Jurang Tembelan

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp10.000 Adventure Level

Deskripsi Singkat Jurang Tembelan

Jurang Tembelan merupakan salah satu tempat wisata di Yogyakarta yang saat ini sedang populer. Jika kamu tahu lokasi Taman Buah Mangunan, lokasi Jurang Tembelan tidak jauh dari gardu pandang Mangunan.

Jurang Tembelan boleh dibilang merupakan salah satu tempat wisata baru di Yogyakarta. Wisatawan biasanya datang untuk selfie dan memotret sunrise atau matahari terbit di sini.

Kawasan wisata yang terletak di Bantul ini menyegarkan dan menyuguhkan pemandangan luas yang merilekskan. Terutama untuk kamu yang sudah mulai penat dengan rutinitas kegiatan di kota.

Dengan berwisata alam di kawasan Jurang Tembelan ini, kamu akan disuguhkan dengan keindahan yang begitu menyejukkan, kamu akan menyaksikan deretan Pegunungan Sewu, dengan aliran Sungai Oyo yang tampak membelah daratan.

Tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata favorit para penyuka tempat ketinggian di Yogyakarta.

Pemandangan alam khas pegunungan serta gardu pandang keren difungsikan selain sebagai tempat istirahat, juga sebagai tempat menyaksikan panorama keindahan dari ketinggian.

Tidak hanya itu, Jurang Tembelan ini juga menjadi tempat menarik untuk para pemburu foto instagenic.

Karena di sini kamu akan mendapatkan foto yang intragamgenik untuk mengisi feed akun instagram kamu, seperti gardu pandang yang terlihat unik dengan bentuk seperti kapal. Tidak heran banyak wisatawan yang menyebutnya sebagai kapal titanic di atas awan.

Saat ini, objek wisata di Bantul ini menjadi objek wisata alam dengan spot foto terbaru yang sedang menjadi hits di kalangan remaja kekinian.

 

Sejarah Jurang Tembelan

Jurang Tembelan Kanigoro adalah salah satu obyek wisata alam yang ada di Mangunan Dlingo Bantul Yogyakarta.

Di lokasi obyek wisata ini terdapat jurang dan kali oyong, di bawah pemandangan obyek wisata terdapat kebun masyarakat dan pemandangan yang indah.

Di obyek wisata ini pengunjung bisa menikmati pemandangan indah, pagi hari ada sunrise dan kabut yang menggumpal berbentuk awan, sore hari pengunjung dapat menikmati pemandangan sunset yang begitu mempesona.

Obyek wisata Jurang Tembelan Kanigoro di kelola secara mandiri oleh masyarakat. Di dirikan pada tanggal 24 Oktober 2016.

Di gagas oleh kelompok masyarakat di mana jumlah kelompok ini adalah 6 orang laki - laki dan 6 orang perempuan. Nama ketua pengelola obyek wisata adalah Pak Yanroni.

Jika di lihat dari potensi obyek wisata Jurang Tembelan Kanigoro sangat cocok bagi pencinta fotografer, karena memiliki spot foto yang sangat baik.

Lokasi Jurang Tembelan

Lokasi wisata ini berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Jaraknya dari pusat kota Yogyakarta sekitar 22 kilometer dan dapat ditempuh dengan perjalanan darat sektiar 1,5 jam.

Cara paling gampang tentu dengan menggunakan kendaraan pribadi atau sewaan. Untuk kamu berminat jalan-jalan ke kawasan ini dengan kendaraan pribadi, dari kota Jogja kamu tinggal mengikuti arah ke Gardu Pandang Mangunan.

Dengan mengambil arah ke terminal Giwangan arah selatan, dipasar Imogiri kamu ambil arah ke kiri. Sampai di makam raja-raja, kamu akan menemukan plang pertigaan Kebun Buah Mangunan.

Setelah melewati tempat parkir, maka kamu akan masuk area wisata Jurang Tembelan. Kawasan ini ditandai dengan gapura kecil yang bertuliskan “Selamat Datang”.

Alternatifnya, kamu bisa memanfaatkan peta digital seperti Google Maps. Untuk kamu yang ingin pergi ke tempat wisata hits di Jogja ini dengan menggunakan petunjuk peta digital yang sangat mudah.

Kamu tinggal menggunakan petunjuk lokasi wisata ini di Google Maps yang ada disini. Dijamin anti nyasar deh kalau kamu pake peta ini.

 

Harga Tiket Masuk Jurang Tembelan

Jika kamu berniat untuk berkunjung ke kawasan wisata ini, untuk sekedar jalan-jalan, di kawasan ini tidak memungut biaya tiket masuk.

Kecuali untuk beberapa kegiatan yang ingin kamu lakukan di sana. Seperti untuk berselfie di spot foto yang di sediakan di sini, akan ada biaya yang perlu kamu bayar, tapi seikhlasnya.

Beda lagi jika kamu ingin melakukan foto prewedding, kamu perlu membayar tiket sebesar Rp 50.000.

Biaya menggunakan spot untuk swafoto dan mengambil foto pranikah ini akan digunakan sebagai biaya pengembangan atau maintenance kawasan wisata ini.

Jadi uang yang kamu bayarkan juga akan bermanfaat untuk tempat wisata ini juga.

Untuk kamu yang membawa kendaraan pribadi, kamu perlu membayar untuk biaya parkir kendaraan, kamu perlu membayar 3.000 rupiah untuk motor, 5.000 rupiah untuk mobil dan 10.000 rupiah untuk Elf dan 20.000 rupiah untuk bus.

Fasilitas di Jurang Tembelan

Selain itu, di Bukit tembelan juga sudah terdapat beberapa fasilitas umum yang disediakan, seperti toilet dan warung.

Jadi kamu tidak akan kesusahan jika tiba-tiba ingin ke kamar mandi. Kamu juga tidak akan kelaparan saat berkunjung ke tempat wisata ini.

Untuk kamu yang datang menggunakan kendaraan pribadi, kawasan ini juga memiliki lahan parkir yang luas.

Tidak hanya itu, di sini kamu juga bisa menikmati fasilitas lainnya seperti dua gardu pandang yang bisa kamu gunakan untuk melihat keindahan panorama dari ketinggian.

Ada juga Gazebo yang disediakan untuk para pengunjung beristirahat sambil menikmati suasana dan keindahan pemandangan sekitar.

 

Aktivitas di Jurang Tembelan

Berburu foto instagenik

Terdapat 3 spot foto yang unik di Jurang Tembelan ini. tiga spot itu adalah semacam gardu pandang yang terbuat dari bambu, satu spot berbentuk sayap kupu-kupu dan satu lagi spot foto berupa ornamen yang berbentuk hati.

Tidak hanya itu, yang paling menjadi favorit di sini adalah sepot foto gardu pandang yang berbentuk perahu, sehingga dijuluki sebagai spot titanic di atas awan.

Saat berkunjung di Jurang Tembelan ini, kamu bisa berfoto di semua spot itu, yang menghasilkan sebuah foto instagram genik, yang begitu unik dan menarik.

Sunrise and sunset seing

Selain itu, di sini kamu juga bisa melihat keindahan matahari terbenam pada waktu sore hari menjelang senja, dan juga matahari terbit pada waktu pagi hari yang diiringi dengan kabut khas pegunungan Mangunan.

Proses matahari menyapa dan kembali ke peraduan itu, akan terlihat begitu indah dari Jurang Tembelan ini.

Selain karena diiringi kabut, ia juga diiringi dengan luasnya keindahan pemandangan di bawah jurang Tembelan ini.

Menikmati keindahan pemandangan alam dari ketinggian

Meskipun lokasi Jurang Tembelan ini tidak terlalu besar, tapi tempat wisata alam yang cukup sempit ini mampu menyuguhkan pemandangan yang sangat menarik untuk para pengunjungnya.

Sehingga saat kamu berkunjung ke Jurang Tembelan ini, kamu bisa dengan puas menikmati keindahan pemandangan hijaunya alam pegunungan dengan kabut yang beriringan dari ketinggian.

Jam Operasional Jurang Tembelan

Untuk bisa menikmati keindahan dari panorama alam di Jurang Tembelan ini kamu bisa mengunjunginya kapan saja, karena Jurang Tembelan tidak memiliki jam operasional khusus.

Artinya Jurang Tembelan buka setiap hari selama 24 jam. Jadi kamu bisa kapan saja mengunjungi destinasi wisata yang satu ini.

 

Kesimpulan

Agar liburanmu lebih menyenangkan, Jangan lupa bawa kameramu, baik untuk selfie atau untuk membuat vlog.

Tentu saja, penuhi baterai gadget dan powerbank supaya kamu bisa mengabadikan momen. Jika ingin sukses mengabadikan momen di atas perahu awan berangkatlah di pagi hari.

Saat musim hujan antara Bulan Februari hingga Mei, biasanya langit sudah mulai terang sekitar pukul 05.15 WIB. Oleh karena itu, usahakan untuk sampai Jurang Tembelan antara 05.15 WIB - 05.30 WIB.

Jika kesiangan, kabut akan semakin naik. Semakin tinggi matahari yang semakin panas akan membuat kabut semakin meninggi. Kabut yang semula berada di dasar lembah perlahan akan naik.

Selain itu, datanglah di hari weekdays, karena jika datang ketika hari libur atau akhir pekan, biasanya pengunjung harus mengantre untuk mendapat giliran berfoto di spot perahu.

Waktu pun menjadi terbuang karena harus menunggu giliran. Antrean seperti itu bisa dihindari ketika weekdays saat orang-orang tidak pergi untuk berlibur.

Ketika berkunjung saat hari kerja, kemungkinan besar spot foto bisa langsung digunakan sepuasnya.

Saat ingin berkunjung, kamu juga perlu memperhatikan kondisi cuaca, Hujan kemungkinan besar akan sering turun selama Januari hingga April.

Kabut pagi di wisata ini biasanya akan terlihat menarik jika sebelumnya hujan sudah reda. Jika hujan lebat turun di pagi hari menjelang keberangkatan, lebih baik tunda perjalanan ke Jurang Tembelan.

Karena waktu yang paling tepat untuk mengunjungi Jurang Tembalan ini adalah saat cuaca berkabut, karena pemandangan kabur dari sini akan sangat memukaumu dengan pesona keindahannya.

Itulah ulasan lengkap mengenai Jurang Tembelan, kamu bisa menikmati keindahan dari ketinggian sambil berburu foto instagram genik di sini.

Jadi, saat kamu berlibur ke Yogyakarta, jangan lupa untuk berkunjung ke sini ya. Selamat berlibur.

Paket Wisata di Yogyakarta

Kami Memiliki Paket Wisata Menarik untuk Kunjungan di Yogyakarta