Oleh oleh Khas Belitung– Menikmati waktu libur dengan berdestinasi wisata merupakan pilihan yang tepat. Apabila tujuan wisata kali ini adalah Bangka Belitung, tentu Anda tak boleh sampai absen untuk mendatangi setiap tempat wisata menarik yang ada di sana. Selain berjalan-jalan, berkeliling dengan berdestinasi wisata, Anda pun sudah pasti akan menikmati aneka kuliner yang ada di sana. Sekembalinya dari Bangka Belitung, Anda pun pasti tak akan melewatkan untuk berbelanja oleh-oleh khas Bangka Belitung. Selain akan dibagi-bagikan kepada anggota keluarga dan orang terdekat setiba di rumah, Anda pun juga harus beli beberapa untuk dijadikan sebagai bekal selama perjalanan.

Anda pasti setuju kan, jawaban dari mengapa di saat bepergian perjalanan yang ditempuh serasa lebih lama ketika berangkat, dibandingkan saat kembali pulang. Penyebabnya sebenarnya sederhana, karena di saat berangkat Anda ingin cepat sampai, sehingga harapan tersebut yang membuat waktu perjalanan terasa lebih lama. Namun, perjalanan jauh yang Anda tempuh akan sepadan jika sudah tiba di Bangka Belitung. Dan, setibanya di sana maka gunakanlah waktu sebaik-baiknya, termasuk berburu oleh-oleh sesuai dengan selera dan keinginan Anda. Nah berikut 10 oleh oleh khas belitung:

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Terbaru di Belitung Lengkap Dengan Harga Tiket & Lokasi

Keripik Siput Gonggong

Oleh oleh khas belitung

Oleh-oleh khas Belitung keripik siput gonggong

Tak lengkap rasanya apabila ke Belitung tanpa mencicipi olahan siput gonggong, apalagi saat Anda berkunjung ke daerah pesisir. Pasti akan banyak ditemui menu-menu dengan bahan dasar siput dari laut tersebut.

Contohnya yaitu siput gonggong saus asam atau saus sambal. Masakan tersebut biasanya menyajikan siput dengan cangkangnya. Cara makannya yaitu Anda harus mengeluarkan siput dari rumahnya menggunakan tusuk gigi, setelah itu, barulah dicocol ke kuah atau saus.

Namun, jika Anda tidak mau ribet, maka bisa dengan membeli Keripik Siput Gonggong. Keripik ini berbahan siput yang telah dipisahkan dari cangkangnya, jadi bisa langsung disantap. Rasanya gurih dan bisa dimakan dengan saus atau diberi taburan aneka rasa agar lebih nikmat.

Sambal Lingkung

oleh oleh khas belitung

Abon khas Belitung

Jika ingin membeli oleh-oleh yang enak dan menyehatkan, maka belilah banyak-banyak Sambal Lingkung. Sambal ini berbahan dasar dari Ikan Tengiri dengan campuran santan, akan tetapi ada juga yang berbahan dasar udang.  Bahan tersebut dihaluskan lalu diolah dengan aneka rempah.

Teksturnya sangat berbeda dengan sambal pada umumnya. Pasalnya sambal ini lebih mirip seperti abon. Rasanya asin, gurih, dan sangat cocok sebagai pelengkap makan nasi atau hidangan lainnya.

Warnanya kecoklatan, biasanya dibungkus dalam kemasan plastik atau kaleng. Anda bisa membawa pulang sesuai selera. Tak jarang di dalamnya akan ditemukan daun salam sebagai bumbu dan pengharum sambal.

Kue Rintak

oleh oleh khas belitung

Salah satu kue khas Belitung

Salah satu Kue khas Belitung yang wajib Anda beli ialah kue rintak. Jajanan ini sangat unik, rasanya perpaduan antara manis sekaligus gurih. Camilan khas tersebut dibuat dari campuran sagu, santan dan gula. Sangat pas disantap di pagi atau sore hari sambil menyeruput kopi panas.

Makanan itu selalu disajikan saat Idul Fitri. Namun, Anda tak perlu khawatir karena camilan tersebut dapat dengan mudahnya ditemukan di toko oleh-oleh Bangka Belitung. Terkadang, wisatawan juga bisa menemukan kue rintak disertai taburan wijen pada bagian atasnya. Ini akan jadi buah tangan spesial.

Terasi Toboali

oleh oleh khas belitung

Bukan terasi biasa, Terasi Toboali khas belitung

Siapa tidak mengenal toboali? Terasi asli Bangka Belitung ini memiliki cita rasa nikmat sehingga masakan akan menjadi lezat karenanya. Rasanya berbeda dengan produk daerah lain karena bahan baku utamanya ialah udang tanpa campuran hewan laut lainnya.

Toboali tersebut telah dikenal kenikmatannya sejak tahun 1972. Jika ingin mengetahui proses pembuatannya, Anda bisa datang langsung ke Kampung Padang Toboali. Harga per kilo cukup terjangkau yakni Rp. 50.000 hinga Rp. 60.000. Ini akan jadi oleh-oleh khas yang menyenangkan ibu-ibu.

Lempok Cempedak

oleh oleh khas belitung

Makanan khas belitung Lempok Cempedak

Salah satu oleh-oleh khas Bangka Belitung, Kota Pangkal Pinang, Kepulauan Bangka Belitung ialah Lempok. Makanan yang terbuat dari cempedak ini memiliki cita rasa manis. Jika dilihat sekilas, maka penampakannya hampir sama seperti dodol. Namun camilan tersebut rasanya sangat khas.

Sebagai informasi, cempedak merupakan buah asli Bangka. Wujudnya menyerupai buah nangka, namun mempunyai aroma seperti durian. Flora tersebut tidak mudah ditemukan di daerah lain. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp. 60.000 untuk satu plastik lempok.

Sirup Jeruk Kunci

oleh oleh khas belitung

Minuman Sirup khas belitung

Oleh-oleh yang menyegarkan satu ini, bisa didapatkan di banyak toko dan supermarket Belitung. Biasanya dikemas dalam botol layaknya minuman lainya. Namanya memang Sirup Jeruk Kunci, tetapi rasanya dijamin dapat menghilangkan dahaga dengan segera.

Sirup ini berbahan dasar Jeruk Kunci yang digadang-gadang sebagai jeruk dengan cita rasa sangat manis. Warna sirupnya juga sangat menggoda, yaitu orange. Padahal kulit jeruk aslinya berwarna hijau.

Berbagai varian lain juga ditawarkan, seperti sirup jeruk kalamchi, sirup jeruk colong, hingga sirup jeruk cino dan lain-lain. Minuman satu ini tentunya juga mengandung banyak vitamin C. Saat membeli, pilihlah yang tidak mengandung pemanis buatan dan pewarna atau bahan berbahaya lain agar kesegarannya dan kealamiannya tetap terjaga.

Belacan

oleh oleh khas belitung

Sambel Terasi andalan Belitung

Nama Balacan memang terdengar asing, namun saat diganti menjadi terasi tentu akan sangat familiar. Ya pada dasarnya Balacan Belitong adalah terasi yang berbahan dasar ikan atau udang yang masih sangat segar. Itulah mengapa balacan memiliki aroma yang khas dan tidak terlalu bau layaknya terasi pada umunya.

Nama Balacan memang terdengar asing, namun saat diganti menjadi terasi tentu akan sangat familiar. Ya pada dasarnya Balacan Belitong adalah terasi yang berbahan dasar ikan atau udang yang masih sangat segar. Itulah mengapa balacan memiliki aroma yang khas dan tidak terlalu bau layaknya terasi pada umunya.

Ikan Jambal

Oleh-oleh khas Belitung Ikan Jambal

Belitung yang diapit diantara Selat Karimata dan Selat Gaspar tentunya memiliki hasil laut yang melimpah. Salah satunya yang terkenal yaitu Ikan Jambal, yang mana ikan tersebut dijadikan ikan asin dengan cara yang tradisional.

Masyarakat biasa menyebutnya Ikan Asin jambal Roti. Tekstur daging ikan yang padat dan tebal namun tidak alot, tentu sangat cocok untuk dijadikan lauk. Cara pengawetannya juga hanya dengan garam dan kemudian dipanaskan di bawah sinar matahari. Untuk membawa pulang ikan jambal, saat ini telah disediakan dalam kemasan plastik yang praktis.

Bong Li Piang

Makanan khas bangka selatan

Makanan khas Bangka selatan yang bisa Anda cicipi yaitu Bong Li Piang. Sekilas, mungkin kue ini seperti berasal dari China. Namun, jajanan tersebut asli Indonesia. Dahulu, terdapat suku Hakka dari Tiongkok. Mereka berimigrasi dan menetap di Bangka. Lalu, menciptakan kue manis dengan memadukan citarasa 2 negara tersebut.

Camilan manis ini terbuat dari santan, gula aren, tepung dan nanas. Bentuknya roti dengan isi selai. Harganya cukup terjangkau sehingga laris manis di pasaran. Untuk bisa mencicipinya Anda hanya perlu mengeluarkan uang mulai dari Rp. 10.000 saja.

Camilan ini boleh dijadikan salah satu oleh-oleh berkualitas dari Bangka. Anda bisa mencicipi sajian lezat perpaduan lokal dan internasional ini dengan harga terjangkau. Kini wisatawan dapat mendapatkannya di toko oleh-oleh.

Asinan Kelubi

Buah yang banyak tumbuh di Belitung

Masyarakat Bangka memiliki makanan khas yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh yakni asinan. Buah kelubi bentuknya seperti salak, namun ada banyak perbedaan. Tak heran jika penduduk lokal menyebutnya salak palsu. Asinan ini sering dijadikan teman makan rujak oleh masyarakat sehingga ia cukup populer.

Satu toples asinan kelubi sini bisa Anda bawa pulang dengan membayar Rp. 40.000. Untuk membuat camilan tradisional itu diperlukan ekstra tenaga karena demi mendapatkan bahan bakunya, pembuat harus memasuki hutan. Alasannya, flora tersebut hanya dibudidayakan di sana.

Batik Belitung

Ukiran batik khas belitung

Oleh-oleh baju khas Bangka ialah batik Belitung. Siapa bilang jenis pakaian tersebut hanya milik oleh orang Jawa? Daerah ini pun memilikinya. Ada ciri khas mencolok yang membedakannya dengan area lainnya yaitu motifnya cenderung terinspirasi dari flora dan fauna.

Corak-corak terkenal khas Bangka Belitung antara lain daun simpor, tarsius dan kantong semar. Penemuan motif ini berasal dari flora dan fauna yang ada di daerah sekitar. Tak heran, batik tersebut digemari oleh para wisatawan.

Baca Juga: 10 Pantai Terindah Yang Ada di Bangka Belitung

Harganya bervariasi mulai Rp. 250.000 hingga jutaan rupiah. Tak hanya layak dijadikan oleh-oleh untuk kesayangan, Anda pun dapat membeli kain tradisional tersebut guna mempercantik penampilan diri. Batik ini dapat dijadikan list oleh-oleh khas Bangka yang menawan.

Artikel Lain

Tinggalkan Komentar Anda