Kampung Warna Warni

Destinasi Malang Tiket Masuk Rp3.500 Adventure Level

Kota Malang memang dikenal sebagai salah satu kota yang menyimpan banyak wisata di Jawa Timur. Tidak hanya wisata alam saja, wisata edukasi serta wisata kuliner juga banyak sekali di sini.

Salah satu destinasi unik kali ini adalah Kampung Warna Warni Jodipan. Apa yang kalian pikirkan kalau diajak jalan-jalan di kawasan perkampungan di pinggir kali, pasti bayangan kalian adalah daerah yang padat dan kumuh seperti daerah ibu kota ya.

Tapi tunggu dulu, jika Jogja punya kampung Code di pinggir kali Code, Malang juga punya kampung Jodipan di pinggir kali Brantas.

Kampung ini terletak di bawah jembatan rel kereta api, tapi kini kampung Jodipan lebih dikenal dengan kampung warna warni atau kampung pelangi, bukan karena sering muncul pelangi di kampung itu.

Tapi karena ratusan rumah penduduk di kampung ini telah dicat dengan sekitar 17 warna yang cerah.

Jika pada umumnya rumah hanya dicat dindingnya saja, di kampung ini dinding serta atapnya bahkan jalanannya turut serta dicat warna-warna yang mencolok. Sekilas mirip perkampungan di negara Brazil.

Kawasan kampung pelangi Jodipan yang tadinya merupakan kampung kumuh ini telah disulap menjadi kampung warna-warni dan menjadi salah satu kampung wisata malang yang didatangi ratusaan wisatawan tiap minggunya.

Di kampung warna ini terdapat banyak spot-spot menarik untuk dijadikan latar selfie, jadi kamu bisa menikmati suasana kampung yang unik sambil berburu foto selfie yang ciamik.

Sejarah

Sejarah adanya kampung warna warni ini bermula dari pengerjaan tugas praktikum mahasiswa Hubungan Masyarakat yang diberikan oleh dosen.

Mahasiswi bernama Nabila Virdausiyah dengan teman sekelompoknya yang terdiri dari tujuh orang merupakan mahawiswa tahun ke-3 program studi Ilmu Komunkasi Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Bergabung dengan Guys Pro, mereka memiliki ide yang sangat brilian untuk menjadikan kawasan kumuh tersebut menjadi lebih cerah dan penuh warna.

Dalam merealisasikan ide tersebut, Nabila dan rekan pun bekerja sama dengan perusahan cat, hingga kemudian perusahaan tersebut menyalurkan dana CSR untuk mengerjakan proyek yang diberi nama “Defocfresh Warnai Jadipan”.

Dan untuk tenaga pengecatnya dilakukan dengan bantuan yang datang dari banyak pihak, termasuk warga setempat.

Di tempat ini dulunya merupakan pemukiman kumuh yang terdapat sekitar 91 rumah warga di setiap rumahnya dicat menggunakan 17 wana bermacam-macam.

Mulai dari atap rumah, dinding rumah, tiang sampai dengan tangga di halanan kampung pun dicat. Untuk proses pengecatannya dikerjakan oleh 10 tukang cat, dibantu dengan warga setempat dan juga oleh TNI, POLRI.

Setelah menjadi kawasan kampung wisata, uang tiket masuk ke area ini digunakan untuk perawatan lingkungan kampung tersebut.

 

Lokasi 

Lokasi Kampung Warna Warni ini berada di Desa Jodipan, Malang. Untuk menuju ke tempat ini, kamu bisa memilih menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum.

Lokasinya dekat dari stasiun kereta api, kurang lebih 500 meter sehingga jika kamu memilih menggunakan kendaraan umum, kamu bisa menggunakan becak atau berjalan kaki.

Beberapa angkutan umum banyak melewati kampung ini, seperti MT, AMG, AJG, dan ABG. Tapi jika ingin lebih mudah menjangkaunya, lebih baik jika kamu menggunakan kendaraan pribadi.

Harga Tiket Masuk 

Untuk tiket masuknya hanya Rp 2.000 per orang. Uniknya harga tiket ini berbentuk sticker sehingga bisa kamu gunakan sebagai kenang-kenangan yang sangat menarik.

Ditambah biaya parkir mulai dari Rp 2.000 untuk kendaraan bermotor, Rp 5.000 untuk mobil, dan Rp 15.000 untuk bus wisata.

Harga yang masih sangat terjangkau bukan?

Fasilitas 

Fasilitas di kampung ini juga cukup lengkap. Di sini terdapat area tempat parkir yang cukup luas, sehingga kamu tidak perlu khawatir akan susah mencari tempat parkir saat berkunjung ke sini.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan fasilitas umum seperti toilet umum hingga pedagang makanan dan minuman di sini.

Jadi, saat kamu berkunjung kamu tidak perlu khawatair akan kelaparan setelah puas berkeliling dan berselfie ria.

Aktivitas 

Selain berkeliling dan menikmati suasana unik di Kampung Warna Warni ini, kamu juga tidak bisa begitu saja meninggalkannya sebelum mengabadikannya bukan? Apalagi jika tempatnya seunik dan menarik Kampung Warna Warni ini.

Beberapa spot yang bisa kamu jadikan latar untu berfoto di Kampung Warna Warni yaitu:

Lorong Payung

Lorong-lorong di depan rumah warga ini dihias dengan payung warna warni yang digantung diatas membuat teduh suasana lho. Kalian bisa berfoto berhias payung-payung yang nampak seperti terbang di udara.

Lukisan 3D

Di kampung pelangi / warna ini kalian bisa berselfie ria dengan lukisan 3D yang terlihat keren. Lukisan ini terlihat sangat bagus dan elegan untuk dijadikan sebagai latar berfoto.

Beberapa lukisan bisa kamu coba seperti lukisan gorila, ikan hiu, T-Rex dan masih banyak yang lainnya.

Dinding Warna Warni

Dinding di kampung pelangi / warna gak cuma dicat polos lho, ada mural-mural kece yang harus kamu jadiin latar selfiemu.

Tangga Warna Warni

Karna tanah di kampung pelangi ini tidak rata, jadi ada banyak anak tangga di tengah kampung. Menariknya di tangga ini juga diwarnai dengan warna-warna yang cerah sehingga membuat tangga ini menjadi latar yang unik untuk berfoto di atas anakan tangga.

Jembatan Kaca

Ada jembatan kaca yang dibuat mirip jembatan gantung yang ada di Cina lho, ya walaupun ukurannya kecil tapi jembatan kaca ini selain dijadikan lokasi foto. Selain itu juga berfungsi sebagai penghubung antara kampung warna dan kampung 3D.

Jam Operasional

Untuk kamu yang memiliki rencana untuk berkunjung ke Kampung Warna Warni ini, bisa mengunjunginya di hari Senin hingga Minggu, atau setiap hari.

Jam operasional Kampung Warna Warni ini mulai pukul 06.00 WIB sampai dengan 18.00 WIB. Dengan lama durasi tersebut, kamu bisa menjelajahi Kampung Warna Warni ini dengan sangat puas.

Kesimpulan

Kampung Warna Warni Jodipan, Malang ini menyuguhkan wisata yang cukup unik dan menarik, karena tidak di semua kota di Indonesia kamu bisa menemukan kampung warna warni seperti ini.

Selain itu, berkunjung ke kampung warna warni ini bisa membuatmu rehat sejenak dari rutinitas yang membosankan dan menjenuhkan, dengan menikmati pemandangan cerah yang disuguhkan di kampung ini.

Jika kamu ingin mendapatkan momen terbaik saat mengunjungi kampung ini, datanglah pada pagi atau sore hari, karena saat itu cuaca tidak akan terlalu panas seperti saat siang hari.

Sehingga saat kamu berkeliling menikmati kampung warna warni ini, tidak akan terlalu kepanasan dan berkeringat.

Nah, itu dia ulasan mengenai Kampung Warna Warni di Malang dan keseruan yang bisa kamu lakukan di sana.

Menarik bukan? Jadi, saat kamu berlibur ke Kota Malang, jangan lupa untuk mampir berkunjung ke Kampung Warna Warni ini ya. Dijamin kamu akan mendapatkan pengalaman liburan yang unik.

Selamat berlibur.