Bromo

Destinasi Bromo Tiket Masuk Rp40,000 Adventure Level

Gunung Bromo, yang berada di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, adalah salah satu destinasi wisata alam paling terkenal di Indonesia. Gunung ini menarik ribuan pengunjung setiap tahun, baik wisatawan lokal maupun mancanegara, yang ingin merasakan keajaiban alamnya. Pesona Gunung Bromo tidak pernah gagal memikat hati siapa saja yang berkunjung.

Gunung ini menawarkan panorama yang luar biasa dengan pemandangan kawah yang aktif, lautan pasir yang luas, dan pemandangan matahari terbit yang menakjubkan dari puncak Penanjakan. Ketika pagi hari tiba, banyak pengunjung yang rela bangun dini hari untuk mendaki atau menaiki jeep menuju Puncak Penanjakan demi menyaksikan matahari terbit. Cahaya matahari pertama yang muncul di balik pegunungan memberikan pemandangan yang begitu spektakuler dan memanjakan mata, membuat setiap usaha dan perjalanan terasa sepadan.

Lautan pasir yang luas, yang dikenal sebagai "Segara Wedi," menambah keunikan lanskap Gunung Bromo. Wisatawan menjelajahi lautan pasir ini dengan berjalan kaki, naik kuda, atau menaiki jeep. Di tengah lautan pasir tersebut, Pura Luhur Poten berdiri dan masyarakat Tengger sering menggunakannya sebagai tempat beribadah. Pura ini menunjukkan hubungan erat antara alam dan budaya di daerah ini.

Kawah Bromo sendiri, dengan diameter sekitar 800 meter, merupakan daya tarik utama yang tidak boleh dilewatkan. Wisatawan dapat mendaki hingga ke bibir kawah untuk melihat langsung aktivitas vulkanik yang masih terjadi. Asap yang terus menerus keluar dari kawah memberikan pengalaman yang menegangkan sekaligus memukau. Keseluruhan pengalaman di Gunung Bromo memberikan pengunjung kenangan yang tak terlupakan dan dorongan untuk kembali mengunjungi keindahan alam Indonesia lainnya.

 

Daya Tarik Bromo

  1. Matahari Terbit di Penanjakan: Salah satu daya tarik utama Gunung Bromo adalah pemandangan matahari terbit dari puncak Penanjakan. Wisatawan berkumpul di tempat ini pada dini hari untuk menyaksikan momen magis saat matahari muncul di balik pegunungan, menerangi kabut dan lautan pasir di bawahnya.
  2. Kawah Bromo: Mengunjungi kawah aktif Bromo memberikan pengalaman mendebarkan. Pengunjung bisa mendaki hingga bibir kawah untuk melihat langsung aktivitas vulkanik.
  3. Laut Pasir Tengger: Hamparan pasir vulkanik luas ini memberikan kesan seperti berada di padang pasir. Pengunjung dapat menjelajahi lautan pasir dengan berjalan kaki, naik kuda, atau menggunakan jeep.
  4. Bukit Teletubbies: Bukit hijau yang dikenal sebagai Bukit Teletubbies menawarkan pemandangan kontras dengan lautan pasir. Tempat ini sering menjadi lokasi favorit untuk berfoto.

Lokasi

Gunung Bromo terletak di dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang mencakup empat kabupaten: Probolinggo, Pasuruan, Lumajang, dan Malang. Akses menuju Bromo cukup mudah dengan berbagai pilihan transportasi, baik itu kendaraan pribadi, sewa mobil, maupun menggunakan jasa tur dari kota-kota terdekat seperti Malang atau Surabaya. Cemoro Lawang adalah desa yang paling sering dijadikan pintu masuk utama untuk menuju Gunung Bromo.

 

Tiket

Untuk memasuki kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, pengunjung dikenakan tiket masuk yang bervariasi tergantung pada hari kunjungan. Tiket masuk untuk wisatawan domestik berkisar antara Rp 29.000 hingga Rp 34.000 per orang, sementara untuk wisatawan mancanegara, tarifnya sekitar Rp 220.000 hingga Rp 320.000 per orang. Harga tiket bisa berbeda saat akhir pekan dan hari libur nasional.

Fasilitas

Gunung Bromo, yang terletak di Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, Jawa Timur, menawarkan berbagai fasilitas untuk memastikan kenyamanan pengunjung. Tersedia beberapa penginapan mulai dari homestay hingga hotel bintang lima yang terletak di sekitar area Bromo, seperti di kawasan Cemoro Lawang. Di sekitar area parkir utama, terdapat warung-warung yang menjual makanan dan minuman, serta toko-toko suvenir yang menawarkan berbagai kerajinan tangan lokal. Selain itu, fasilitas toilet umum dan area parkir yang luas juga disediakan untuk kenyamanan pengunjung.

 

Aktivitas

Aktivitas utama di Gunung Bromo adalah menyaksikan matahari terbit dari puncak Penanjakan, yang merupakan salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama alam yang menakjubkan. Selain itu, pengunjung juga bisa melakukan trekking ke kawah Bromo, menikmati keindahan pasir berbisik, serta mengunjungi Bukit Teletubbies yang terkenal dengan pemandangan hijau yang memukau. Bagi yang menyukai petualangan, naik kuda atau jeep tour di sekitar lautan pasir Bromo menjadi pengalaman yang tidak terlupakan.

Jam Operasional

Gunung Bromo dibuka untuk umum 24 jam sehari, tetapi waktu terbaik untuk menikmati pemandangan adalah saat pagi hari, khususnya untuk melihat matahari terbit. Pengunjung biasanya mulai mendaki sekitar pukul 3 atau 4 pagi agar bisa tiba di spot terbaik sebelum matahari terbit. Sementara itu, aktivitas trekking dan tur jeep biasanya berlangsung hingga sore hari.

Paket Wisata di Bromo

Kami Memiliki Paket Wisata Lainnya yang Menarik di Bromo