Teluk Nara

Destinasi Lombok Tiket Masuk Rp350,000 Adventure Level

Teluk Nara adalah pelabuhan di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, menjadi pintu gerbang utama ke 3 Gili. Teluk ini terletak di Desa Pemenang, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara, sekitar 20 kilometer dari Bandara Internasional Lombok Praya.

Dulu, pihak berwenang belum menetapkan status pelabuhan Teluk Nara, hingga sempat mangkrak selama beberapa tahun. Namun, pada tahun 2024, mereka menetapkan sebagai pelabuhan resmi. Masyarakat Lombok Utara dan para wisatawan yang ingin mengunjungi 3 Gili menyambut baik keputusan ini.

Pulau ini terkenal dengan keindahan alamnya yang luar biasa, seperti pantai indah, gunung berapi, dan sawah hijau. Untuk mengakses wisata-wisata tersebut dapat melalui tempat yang bernama Teluk Nara. Teluk ini juga terkenal karena pelabuhannya yang menjadi pintu keluar-masuk wisatawan menuju kawasan wisata Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.  Pelabuhan ini menawarkan perahu penyeberangan dan terkenal dengan pemandangan langitnya yang luas cocok untuk foto.

Ada dua pelabuhan yang berdekatan di Lombok untuk mencapai pulau Gili dan Bali. Teluk Nara dan Teluk Kode terletak 2 menit di sebelah timur Teluk Nara. Pelabuhan-pelabuhan ini menjadi sebagai titik pemberhentian sebagian besar kapal cepat dari Bali dan baik kapal kecil maupun kapal cepat dari pulau Gili. Untuk mencapai kedua pelabuhan swasta tersebut perjalanan memakan waktu 40 menit dari Mataram, atau sekitar 30 menit berkendara di utara Senggigi. Dalam perjalanan, Anda bisa menikmati tamasya Lombok.

Dengan pemandangan laut yang memukau dan berbagai fasilitas lengkap seperti dermaga, penginapan, restoran, dan pusat penyewaan alat snorkeling dan diving, Teluk ini menawarkan pengalaman wisata yang nyaman dan menyenangkan. Destinasi ini menjadi favorit bagi wisatawan yang ingin menjelajahi keindahan Lombok dan pulau-pulau sekitarnya.

Lokasi Teluk Nara

Teluk Nara adalah sebuah tempat yang memiliki dua arti, yaitu Teluk Nara sebagai sebuah Teluk di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat dan Teluk Nara sebagai pelabuhan, yaitu pintu keluar-masuk menuju berbagai destinasi wisata populer seperti Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno.

Untuk daerah perairannya, air laut di Teluk Nara berwarna biru kehijauan dan sangat jernih, kedalamannya sangat bervariasi dari dangkal sampai terdalam di bagian tengah teluk. Teluk Nara memiliki terumbu karang yang masih terjaga dengan baik dan sebagai habitat dari berbagai biota laut yang ada di Pulau Lombok. 

Harga Tiket Masuk

Untuk harga memasuki Teluk Nara bervariasi tergantung dari pelabuhan pemberangkatan dan fasilitas yang disediakan, harganya dari Rp 350.00,00 - Rp 600.000,00 harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Fasilitas Teluk Nara

Pelabuhan dan Dermaga

Teluk Nara memiliki dermaga yang digunakan sebagai titik keberangkatan menuju Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Dermaga ini melayani berbagai jenis kapal mulai dari kapal cepat hingga perahu tradisional.

Transportasi

Tersedia layanan penyewaan perahu dan speedboat untuk wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau-pulau sekitar dan juga transportasi darat seperti taksi dan angkutan umum yang siap mengantar wisatawan ke berbagai tujuan di Lombok.

Akomodasi

Beberapa penginapan tersedia di sekitar Teluk Nara, mulai dari hotel, villa, hingga homestay dengan berbagai pilihan harga dan fasilitas.

Restoran dan Warung Makan

Beragam pilihan tempat makan tersedia di sekitar teluk, menawarkan masakan lokal dan internasional. Beberapa restoran juga menyediakan makanan laut segar yang menjadi daya tarik utama.

Pusat Penyewaan Alat Selam dan Snorkeling

Terdapat pusat penyewaan peralatan selam dan snorkeling bagi wisatawan yang ingin menikmati keindahan bawah laut di sekitar Gili.

Fasilitas Umum

Tersedia area parkir yang cukup luas bagi wisatawan yang datang dengan kendaraan pribadi dan toilet umum dan tempat bilas juga tersedia untuk kenyamanan pengunjung.

 

Aktivitas Teluk Nara

Snorkeling dan Diving

Teluk Nara menawarkan berbagai spot snorkeling dan diving yang memikat. Keanekaragaman hayati bawah lautnya yang kaya akan spesies ikan dan terumbu karang yang indah membuatnya menjadi surga bagi para penyelam dan snorkeler. Pengunjung dapat menyewa peralatan snorkeling atau mengikuti tur penyelaman yang dipandu oleh instruktur lokal untuk mengeksplorasi keindahan bawah laut Teluk Nara.

Perjalanan Menjelajahi Pulau

Teluk Nara menjadi pintu gerbang menuju pulau-pulau kecil yang tersebar di sekitarnya. Para pengunjung dapat menyewa perahu atau mengikuti tur perjalanan pulau untuk menjelajahi keindahan alam yang masih asli, seperti pantai tersembunyi, gua-gua laut, dan hutan mangrove yang hijau.

Menyaksikan Sunset

Salah satu atraksi utama di Teluk Nara adalah menyaksikan matahari terbenam yang memukau. Pemandangan matahari terbenam di atas laut, dengan warna-warni langit senja yang mempesona, akan meninggalkan kesan mendalam bagi para pengunjung.

Wisata Air

Para pengunjung yang mencari kesenangan dapat menikmati berbagai aktivitas air seperti banana boat, parasailing, atau menyewa kayak untuk berkeliling Teluk Nara. Aktivitas ini cocok untuk keluarga atau kelompok yang mencari sensasi dan keseruan di atas air.

Wisata Budaya

Para wisatawan yang ingin mengetahui budaya tradisional di Lombok dapat mencarinya di sekitar Teluk Nara. Hal ini karena terdapat beberapa desa yang dapat diakses melalui Teluk Nara, contohnya yaitu Desa Sade dan Desa Ende.

Jam Operasional

Teluk Nara dibuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. Dan untuk penggunaan pelabuhan Teluk Nara memiliki waktu yang fleksibel tergantung waktu pemesanan. Tapi jika ingin memesan secara langsung di pelabuhan, disarankan untuk berangkat ke pelabuhan Teluk Nare pada rentang waktu pagi - sore untuk antisipasi layanan tutup.

 

Kesimpulan

Teluk Nara adalah destinasi yang sempurna bagi para pengunjung yang mencari ketenangan dan keindahan alam di Lombok. Dengan kombinasi pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan aktivitas wisata yang beragam, Teluk Nara akan memberikan pengalaman liburan yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mengunjunginya. Jadi, jadwalkan perjalanan Anda ke Teluk Nara dan nikmati pesona alam serta wisatanya!

Paket Wisata di Lombok

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Lombok