas air terjun lainnya. Maka dari itu air terjun ini dinamai dengan Air Terjun Benang Kelambu.

Masih berada di wilayah kaki Gunung Rinjani membuat Air Terjun Benang Kelambu memiliki mitos yang beredar di kalangan masyarakat setempat. Banyak yang mengatakan bahwa air dari Air Terjun Benang Kelambu memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah dapat mengobati segala penyakit. Mitos ini datang dari cerita rakyat yang mengatakan bahwa air terjun ini adalah tempat mandi Dewi Anjani yang dipercaya sebagai penunggu Gunung Rinjani.

Daya tarik lain dari Air Terjun Benang Kelambu adalah air terjun ini memiliki tiga tingkatan yang berbeda. Tingkatan pertama memiliki tinggi 30 meter, tingkatan kedua memiliki tinggi 10 meter, sedangkan tingkatan ketiga memiliki tinggi 5 meter. Kamu bisa mengunjungi masing-masing tingkatan air melalui jalan setapak yang terdapat pada belakang masing-masing pancuran air. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena jalannya terselimuti dengan lumut sehingga sangat licin.

Air Terjun Benang Kelambu terletak di Dusun Pemotoh, Desa Aik Berik, Kecamatan Batukliang Utara, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Air Terjun ini berjarak kurang lebih 33 km dari pusat kota mataram, yang mana memakan waktu sekitar satu jam untuk sampai di lokasi. Jika melewati rute dari kota Praya, kamu bisa menempuh perjalanan sekitar setengah jam saja.

Hiking Sambil Melihat Pemandangan Alam

Untuk mencapai lokasi air terjun yang berada di ketinggian 552 Mdpl ini kamu harus mendaki selama kurang lebih 20 menit dari pintu masuk. Namun jangan khawatir karena jalur yang akan kamu lewati sudah 

Selama hiking kamu akan disuguhkan oleh perkebunan warga setempat yang tumbuh subur. Tak lupa juga dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang menghiasi hutan hujan tropis Gunung Rinjani. Nggak bakal kerasa capek deh saat hiking.

Bermain Air di Area Kolam

Di sekitar pancuran air terjun terdapat kolam buatan yang dibangun oleh masyarakat setempat. Kolam ini sengaja dibuat sebagai tempat berenang dan berendam bagi para pengunjung. Kedalaman kolam juga dibuat berbeda, ada kolam untuk pengunjung anak-anak dan kolam untuk pengunjung dewasa. Cocok sekali untuk dikunjungi bersama keluarga saat liburan telah tiba.

Bermeditasi Sambil Mengagumi Pemandangan Alam

Aliran air yang tak sederas air terjun lainnya membuat Air Terjun Benang Kelambu cocok kamu kunjungi saat ingin mencari ketenangan.

Dercikan air yang merdu dan sopan sangat pas menemani agenda meditasi kamu. Tidak lupa dengan pesona alam yang masih sangat hijau dan udara segar yang mengelilingi area air terjun membuat penat yang ada dibenakmu hilang seketika. 

 

Fasilitas yang Tersedia

 

Jika kamu merasa lapar setelah hiking tak perlu khawatir karena di sekitar lokasi air terjun terdapat beberapa warung yang menjual makanan.  Selain itu ada juga toilet, mushola, dan lahan parkir yang cukup luas. 

 

Jam Operasional

Air Terjun Benang Kelambu dapat kamu kunjungi pada pukul 07.00 pagi hingga 17.30 sore WITA. Akan lebih baik jika kamu mengunjunginya saat pagi hari karena pengunjungnya masih sepi dan udara di sekitaran air terjun masih segar-segarnya. Untuk tiket masuk dibanderol dengan harga Rp 5.000 hingga Rp 10.000 saja per orang, biaya parkir untuk mobil Rp 5.000 sedangkan motor Rp 2.000.

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Lombok