Pinus Pengger

Destinasi Yogyakarta Tiket Masuk Rp10.000 Adventure Level

Deskripsi Hutan Pinus Pengger

Kawasan Hutan Pinus Dlingo Bantul saat ini menjadi tujuan favorit wisatawan yang berkunjung ke Yogyakarta. Salah satunya adalah Hutan Pinus Pengger, dulunya kawasan ini hanya dikenal sebagai hutan pinus biasa yang gelap, sunyi dan menyeramkan. Tapi, kini berubah menjadi salah satu destinasi wisata Hutan Pinus terbaik di kawasan Dlingo Bantul Yogyakarta.

Tidak hanya siang hari saja wisatawan mengunjungi hutan pinus ini, melainkan malam hari pun masih banyak wisatawan yang mengunjungi Hutan Pinus ini. Alasan utama wisatawan tetap datang saat malam hari adalah karena letaknya yang berada di perbukitan, dari sini anda dapat melihat indahnya pemandangan lampu kota Yogyakarta.

Hutan Pinus Pengger ini adalah efek positif atas keberhasilan pendahulunya yaitu Hutan Pinus Asri yang juga berada dalam satu kawasan di daerah Dlingo Bantul Yogyakarta.

Kreativitas masyarakat sekitar mengembangkan Hutan Pinus Pengger menjadi destinasi wisata pun berbuah manis. Pengelola pun menyadari harus terdapat pembeda antara hutan pinus satu dengan lainnya agar menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Pembeda tersebut adalah dipasangnya berbagai instalasi seni beragam bentuk yang dibuat menggunakan ranting pohon yang sudah kering.

Yang Ikonik dari Pinus Pengger

Yang paling ikonik adalah instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta, yang sekaligus menjadi spot untuk berfoto bagi wisatawan yang berkunjung di Hutan Pinus Pengger.

Tidak hanya instalasi seni berupa tangan raksasa saja yang menghiasi Hutan Pinus Pengger. Masih ada beberapa instalasi seni serupa dengan bentuk yang berbeda. Seperti sapu raksasa, sangkar burung dan ada yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura.

Dalam setiap instalasi seni tersebut memiliki makna yang berbeda-beda, sesuai dengan bentuk masing-masing yang diberikan oleh sang seniman. Yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan di Hutan Pinus Pengger.

Selain instalasi seni, di Hutan Pinus ini terdapat gardu pandang untuk menikmati indahnya pemandangan perbukitan, hingga panorama Kota Yogyakarta. Di sini kamu juga bisa menyewa sebuah hammock atau tempat tidur gantung yang diikatkan pada pohon pinus. Jika ingin yang lebih menantang, kamu bisa menyewa hammock bersama teman-teman dan membuatnya bertingkat, atau membuat hammock tower sesuai jumlah teman mu.

Semakin banyak tentunya akan semakin tinggi hammock tower. Hal tersebut juga menjadi daya tarik tersendiri di Hutan Pinus ini.

 

Sejarah Hutan Pinus Pengger

Hutan Pinus Pengger Dlingo diresmikan sebagai tempat wisata pada 7 April 2016, dan saat ini dikelola oleh masyarakat desa setempat yang tergabung dalam kelompok sadar wisata.

Hutan pinus ini menggunakan area hutan di bawah pengelolaan Hak Pengusahaan Hutan (HPH) Mangunan sama seperti wisata hutan pinus lain yang berada di perbukitan Dlingo Bantul.

Kontur tanah hutan pinus ini berbukit di mana memiliki kemiripan dengan kontur tanah di Puncak Pinus Becici.

Pengunjung yang ingin berada di tengah-tengah area hutan pinus harus berjalan menaiki puncak bukit melewati anak tangga sederhana yang terbuat dari tanah.

Sebelum dikembangkan sebagai tempat wisata, hutan pinus ini berfungsi sebagai hutan produksi yakni getah pinusnya disadap sebagai bahan baku industri.

Pepohonan pinus di Hutan Pinus Pengger masih terbilang rapat sehingga pada siang hari pun matahari tidak menembus area dasar pohon. Pemandangan ini tampak istimewa bagi yang mendambakan hutan pinus yang rapat dan masih terlihat alami.

Suasana Hutan

Suasana di sekitar hutan pinus terasa sejuk dengan angin sepoi-sepoi yang berhembus dari sisi timur dan kadang dari sisi selatan.

Salah satu daya tarik lain Hutan Pinus ini, adalah spot untuk menikmati matahari terbenam di area Watu Adeg (Watu Ngadeg) atau ujung barat hutan pinus, yang ditandai oleh area batu lava vulkanik yang telah membeku.

Batuan lava beku ini mirip batuan lava beku di Wisata Watu Amben, dan Gunung Api Purba Nglanggeran yang letaknya tidak jauh dari tempat tersebut.

Dari tempat ini, pengunjung dapat menikmati momentum matahari terbenam atau sunset, dari atas ketinggian dengan pemandangan yang hampir sama, dengan Puncak Pinus Becici yang letaknya berada di sebelah selatannya.

Bila kondisi cuaca cukup cerah, akan terlihat jelas Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di sisi sebelah kanan.

Lokasi Hutan Pinus Pengger

Lokasi hutan pinus pengger berada di Desa Terong, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Hutan pinus ini bisa anda akses arah utara jadi anda tidak harus lewat Imogiri.

Untuk menuju ke lokasi ini kamu bisa mulai dari Kota Jogja silahkan menuju ke Jalan Wonosari setelah itu menuju Piyungan, lurus sampai di Bukit Bintang.

Setelah Bukit Bintang ada perempatan ambillah arah kanan lalu setelah perempatan tersebut sekitar 4 km anda akan sampai di wisata Hutan Pinus Pengger.

 

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Pengger

Untuk bisa menikmati keindahan alam di Hutan Pinus Pengger Jogja ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar berikut.

Tiket Masuk : Rp2.500/orang

Parkir Motor: Rp2.000

Parkir Mobil : Rp5.000

Sementara untuk kalian yang ingin berfoto di beberapa spot, kamu hanya perlu membayar seikhlasnya saja untuk biaya perawatan Hutan Pinus Pengger.

Fasilitas di Hutan Pinus Pengger

Toilet

Di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger ini sudah tersedia toilet yang berada di dekat kawasan wisata, sehingga pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencari toilet.

Warung

Di sini pengunjung tidak akan kesulitan untuk mencari makanan untuk mengisi perut dan menghilangkan dahaga.

Karena di kawasan wisata ini banyak warung-warung sederhana yang menjual berbagai macam menu makanan dan minuman dengan harga yang relatif murah.

Parkir

Area parkir di sini juga sangat memadai, luas dan juga tertata, jadi pengunjung tidak akan bingung untuk mencari parkir saat berkunjung ke sini.

Spot Foto

Di kawasan wisata Hutan Pinus Pengger ini terdapat banyak spot yang memang di sediakan untuk berfoto oleh pengunjung, untuk mengabadikan kenangan dengan background foto yang unik dan menarik

Ayunan

Di sini tersedia ayunan yang bisa kamu mainkan, sambil menikmati keindahan pemandangan dan suasana sejuk di Hutan Pinus Pengger ini.

Area camping

Selain fasilitas umum, di sini pengunjung yang ingin melakukan camping, juga di sediakan area camping yang cukup luas untuk bisa digunakan mendirikan tenda.

Wi-Fi

Menariknya di hutan pinus ini ada fasilitas Wi-Fi yang tersedia 24 jam, dan cukup kencang. Jadi, kamu bisa tetap update selagi berkegiatan di hutan pinus.

 

Aktivitas di Hutan Pinus Pengger

Bermain Ayunan

Salah satu fasilitas yang disediakan oleh pengelola di Hutan Pinus Pengger adalah ayunan. Ayunan akan banyak kamu jumpai di beberapa titik di kawasan hutan pinus dengan memanfaatkan dua pohon pinus yang lokasinya saling berdekatan.

Dengan adanya ayunan ini, kamu bisa memanfaatkannya untuk menikmati suasana dengan duduk di atasnya sambil berayun menikmati suasana rileks di hutan pinus sambil bermalas-malasan.

Bersantai dengan Hammock

Selain ayunan, hammock juga bisa kamu jadikan tempat untuk bersantai sambil menikmati keindahan dan suasana tenang di Hutan Pinus Pengger ini.

Banyaknya pohon pinus yang lokasinya saling berdekatan adalah kesempatan emas untuk bisa memasang hammock ini.

Saat sedang bersantai di atas hammock ini, kamu juga bisa meminta temanmu untuk bergabung, dengan membuat hammock berundak. Pasti akan sangat seru.

Camping

Jika kamu sedang mencari-cari referensi tempat untuk camping ceria di sekitar Jogja bersama teman kampus atau komunitas, Hutan Pinus Pengger bisa menjadi pilihan yang menarik.

Kebetulan, di hutan ini memang banyak camping ground yang bisa kita pergunakan untuk mendirikan tenda.

Sedangkan untuk acara pengakraban atau seru-seruan, kita bisa menggunakan sebuah pendopo yang sudah sudah disediakan oleh pihak pengelola.

Melihat keindahan pemandangan dan lampu kota

Ternyata, di Hutan Pinus Pengger ada sebuah spot di mana kita bisa melihat pemandangan lampu kota. Pemandangannya mirip-mirip seperti di Bukit Bintang namun terlihat lebih cantik karena lokasinya lebih tinggi.

Untuk menikmati pemandangan ini syaratnya hanya satu, yaitu kamu harus sampai malam berada di hutan pinus. Spot menarik ini berada di dekat pendopo.

Saat hari terang, kamu juga bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dan Gunung Sumbing dari tempat ini. Plus bukit-bukit hijau yang cantik

Hunting Foto

Kegiatan menarik lain yang bisa kita lakukan di Hutan Pinus Pengger adalah foto-foto. Lagi pula siapa yang tidak ingin mengabadikan momen di tempat bagus seperti ini.

Untuk kegiatan foto-foto sendiri ada beberapa spot yang cukup recommended. Selain rumah pohon, ayunan serta pohon-pohon pinus, ada instalasi seni berupa tangan raksasa berlatarkan pemandangan indah panorama Kota Yogyakarta.

Tidak hanya instalasi seni berupa tangan raksasa saja, di sini terdapat beberapa instalasi seni serupa tapi dengan bentuk yang berbeda seperti sapu raksasa, sangkar burung dan ada yang berbentuk setengah lingkaran menyerupai gapura, yang bisa kamu jadikan spot menarik untuk berburu foto apik.

Jam Operasional Hutan Pinus Pengger

Jam Buka wisata hutan pinus pengger adalah dari Pukul 05.30 – 00.00 WIB. Jadi, kamu bisa berkunjung ke wisata hits di Bantul ini pada pagi hari, sore hari maupun pada malam hari.

 

Kesimpulan

Saat kamu ingin mengunjungi Hutan Pinus Pengger ini, sebelumnya pastikan kendaraan mu dalam kondisi yang fit, karena lokasi obyek wisata ini terletak di pegunungan yang jalur jalannya menanjak.

Saat ke sini, jangan memakai sepatu high heels, agar lebih nyaman, sebaiknya memakai sepatu flat atau sport.

Kamu juga perlu memastikan handphone atau kamera dalam kondisi full baterai, karena banyak spot foto yang menarik untuk diabadikan.

Sudah siap ke sini sekarang? Selamat liburan.