Sam Po Kong

Destinasi Semarang Tiket Masuk Rp35,000 Adventure Level

Tidak hanya terkenal dengan lumpia sebagai kuliner khasnya, rasanya akan terasa kurang jika tidak mengunjungi salah satu klenteng cina tertua yang ada di Semarang yaitu klenteng Sam Poo Kong. Bukan hanya menjadi tempat beribadah, klenteng Sam Poo Kong telah dijadikan sebagai salah satu tempat wisata ikonik Semarang yang memiliki banyak sejarah di dalamnya. Klenteng ini merupakan jejak perjalanan laksamana Cheng Ho sebagai penjelajah dunia yang berasal dari China. 

Bangunan berarsitektur China dengan warna merah sebagai warna khasnya dikatakan sebagai simbol akulturasi budaya China dengan adat Jawa. Sam Poo Kong sendiri berasal dari bahasa Hokkian yang memiliki arti goa San Bao. Pada awalnya, Cheng Ho membangun klenteng ini dalam bentuk gua batu yang dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat. Hingga akhirnya direvitalisasi menjadi klenteng sampai saat ini. 

Lokasi

Klenteng Sam Poo Kong memang terletak di Semarang, namun lebih tepatnya klenteng ini terletak di Jalan Simongan No. 129, Bongsari, Semarang Barat, Jawa Tengah. Jika berangkat dari pusat kota Semarang, kamu harus menempuh perjalanan selama 12 menit atau sejauh 4,1 km menuju klenteng Sam Poo Kong menggunakan kendaraan.

Tiket

Tidak hanya memiliki jam operasional yang berbeda di hari weekday maupun weekend, ternyata terdapat juga perbedaan harga tiket masuk yang harus kamu bayar untuk mengakses klenteng Sam Poo Kong. Di hari weekend kamu dapat menyiapkan budget sebesar Rp10.000 per orang dan di weekend kamu dapat menyiapkan budget sebesar Rp15.000 per orang. Harga ini tentunya sebanding dengan yang akan kamu dapatkan ketika berkunjung ke Klenteng Sam Poo Kong.

Aktivitas di Klenteng Sam Poo Kong

  • Beribadah

Bukan hanya dijadikan sebagai tempat wisata, klenteng Sam Poo Kong juga sering dikunjungi wisatawan untuk beribadah. Bagi sebagian besar umat konghucu, klenteng Sam Poo Kong menjadi destinasi wisata religi yang wajib dikunjungi ketika ke Semarang. 

  • Berfoto

Setiap sudut klenteng cocok dijadikan sebagai tempat untuk berfoto. Kamu juga dapat berfoto menggunakan pakaian tradisional budaya China. Untuk berfoto menggunakan baju tradisional ini, kamu harus merogoh kocek lagi sebesar Rp 80 ribu sampai Rp 100 ribu dalam durasi waktu satu jam. 

Selain itu, terdapat juga jasa foto jika kamu ingin memiliki hasil foto lebih profesional lagi. 

  • Menonton pertunjukan budaya

Penasaran dengan pertunjukan budaya Tionghoa? Kamu juga dapat berkunjung ke klenteng Sam Poo Kong. Setiap hari raya Tionghoa, pihak klenteng Sam Poo Kong akan melakukan pertunjukkan budaya. Pertunjukan budaya ini tidak dikenakan biaya sama sekali, sekaligus kamu juga berkesempatan mencicipi makanan khas sesuai hari raya nya. 

  • Berbelanja oleh-oleh khas

Ingin mencicipi makanan khas masyarakat Tionghoa atau sekedar bernostalgia dengan makanan khasnya, kamu bisa datang ke Klenteng Sam Poo Kong. 

Fasilitas

  • Toilet
  • Spot foto
  • Warung makan
  • Gazebo

Jam Operasional

Jika ingin mengunjungi klenteng tertua di Semarang satu ini, kamu dapat datang pada pukul 09.00-20.00 WIB di hari weekday dan pukul 08.00-20.00 WIB di hari weekend

Paket Wisata di Semarang

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Semarang